Cara Membuat Kopi Espresso Mudah dan Simple Ala Rumahan

Berbeda dengan berbagai pendapat mengenai Espresso yang harus dibuat dengan menggunakan mesin kopi. Kopi Espresso ternyata dapat dibuat menggunakan alat seduh kopi manual tanpa mengurangi kenikmatan dari rasanya. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat kopi espresso. Jadi, sangat mungkin kamu membuat based Espresso tanpa menggunakan peralatan mahal.

Mencoba resep kopi yang enak serta dibuat di rumah sangat mungkin saat kamu sudah dapat membuat kopi espresso sendiri. Minuman ala kafe mulai dari Cappucino sampai Latte dapat kamu buat sendiri dari rumah. Tapi gimana sih caranya?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat kopi Espresso yang enak yaitu dengan menggunakan bubuk kopi yang segar. Dari sini, kamu dapat memulai membuat kopi Espresso enak tanpa menggunakan bantuan mesin yaitu dengan cara sebagai berikut :

Cara Membuat Kopi Espresso dengan Moka Pot

cara membuat kopi espresso

Sebagai pencinta kopi mungkin kamu telah sering mendengar alat seduh kopi manual yang ini. Moka Pot ini menjadi pilihan alat kopi manual karena penggunaannya yang sederhana serta pastinya bisa kamu gunakan di rumah.

Dapat dikatakan Moka Pot merupakan sebuah investasi jangka panjang untuk kamu penggila kopi. Alasannya yaitu karena harga Moka Pot yang tak begitu mahal kalau dibandingkan dengan mesin pembuat kopi.

Selain itu, tentunya mengenai rasa dan karakteristik kopi yang dapat diciptakan. Begitu banyak pecinta kopi yang berpendapat jika kopi Espresso dari Moka Pot mempunyai rasa yang mirip dengan hasil seduh yang menggunakan mesin.

Nah, untuk menciptakan rasa kopi enak serta konsisten, ikuti cara membuat kopi Espresso dengan Moka Pot di bawah ini:

1. Pertama siapkan 2 sendok makan atau 20-22 gram bubuk kopi dengan gilingan fine atau yang halus.

Baca Juga
4 Aplikasi Design Sticker di PC

2. Kemudian uangkan 3 ½ air ke dasar panci. Setelah itu, tuangkan bubuk kopi ke dalam filter yang ada dalam moka pot, kocok supaya ampasnya mengendap. Tutup kedua bagian Moka Pot ini dengan rapat, pastikan juga tak ada udara yang bisa masuk.

3. Letakkanlah Moka Pot di atas kompor dengan api kecil saja. Sesudah itu, kamu dapat menunggu sampai kopi selesai diekstraksi.

Cara Kopi Membuat Espresso dengan French Press

cara membuat kopi espresso

Alat seduh kopi cara manual yang tak kalah populernya dibandingkan dengan Moka Pot yaitu French Press. Cara menggunakannya yang mudah serta dengan langkah sederhana, membuat French Press ini sangat populer.

Meskipun begitu populer, rasa Espresso yang dibuat dengan French Press mempunyai karakteristik yang tak begitu tajam. Tetapi, bukan berarti kamu tak dapat membuat kopi Espresso ini dengan rasa enak yang dapat dinikmati ketika cuaca panas ataupun dingin.

Cara membuat kopi Espresso menggunakan French Press lebih mudah kalau dibandingkan dengan Moka Pot.

Hal yang perlu kamu ingat yaitu kamu memerlukan bubuk kopi yang digiling kasar, berikut cara membuat kopi espresso dengan french press yang sangat mudah :

1. Pertama, giling kasar 2 sendok makan biji kopi atau bisa siapkan 2 sendok makan bubuk kopi kasar, kala kamu menginginkan rasa yang lebih kuat pastinya kamu dapat mencoba resep kopi hitam yang pas dengan seleramu.

2. Setelah itu, panaskan satu cup air pada suhu 200 derajat celcius, sambil menunggu kamu dapat memasukkan bubuk kopi yang telah disiapkan ke French Press.

3. Tuangkanlah sedikit air yang telah dipanaskan ke dalam French Press, tunggu selama kurang lebih 30 detik. Berikutnya, tuangkan sisa air yang telah disiapkan.

Baca Juga
3 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika yang Harus Kamu Tahu

4. Tutup french press lalu tunggu sampai 4 menit. Sesudah lewat 4 menit tekan plunger dan dengan perlahan sampai ke bagian bawah.

5. Dan jadi deh! Espresso sudah siap untuk disajikan.

Cara Membuat Kopi Espresso dengan NESCAFÉ Classic

Nah, untuk yang selanjutnya yaitu cara membuat kopi espresso menggunakan kopi instan yaitu dengan NESCAFÉ Classic kamu juga dapat loh membuat resep kopi enak, termasuk Espresso. Membuat Espresso dari kopi instan yang mudah larut misalnya NESCAFÉ Classic ini akan begitu memudahkanmu.

Selain rasanya yang lebih konsisten, kamu juga tak perlu repot-repot untuk membeli alat seduh. Tapi harus kamu ketahui ya, Espresso yang dibuat menggunakan kopi instan misalnya NESCAFÉ Classic rasanya tak akan setajam kopi buatan mesin.

Kamu hanya memerlukan teko untuk merebus air atau dapat juga menggunakan air panas dari dispenser.

Supaya mendapatkan rasa yang pas dan sesuai, yuk, ikuti cara membuat kopi espresso hitam enak berikut ini!

1. Siapkanlah 1 sendok teh NESCAFÉ Classic

2. Tuangkan juga ¼ cup atau setara 59 ml air panas

3. Aduk dengan merata dan Espresso NESCAFÉ Classic siap untuk kamu nikmati!

Nah, cara-cara di atas merupakan cara membuat kopi Espresso yang mudah di rumah yaitu dengan alat serta bahan yang sederhana. Tetapi perlu diingat ya, rasa Espresso yang nikmat bergantung dengan biji kopi. Jadi, usahakan untuk membeli biji kopi pilihan yang  berkualitas.

Kalau kamu tidak mau repot kamu dapat mengikuti langkah membuat Espresso yang dengan menggunakan NESCAFÉ Classic. Kopi instan yang mudah larut NESCAFÉ Classic ini menggunakan biji kopi pilihan yang gampang dikreasikan. Jadi, yuk, langsung buat kreasi kopi enak rumahan ala kamu!

Baca Juga
Kegunaan Assessment buat Perusahaan