Manfaat Tes IQ pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Tes IQ merupakan singkatan dari intelligence quotient test yang biasanya dijadikan tolok ukur atas kecerdasan seseorang, khususnya anak-anak sesuai standarisasi yang sudah ditetapkan. Tes ini biasa digunakan sebagai acuan dalam mengukur tingkat kecerdasan juga potensi anak-anak.

Hasil tes ini berupa angka-angka. Semakin tinggi angkanya, maka tingkat kecerdasannya semakin baik sehingga memiliki predikat sebagai anak yang berpotensi tinggi. Selain dapat mengetahui tingkat kecerdasan dan potensi anak secara lebih jelas, ada manfaat lain dari tes ini, di antaranya:

1. Mengukur Kemampuan Anak Secara Akademik

Kemampuan anak secara akademik bisa diukur melalui tes ini. Pasalnya, kecerdasan akademik dan kecerdasan non akademik cukup berbeda. Kecerdasan akademik mengukur kemampuan anak dalam menguasai ilmu pengetahuan bersifat ilmiah, sedangkan kecerdasan non akademik menguasai ilmu yang jauh dari sifat ilmiah.

2. Mengidentifikasi Gangguan Belajar Sejak Dini

Dengan mengikuti tes terstandarisasi ini, orang tua juga bisa mengetahui sejak dini apakah anaknya memiliki gangguan belajar atau tidak. Keuntungannya, orang tua dapat mengantisipasi lebih awal mungkin dengan melakukan terapi atau pendekatan-pendekatan secara psikologis dalam menyelesaikan gangguan belajar ini.

3. Menilai Kemampuan Kognitif Anak.

Melalui tes ini juga, orang tua dapat mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anaknya. Khususnya mengenai daya ingat juga fokus perhatian. Hal ini dapat mengantisipasi sejak dini jika anak memiliki gangguan kognitif, sehingga gangguan ini dapat tertangani dengan cepat sebelum anak besar.

4. Menjadi Acuan dalam Membuat Program Pendidikan Anak.

Jika ingin anak berkembang sesuai dengan kemampuan dan potensinya, hasil dari tes ini dapat dijadikan acuan bagi orang tua maupun pendidik dalam membuat program pendidikan. Dengan begitu diharapkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan membuat anak tidak tertekan dengan program pembelajarannya.

Baca Juga
Spesialis Editing Video

Demikian informasi singkat mengenai manfaat tes IQ pada anak. Meski ada banyak pro dan kontra juga mengenai tes ini, namun tidak ada salahnya orang tua untuk mencoba melakukan tes ini pada anak agar dapat lebih memahami kemampuan dan potensi anak sejak dini sehingga bisa mengarahkannya.