10 Provinsi dengan Produksi Daging Sapi Terbesar di Indonesia [Terbaru]

Daging sapi merupakan salah satu daging favorit masyarakat di Indonesia. Sehingga tidak heran lagi jika permintaan akan daging ini mengalami peningkatan hampir setiap saat. Peningkatan permintaan akan daging dari sapi ini juga mempengaruhi peningkatan produsen sapi di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa provinsi yang menjadi produsen sapi terbesar di Indonesia:

1. Provinsi Jawa Timur

Provinsi pertama yang masuk dalam daftar produsen daging sapi tertingi di Indonesia adalah provinsi Jawa Timur.

Provinsi yang memiliki luas sekitar 47.922 km2 ini, memiliki sekitar 99.146 ton produsen sapi yang setiap tahun dagingnya mampu untuk di panen. Informasi ini menurut dari Badan Pusat Statistika (BPS).

2. Provinsi Jawa Barat

Di bawah Provinsi Jawa Timur, disusul oleh Provinsi Jawa Barat yang memiliki produsen sapi untuk daging.

Di mana provinsi yang memiliki jumlah penduduk sekitar 50 juta pada tahun 2019 ini, memiliki produsen sapi sedikit di bawah dari Provinsi Jawa Timur.

Yang mana jumlah produsennya menurut Badan Pusat Statistika adalah sekitar 80.160 ton.

3. Provinsi Jawa Tengah

Setelah Provinsi Jawa Barat, ada provinsi dari Jawa Tengah yang masuk ke dalam 10 besar sebagai produsen daging sapi terbesar di Indonesia.

Menurut surve dari Badan Pusat Statistika mengumumkan bahwa, Provinsi Jawa Tengah adalah provinsi yang berhasil memproduksi sapi yang siap untuk dipanen dagingnya sebanyak 65.640 ton.

4. Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan juga tidak kalah dengan provinsi yang lainnya. Provinsi ini juga masuk ke dalam daftar 10 besar produsen sapi di Indonesia.

Di mana jumlah sapi untuk daging konsumsi yang mampu diproduksi oleh provinsi ini menurut analisis Badan Pusat Statistika adalah 20.755 ton.

5. Provinsi Sumatera Barat

Setelah keempat deretan provinsi di atas, Provinsi Sumatra Barat juga masuk ke dalam daftar 10 besar produsen sapi untuk daging konsumsi.

Provinsi ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki luas sekitar 42.297,30 km² . Dan untuk hasil produsen dari peternak sapinya yang siap untuk diolah adalah sebesar 20.698 ton. Ini berdasarkan dari Badan Pusat Statistika.

6. Provinsi Banten

Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi yang tergolong sebagai daerah otonom. Di mana provinsi ini terbentuk berdasarkan undang-undang Nomor 23 tahun 2000.

Luas wilayah Provinsi Banten itu sendiri tergolong sangat luas, yang mana berada pada angka 9.662,92 Km2. Di provinsi ini juga termasuk provinsi yang memiliki masyarakat sebagai produsen sapi terbesar di Indonesia.

Adapun jumlah sapi yang siap untuk diolah dagingnya adalah sekitar 19.896 ton berdasarkan info dari Badan Pusat Statistika.

7. Provinsi DKI Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan Provinsi DKI Jakarta ini? Salah satu Provinsi yang menjadi ibu kota negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Provinsi ini juga dikenal sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk paling padat di Indonesia. Namun di balik semua itu, Provinsi DKI Jakarta juga merupakan provinsi yang masuk dalam daftar 10 besar produsen daging sapi terbesar di Indonesia.

Di mana jumlah daging yang mampu dihasilkan dari produsen sapinya berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika adalah sekitar 16.185 ton.

 

8. Provinsi Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki makanan khas berupa sangsang. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar anjing atau babi yang kemudian di olah dengan bumbu-bumbu spesial khas Sumatera Utara.

Namun di balik semua itu, siapa sangka jika Sumatera Utara merupakan provinsi yang juga memiliki komuditi sapi terbesar di Indonesia. Ini terbukti dengan masuknya provinsi ini ke dalam 10 besar produsen sapi untuk daging.

Berdasarkan hasil surve dari Badan Pusat Statistika menyatakan bahwa, Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi yang mampu memproduksi sekitar 15.724 ton sapi siap olah.

9. Provinsi Lampung

Setelah Provinsi Sumatera Utara, ada provinsi yang memiliki makanan khas berupa kue segumpal sebagai provinsi yang masuk dalam daftar 10 besar produsen daging sapi di Indonesia.

Provinsi ini adalah Provinsi Lampung. Lampung itu sendiri merupakan wilayah yang memiliki luas sekitar 34.623,80 km2.

Menurut survei yang telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistika atau BPS, Provinsi Lampung telah berhasil melakukan produksi sapi untuk daging sebanyak 13.679 ton. Lumayan besar bukan?

10. Provinsi Nusa Tenggara Timur

Yang terakhir Provinsi yang masuk dalam daftar 10 besar penghasil sapi untuk daging terbesar di Indonesia adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Provinsi ini sendiri tercatat sebagai provinsi yang memiliki sebanyak 22 kabupaten atau kota. Sedangkan untuk jumlah produksi sapi yang telah dicapai sebanyak 11.973 ton.

Informasi ini merupakan hasil anilisa yang telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistika atau BPS.

Demikianlah 10 provinsi yang berhasil memproduksi daging sapi terbesar di Indonesia. Kendati demikian, pasokan akan jumlah daging untuk sapi di Indonesia masih sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Ingin berlibur urban farming di wilayah kota bekasi, mari berkunjung ke  peternakan sapi “AOFAFARM” di bekasi.