Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

Tokopedia merupkan marketplace yang sangat cocok untuk berjualan, baik bagi pemula ataupun bagi mereka yang sudah lama menjalani bisnis. Kali ini saya akan membagikan Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli. Simak artikel berikut ini sampai selesai ya!

Saat ini aplikasi Tokopedia menjadi salah satu platform marketplace yang banyak digunakan banyak orang, khususnya masyarakat di Indonesia. Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2021 pengunjung bulanan Tokopedia mencapai 147.790.000.

Oleh karena itu, berjualan di marketplace Tokopedia ini bisa menjadi suatu cara bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan penghasilan atau mengembangkan bisnisnya dengan menarik lebih banyak pembeli disini.

Kenalan Dulu Yuk Sama Tokopedia

tips sukses jualan di tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia hingga saat ini. Kompetisi memang semakin ketat, namun Tokopedia tetap menjadi salah satu marketplace yang unggul dan selalu diminati banyak orang untuk berjualan.

Diantara sekian banyak tips dan trik berjualan online, marketplace Tokopedia hanyalah salah satunya saja. Ada banyak tool lain yang dapat kita gunakan untuk mengoptimalkan toko online. Contohnya dengan optimasi SEO, sosial media dan juga beriklan dengan Google Ads.

Tapi apabila kamu ingin fokus di marketplace seperti Tokopedia ini, tentu saja tidak begitu masalah. Asalkan kamu menerapkan strategi yang kuat dan konsisten melakukan optimasi SEO, potensi omset tumpah- tumpah kemungkinan besar untuk terjadi.

Di Tokopedia, ada lebih dari 5 juta seller yang mengembangkan bisnisnya secara digital. Ditengah ketatnya persaingan bisnis saat ini, bagaimana caranya supaya bisnis yang dijalani tetap dilirik pembeli? Simak Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli berikut ini.

Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

tips sukses jualan di tokopedia

Untuk berjualan di marketplace Tokopedia tidak hanya sekedar memposting jualan lalu menunggu ada pembeli yang datang atau bertanya tentang produk kamu. Kamu juga wajib memiliki strategi yang kuat dan efektif untuk meningkatkan bisnis kamu. Berikut ini tips-nya.

1. Berikan Identitas Penjual Tokopedia yang Jelas

Membuat nama toko dan foto yang anonim atau tidak jelas saat kamu menjual barang di Tokopedia jangan sampai kamu lakukan. Apalagi kalau toko milik kamu masih baru, calon pembeli pasti akan merasa bimbang untuk membeli produk di toko kamu.

Baca Juga
Ide Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil

Tidak terlalu penting dalam menjual kepercayaan, apabila kamu gagal memberi kepercayaan kepada konsumen, sangat mungkin terjadi produk jualan di toko kamu tidak akan laris. Gunakan nama kamu sendiri atau nama apa saja yang dirasa tidak aneh, jelas, dan terlihat profesional.

2. Membuat Catatan Toko Juga Termasuk Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

tips sukses jualan di tokopedia

Perlu kamu ketahui bahwa catatan toko ini berbeda dengan deskripsi toko yang biasanya lebih jelas. Catatan toko merupakan informasi yang lebih jelas dan detail mengenai syarat dan ketentuan atau informasi penting dalam web atau situs jualan yang kamu gunakan.

Penggunaan catatan toko ini menunjukkan bahwa toko yang kamu kelola menyajikan informasi yang jelas dan detail. Artinya, toko milikmu pasti bukan toko abal-abal yang kebetulan dalam menjual dan atau mengirimkan produk. Dengan membuat catatan toko, itu artinya toko kamu lebih kredibel dan bisa lebih dipercaya.

Beberapa catatan yang biasanya sering dicantumkan oleh para penjual di Tokopedia antara lain yaitu kebijakan pengembalian produk, same day delivery, dan cara mendapatkan free bubble wrap atau box.

Apapun itu, tentu saja perlu kamu sesuaikan dengan toko yang kamu kelola.

3. Berani Kasih Harga Lebih Murah

 

Tips sukses jualan di Tokopedia agar banyak pembeli yang berikutnya yaitu menjual produk dengan harga yang sedikit lebih murah. Hal ini sangat disarankan bagi toko baru yang belum pernah ada transaksi dan tidak memiliki merek yang begitu kuat. Karena rahasia umum berjualan di Tokopedia adalah persaingan harga.

Misalnya jam tangan rata-rata dijual dengan harga Rp 250.000, kamu bisa menjual dengan harga Rp 248.500.000. Selisihnya hanya sebesar seribu lima ratus rupiah. Namun hal ini sudah berhasil membuat calon pembeli memilih produk kamu yang harganya lebih rendah.

