Kenali 7 Jenis Kopi di Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Indonesia adalah salah satu negara yang penghasil kopi terbesar di dunia. Jadi tidak heran, karena hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kebun kopi dan berbagai cara pengolahan yang khas. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis kopi di Indonesia.

Cita rasa serta karakteristik yang dihasilkan juga begitu beragam dan semakin menjadikan produk kopi nusantara ini kian populer. Karena rasanya yang begitu unik, kopi produksi beberapa daerah di Indonesia sekarang bukan hanya dikonsumsi oleh masyarakat penghasilnya saja.

Akantetapi juga wisatawan hingga masyarakat daerah lain bahkan mancanegara. Berikut merupakan 7 jenis kopi di Indonesia beserta karakteristiknya yang harus kamu tau!

Yuk Kenali 7 Jenis Kopi Di Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

jenis kopi di indonesia

Ada berbagai jenis kopi di Indonesia, untuk itu yuk langsung saja simak beberapa jenis kopi di Indonesia berikut ini

Kopi Aceh Gayo

Jenis kopi di Indonesi yang pertama yaitu bisa ditemukan di daerah paling barat dari Indonesia, ada dua jenis kopi yang diproduksi, yakni kopi jenis Arabika serta Robusta. Nah, yang paling terkenal dari Aceh yaitu kopi Gayo Arabika-nya yang digadang-gadang sebagai salah satu kopi terbaik dunia.

Karakteristik yang paling kuat yang dimiliki oleh kopi Aceh Gayo ini yaitu aromanya yang begitu tajam. Selain itu, kopi Gayo tak memberi bekas rasa pahit yang melekat di lidah sesudah meminumnya, berbeda dengan kebanyakan jenis kopi lain yang akan meninggalkan aftertaste pahit.

Itulah alasan mengapa begitu banyak orang sangat menggemari kopi Aceh Gayo. Nah, itu tadi merupakan jenis kopi di Indonesia yang pertama.

Kopi Lampung

Jenis kopi di Indonesi yang kedua yaitu kopi lampung. Berbeda dengan Aceh Gayo yang lebih terkenal karena jenis kopi Arabikanya, kopi Lampung justru begitu mengunggulkan kopi dengan jenis Robusta.

Baca Juga
Cara Membekukan Daging di Dalam Kulkas agar dapat Bertahan Lama

Karakteristik yang begitu terasa dari kopi nusantara asal Lampung yaitu teksturnya yang halus, tetapi rasanya yang cukup kuat.

Metode dry processing yang digunakan ketika pengolahan biji kopi Lampung ini juga diyakini sebagai asal mula cita rasa serta karakteristik yang kuat di dalamnya.

Kopi Toraja

jenis kopi di indonesia

Jenis kopi di Indoesia yang ketiga yaitu kopi toraja. Nama lainnya yaitu Celebes Kalossi, kopi yang berasal dari daerah Sulawesi ini mempunyai aroma yang begitu khas dan harum. Yang menjadikannya cukup disukai yaitu karena tingkat keasaman yang rendah.

Keunikan dari karakteristik kopi Toraja ada pada kecenderungan rasa floral dan fruity yang dihasilkannya. Selain itu, rasa kopi ini yang kuat serta sedikit kecut meninggalkan aftertaste yang begitu unik di lidah.

Kopi Jawa

Jenis Kopi di Indonesia yang selanjutnya yaitu dari produksi biji kopi Jawa. Biasanya dilakukan dengan metode wet processing jadi cita rasanya mungkin agak berbeda dan tak sekuat biji kopi yang dihasilkan dari Sumatera ataupun Sulawesi.

Walapun begitu, jenis kopi Arabika ini begitu dinikmati karena rasanya yang dinilai ‘seimbang’. Selain itu, tingkat keasaman yang medium serta kekentalan yang tidak begitu pekat menjadi dan semilir aroma rempah yang dihasilkannya, menghasilkan ciri khas tersendiri ketika menenggaknya.

Kopi Bali Kintamani

Jenis Kopi di Indonesia yang selanjutnya yaitu kopi bali kintamani. Karakteristik kopi nusantara yang ini yaitu cita rasa kesegaran dari asam (citrus) seperti jeruk.

Aromanya dianggap eksotis serta dilengkapi dengan tekstur yang light, menjadikan kopi ini tidak begit terasa pahit serta tak meninggalkan aftertaste pekat sesudah meminumnya.

Nah, oleh karena itu, kopi jenis ini mungkin saja dapat lebih banyak dinikmati oleh orang-orang yang tak begitu suka minum kopi dengan body yang ‘berat’.

Baca Juga
Mengatur Anggaran Wisuda yang Efektif

Kopi Flores Bajawa

jenis kopi di indonesia

Jenis kopi di Indonesia selanjutnya yaitu Kopi Arabika asal Flores Bajawa. Kopi ini akan menghasilkan tingkat keasaman medium dan tekstur rasa yang ringan. Selain dari aromanya juga menggiurkan, karakteristik kopi ini juga dikenal dengan sensasi manisnya dan cita rasa kacang-kacangan serta herbal di dalamnya.

Keunikan ini yang bisa jadi tidak dapat kamu nikmati pada kopi lainnya. Jadi, tidak heran kalau jenis Flores Bajawa ini dapat menembus pasar internasional karena berbagai keunggulan tersebut, kan?

Kopi Papua Wamena

Ketajaman aroma serta cita rasa yang ringan adalah ciri khas dari kopi nusantara dari bagian timur Indonesia ini. Hampir mirip dengan kopi Bali yang mempunyai rasa floral, kopi Papua Wamena dilengkapi dengan nuansa harum coklat serta herbal.

Aftertaste ‘smokey’ sesudah meminumnya juga menjadi ciri khas serta keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tak berampas juga begitu ramah di mulut.

Itulah 7 jenis kopi kebanggaan nusantara yang tidak boleh kamu lewatkan. Kebanyakan daerah memang akan mengunggulkan produksi kopi jenis Arabikanya, tapi ada juga kok beberapa Jenis Kopi Robusta Nusantara yang tidak kalah poopulernya.

Nah, sekarang ini untuk membuat kopi sangat mudah, apalagi dengan menggunakan mesin pembuat kopi. Mesin ini akan sangat cocok untuk kamu yang mungkin merencanakan akan membuka usaha kedai kopi.