2 Database yang Cukup Populer Di Indonesia

Istilah database bukan kata yang asing lagi di zaman serba teknologi sekarang.

Sudah banyak masyarakat yang fungsi database meskipun belum tentu dapat digunakan.

Dalam bisnis, semua data maupun informasi yang dimiliki bisnis tersebut  telah disimpan dalam database. Cukup banyak opsi DBMS (Database Management System) yang dapat dipilih dengan kebutuhan bisnis.

Namun, setiap jenis database tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung dengan penyimpanan datanya.

Jenis-Jenis Database yang Cukup Populer

Database atau disebut dengan basis data merupakan kumpulan data yang disimpan dengan sistematis dan teratur. Di mana, dapat diolah menggunakan program aplikasi database, sehingga menghasilkan suatu informasi.

Supaya nggak kebingungan dalam memilih database yang cocok untuk Anda gunakan, maka Anda bisa menggunakan 2 jenis database yang sudah direkomendasikan di bawah ini, antara lain yaitu: Sumber https://sudekat.com/.

1. PostgreSQL

PostgreSQL adalah salah satu database yang fungsinya mirip seperti Microsoft SQL Server, yakni database yang dapat digunakan untuk menyimpan atau mengembalikan data dengan aman.

Jenis database ini banyak sudah banyak dijumpai pada perangkat mac OS, sebab hal tersebut sudah menjadi standar bahwa semua perangkat sistem operasi Mac OS menggunakan database ini.

Akan tetapi, Anda juga bisa menemukannya di perangkat Windows atau distro Linux lainnya.

2. MySQL

Secara umum, database ini sering digunakan untuk kebutuhan website individu maupun perusahaan.

MySQL adalah salah satu sistem pengelolaan database relasional (RDBMS)  yang bisa mendefinisikan hubungan antar data menjadi lebih baik. Sehingga bisa membantu untuk meningkatkan kecepatan website yang Anda miliki.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus membeli lisensinya. Oleh karena itu, database ini sangat cocok untuk developer yang ingin memperdalam ilmu mengenai basis datanya.

Baca Juga
Daftar Paket Kuota Internet Indosat Ooredoo Terbaru

Selain itu, ada beberapa perusahaan besar yang menggunakan database MySQL, antara lain yaitu:

  • Uber
  • Airbnb
  • Facebook
  • Twitter
  • Amazon
  • Udemy
  • Pinterest

2 jenis basis data yang ada di atas pastinya mempunyai tujuan dan fungsinya masing-masing, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan apa saja yang dibutuhkan. Sangat menarik bukan?