Tips Menabung Buat Nikah yang Efektif

tips menabung buat nikah – Menikah adalah salah satu tujuan hidup yang diinginkan banyak orang. Pernikahan tidak hanya membutuhkan persiapan mental dan komitmen saja, namun juga membutuhkan persiapan secara finansial. Maka dari itu berikut ini beberapa tips menabung buat menikah.

Tips Menabung Buat Nikah

Beberapa tips menabung yang dilakukan untuk menikah yang pertama adalah menyiapkan rincian anggaran yang dibutuhkan untuk melangsungkan pernikahan. Setelah itu, barulah dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan tersebut. Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Menyiapkan Rincian Anggaran Pernikahan

Sebelum menikah, sebaiknya Anda merencanakan berapa anggaran yang dibutuhkan. Buatlah list secara rinci apa saja yang dibutuhkan beserta dengan budget yang harus dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan seperti sewa gedung, biaya sewa baju pengantin, penata rias, catering, dan lain sebagainya.

2. Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah membuat rincian anggaran, selanjutnya adalah menentukan konsep pernikahan yang sesuai dengan budget, hal ini dilakukan supaya dapat menabung dengan lebih mudah jika sudah mengetahui targatnya. Konsep pernikahan ini seharunya sesuai dengan anggaran perencanaan keuangan yang sudah dirincikan.

Konsep penikahan itu contohnya seperti tema pernikahan, letak pernikahan (outdoor / indoor) dan lain sebagainya.

3. Mempunyai Tabungan Khusus Menikah

Tips menabung untuk menikah yang paling efektif adalah memisahkan rekening tabungan menikah dengan rekening tabungan yang lainnya. Bagi setiap pasangan yang memiliki rencana untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan tabungan khusus menikah ini wajib dimiliki.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat rekening baru untuk menyisihkan tabungan. Kemudian atur alokasi pendapatan dengan baik, antara Anda maupun calon pasangan. Tabungan khusus ini harus dimanfaatkan untuk menabung secara rutin dan penuh komitmen sehingga target dana pernikahan akan terpenuhi.

Baca Juga
Catering Resepsi Pernikahan di Rumah Prasmanan

4. Membuat Target Dana

Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah menentukan jumlah dana yang harus dipenuhi. Seperti contohnya adalah menabung Rp100.000,00 per minggu atau mengalokasikan dana sebesar 30% dari gaji bulanan Anda.

Dengan melakukannya secara rutin dan konsisten perlahan – lahan namun pasti biaya untuk menikah akan terpenuhi sehingga pernikahan yang diimpikan dapat terwujud.

5. Belajar Hidup Hemat

Anda juga harus berhemat untuk memenuhi target dana pernikahan yang diimpikan. Contohnya adalah dengan mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang tidak dibutuhkan dan mengoptimalkan pendapatan yang Anda dapatkan untuk hal – hal yang penting saja.

6. Menyiapkan Dana Darurat

Di masa depan mungkin akan terjadi peristiwa yang tidak dapat diprediksi. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan dana darurat ini. Selain dana untuk menikah, Anda juga harus menyiapkan dana darurat supaya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat. Sebagai contoh kebutuhan darurat adalah kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya.

7. Mengatur Prioritas

Selain menyiapkan dana pernikahan, Anda juga perlu menentukan prioritas pengeluaran bersama dengan pasangan. Dengan ini Anda dapat lebih mudah untuk menabung supaya memenuhi target yang sudah dibuat.

8. Frugal Living

Frugal living merupakan gaya hidup hemat yang dapat menjadikan seseorang sebisa mungkin untuk lebih memprioritaskan kebutuhan dan mengontrol keinginannya. Jika kamu ingin hidup hemat maka harus memikirkan tujuan utama yang ingin dicapai, yaitu menabung untuk menikah.

Nah, itulah beberapa tips menabung untuk menikah yang dapat Anda dan pasangan lakukan. Semoga dengan tips ini diharapkan agar Anda dapat menabung secara efektif sehingga dapat mencapai target dana untuk menikah sesuai dengan keinginan yang diimpi – impikan.

Baca Juga
Peluang Usaha Es Jeruk Peras: Menyegarkan Kesuksesan di Dunia Minuman

Bagi Anda yang ingin menggelar acara pernikahan di Jakarta dan masih bingung soal catering, maka direkomendasikan menggunakan catering pernikahan Jakarta. Catering ini sudah terpercaya serta sudah berpengalaman juga.

Terimakasih.