4. Deskripsi Toko Yang Jelas, Singkat, dan Padat Juga Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

Membuat deskripsi toko tidak diharuskan untuk menggunakan copywriting yang panjang atau basa-basi. Buatlah deskripsi toko kamu dengan kalimat yang hemat, singkat, dan tentunya mengandung informasi yang padat. Dalam memberikan informasi deskripsi toko, ada beberapa hal yang perlu kamu cantumkan disana, diantaranya yaitu :

  • Produk yang di jual.
  • Jika ada tingkat atau ketentuan tertentu (Contohnya untuk produk grosiran, apabila ada minimal pembelian, silahkan cantumkan di informasi di deskripsi toko).
  • Apabila ada informasi tambahan yang perlu disampaikan, cantumkan di informasi toko kamu.
  • Bila ingin memberi informasi yang berkaitan dengan pengemasan dan pengiriman, bisa di informasikan juga di deskripsi toko kamu.
Baca Juga
Resep Coto Daging Sapi Sederhana Yang Lezat

5. Bergabung Tokopedia Seller

Trik jualan di tokopedia laris manis, banyak orderan, dan untung banyak yang berikutnya adalah bergabung dengan pedagang emas. Fitur Tokopedia yang satu ini mendukung toko kamu agar bisa tampil beda dan lebih jelas. Sebab, kamu akan menerima badge ‘Gold Merchant’ yang berwarna kuning.

Tidak hanya sekedar badge saja, karena jika mendapat hal ini berarti kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seller premium. Diantaranya yaitu :

  • Bisa menambahkan orang lain selain kamu sendiri yang menjadi admin
  • Menempel cover toko
  • Memperbanyak batasan jumlah etalase
  • Bisa menampilkan catatan toko yang ada di samping produk yang ada
  • Menjual produk yang sedang unggul

6. Tata Etalase dengan Rapi

Dengan memanfaatkan fitur etalase, kamu bisa menyusun produk yang di jual di tokomu sesuai dengan kategori produk tersebut. Etalase yang tersusun rapi dapat membuat calon pembeli bisa memilih ragam produk yang diinginkannya dengan lebih mudah dan juga cepat.

Selain itu, etalase bisa memudahkan calon pembeli kamu untuk memiliki produk yang semacam. Mereka yang awalnya hanya ingin membeli satu produk, malah bisa tertarik untuk membeli dua atau tiga produk karena tertarik dengan produk yang terpajang di etalase.

7. Fast Response Kepada Pelanggan Juga Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

 

Tips sukses jualan di Tokopedia agar banyak pembeli yang selanjutnya yaitu fast response. Lebih pilih mana, harga murah tapi slow respon membalas chat atau harga mahal tapi bisa fast respon? Kebanyakan pembeli lebih memilih yang harganya sedikit lebih mahal tetapi respon terhadap pelanggan cepat.

Respon yang cepat akan membuat calon pembeli kamu yakin dan mantap bahwa kamu adalah penjual yang peduli dengan calon pembeli. Calon pembeli pasti akan merasa puas dan aman ketika chat mereka mendapat balasan dengan cepat. Ini dia salah satu alasan yang cukup kuat untuk membuat para pembeli membeli produk dari toko kamu.

Baca Juga
Contoh Sambutan Untuk Buka Puasa Bersama

8. Berikan Promo Gratis Ongkir Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli

Nah, tips sukses jualan di Tokopedia agar banyak pembeli yang satu ini juga sangat berpengaruh loh! Bisnis yang sedang kamu jalani tentu akan selalu membutuhkan customer bukan? Jadi, terapkan promosi yang berkelanjutan. Promosi yang menarik biasanya akan lebih efektif untuk menaikan jumlah customer tokomu yang ada.

9. Bergabung Tokopedia Gold Merchant

Tips sukses jualan di Tokopedia agar banyak pembeli berikutnya adalah bergabung dengan pedagang emas. fitur yang satu ini mendukung toko kamu bisa tampil beda dan lebih jelas. Karena, kamu akan mendapatkan badge ‘Gold Merchant’ yang berwarna kuning.

Tidak hanya sekedar badge saja, karena hal ini berarti kamu mendapatkan beberapa fasilitas seller premium. Diantaranya yaitu :

  • Bisa menambah orang lain selain kamu sendiri yang menjadi admin toko
  • Menempel cover toko
  • Memperbanyak batasan jumlah etalase
  • Bisa menampilkan catatan toko yang berada di sebelah samping produk yang ada
  • Menjual produk yang sedang unggul

10. Berani Kasih Harga Lebih Murah

Tips sukses jualan di Tokopedia laris manis dan banyak orderan yang berikutnya yaitu menjual produk sedikit lebih murah. Hal ini sangat disarankan bagi toko yang belum pernah ada transaksi dan tidak memiliki merek yang begitu kuat. Karena rahasia umum berjualan di tokopedia adalah persaingan harga.

Misalnya jaket kulit rata-rata dijual dengan harga Rp 130.000, kamu bisa menjual dengan harga Rp 128.000. Selisihnya hanya sebesar dua ribu rupiah. Namun hal ini sudah berhasil membuat calon pembeli memilih produk kamu yang harganya lebih murah.

Nah, di atas tadi sudah ada berbagai Tips Sukses Jualan di Tokopedia Agar Banyak Pembeli. Setelah ini kamu hanya tinggal mencatat dan menerapkannya di bisnis kamu. Jangan lupa tetap konsisten dalam berbisnis karena hal itu adalah kunci utama. Nantikan juga atikel tips atau cara berjualan di Tokopedia lainnya, ya!