Beberapa Motif Batik Indonesia Yang Populer

Beberapa Motif Batik Indonesia-Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional karena UNESCO menyatakan batik sebagai Situs Warisan Dunia 13 tahun lalu di hari yang sama. Pengakuan ini membuat motif batik di Indonesia terus berkembang baik warna maupun coraknya. Motif batik dalam berbagai warna cantik semakin populer tidak hanya untuk acara formal, tapi juga untuk penampilan sehari-hari.

Karena filosofinya, memang ada motif batik yang memang tidak bisa sembarangan dipakai. Itulah 30 Motif Batik Terpopuler dan Cocok Digunakan di Berbagai Waktu.

Teknik Membuat Batik Yang Perlu Diketahui

Dari zaman dahulu hingga sekarang, setidaknya dikenal 5 teknik pembuatan batik yang berbeda untuk membuat motif batik yang populer. Kelima cara pembuatan batik ini menghasilkan karya seni berupa kain dengan motif/corak tradisional dan proses pembuatannya adalah lilin. Teknik membatik yang perlu anda ketahui adalah :

  • Batik Lagu/Batik Tulisan Tangan : Membuat motif batik dengan tangan menggunakan rukuk, lilin dan tangan. Batik lilin memiliki lapisan pada kain untuk mencegahnya bersentuhan dengan cat saat pencelupan.
  • Batik Cap : Pembuatan motif batik dengan pola bias khusus dan pola emboss sehingga hanya perlu cap pada kain mori.
  • Batik printing: produksi batik dengan mesin modern yang tidak menggunakan lilin untuk pencelupan.
  • Batik Ikat Celup : teknik membatik dengan cara diikat kemudian dicelup dengan warna yang berbeda-beda untuk menghasilkan batik yang berwarna-warni.
  • Batik kolet : membatik dengan kuas lukis, kapas dan bias.

Beberapa Motif Batik Indonesia

Mudah diketahui bahwa banyaknya budaya asli di Indonesia membuat gambar batik menjadi lebih variatif. Setiap daerah dan daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, berbagai jenis batik sering diberi nama sesuai dengan tempat asalnya, seperti batik Cirebon, batik Pekalongan, batik Solo, dan masih banyak lagi.

Baca Juga
Polo Shirt Cepat dan Murah Desain Terbaru di Jogja

Namun, beberapa motif batik tampaknya lebih populer dari yang lain. Sebelum mempelajari berbagai pola dan gambar batik yang bisa Anda jelajahi, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan motif batik yang populer. Lihat daftar desain batik sederhana hingga kompleks di bawah ini!

1. Motif Batik Mega Mendung

Salah satu ciri dari gambar batik pantai adalah warnanya yang lebih cerah yang memberikan kesan bahagia bagi pemakainya. Misalnya motif batik Mega Mendung asal Cirebon ini. Ciri khasnya adalah objek megacloud biru dengan latar langit cerah. Batik nusantara ini juga cocok untuk segala usia dan sering digunakan oleh desainer seperti Albert Yanuar untuk mendesain batik modern.

2. Motif Batik Sogan

Merupakan motif batik favorit Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Batik dari Solo dan Yogyakarta memiliki ciri khas warna coklat muda dan menonjolkan motif batik beraksen bunga dan titik serta desain dengan lekukan dan garis. Sogan sudah digunakan sejak zaman nenek moyang mereka dan biasa dikenakan oleh raja-raja di keraton karena perpaduan warna coklat dan hitamnya yang elegan. Meski warna batik semakin fashionable saat ini, namun batik sogan tetap menjadi tujuan para pecinta batik Indonesia di Asia dan Eropa.

3. Motif Batik Tujuh Rupa

Motif batik ini merupakan motif pekalongan yang paling banyak diminati. Dalam satu kain, warna dan gambar batik sangat beragam sehingga konon ada tujuh corak. Dulu, Pekalongan merupakan pelabuhan yang sangat besar tempat para pedagang Cina, Arab, dan Eropa berdagang dengan penduduk setempat. Perpaduan budaya inilah yang membuat batik Pekalongan begitu kaya warna.

4. Motif Batik Priangan

Motif batik Tasikmalaya ini umumnya disukai para pria karena gambar batiknya yang cantik memberikan kesan kalem dan berwibawa. Namun batik Indonesia ini juga bisa dijadikan bahan dasar. Batik Tasikmalaya hadir dengan warna yang lebih cerah seperti biru muda, merah atau hijau muda dan menggambarkan lingkungan alamnya. Motif daun, bunga atau burung sering menjadi motif utama batik ini.

Baca Juga
Seragam Pabrik yang Aman Saat Dalam Berbagai Kondisi

5. Motif Batik Gentongan

Mirip dengan batik pesisir lainnya, warna batik ini juga cerah sehingga memberikan kesan bahagia bagi pemakainya. Batik Gentong ini dibuat dari satu motif saja dan untuk mewarnainya, kain dicelupkan ke dalam gentong lalu motifnya digambar langsung pada kain. Teknik ini mencegah warna kain memudar selama beberapa tahun.

nah itulah berbagai macam batik yang ada di indonesia Jadi motif batik apa saja yang sudah kamu miliki di rumah? dan masih banyak lagi jenis batik indonesia