Buat Liburan Jadi Berkesan dengan Traveling Anti Mainstream

Buat Liburan Jadi Berkesan dengan Traveling Anti Mainstream

Buat Liburan Jadi Berkesan dengan Traveling Anti Mainstream – Semua orang senang melakukan perjalanan wisata. Selain bisa melepas stress dan penat, travelling juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti; bertemu dengan orang-orang dan kebudayaan baru, melatih diri untuk lebih mandiri, hingga sebagai sarana pengingat untuk mensyukuri, betapa besarnya kuasa Tuhan yang menciptakan segala keindahan di dunia ini. Bahkan banyak sumber yang mengatakan bahwa travelling juga bisa membuat pelakunya menjadi lebih sehat, baik itu secara fisik maupun mental.

Baca juga artikel lain di : https://135street.com/

Adalah hal lumrah bila perjalanan dilakukan ke sebuah daerah tujuan wisata. Di mana segala akses, baik itu transportasi maupun akomodasi bisa dengan mudah didapat dengan mudah. Namun melakukan perjalanan yang berbeda dengan biasanya sebaiknya juga Anda lakukan. Di Indonesia sendiri terdapat banyak tujuan wisata anti mainstream yang cukup menarik. Dan berikut ini adalah beberapa kawasan wisata di Pulau Jawa yang bisa Anda coba agar travelling lebih berkesan dan tidak terlupakan.

Curug Awang

Lokasi travelling anti mainstream yang pertama berada di ujung barat Pulau Jawa, letaknya berada di Sukabumi. Selain pantai, di wilayah ini juga memang sangat terkenal dengan curugnya. Ada lebih dari 30 curug atau air terjun yang harus Anda kunjungi di sana, diantaranya adalah Curug Cikanteh, Curug Cimarinjung, Curug Cirajeg, Curug Citaman dan masih banyak lagi.

Adalah Curug Awang, salah satu diantaranya yang juga tidak kalah indahnya. Curug ini berada di kawasan Ciletuh Geopark. Dengan ketinggian 40 meter dan lebarnya 60 meter, curug ini memiliki tiga air terjun yang sering kali di sebut-sebut sebagai air terjun Niagara yang berada di Amerika.

Baca Juga
Beberapa Destinasi Wisata Alam di Singapura

Tebing Citatah

Tebing Citatah adalah wisata travelling anti mainstream yang selanjutnya. Sesuai dengan namanya, tebing ini letaknya berada di daerah Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Tebing ini sebetulnya merupakan pertambangan kapur yang masih aktif, namun kerap digunakan para traveller yang senang melakukan petualangan untuk ditaklukan. Tebingnya yang terjal dan curam memang menggoda para pemanjat untuk memilih lokasi ini sebagai daerah tujuan wisata.

Terdiri dari 3 tebing dengan ketinggian berbeda yang dinamai sesuai dengan tingginya, yaitu Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125. Yang pasti, ketika Anda berhasil memanjat dan sampai di ketinggian tertentu, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Anda bisa menikmatinya sambil bersantai di atas hammock yang digantung diantara tebing.

Gunung Prau

Ini adalah salah satu gunung yang berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah. Mendaki gunung juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar travelling anti mainstream. Selain bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Anda juga bisa melakukan pendakian yang membuat badan menjadi lebih sehat.

Untuk mencapai puncak Gunung Prau, ada tiga jalur yang bisa digunakan, yaitu jalur Pranten yang berada Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, kemudian jalur Kenjuran di Kendal serta jalur Pathak Banteng di Wonosobo yang paling banyak digunakan jalurnya oleh para pendaki karena jaraknya lebih pendek.

Pulau Biawak

Jika Anda lebih suka snorkling, diving dan juga memancing, bisa memilih Pulau Biawak sebagai daerah tujuan travelling anti mainstream. Pulau yang berada di Laut Jawa ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Indramayu meskipun jaraknya sendiri cukup jauh, yaitu sekitar 40 KM. Dan agar Anda bisa mengunjungi pulau Biawak, sebaiknya menggunakan kapal motor di Pantai Song Indah, Indramayu.

Baca Juga
Rekomendasi Taman Instagramable di Surabaya

Selain wisata air, Anda juga bisa melakukan perjalanan ke hutan Mangrove dan mengunjungi mercu suar yang berada di sana. Untuk Anda yang ingin menikmati sunset dan sunrise dengan sempurna bisa naik ke mercu suar tersebut. Keasrian hutan perawan di kawasan ini benar-benar menjadi daya tarik tersendiri.

Taman Nasional Meru Betiri

Dan ini adalah rekomendasi selanjutnya untuk melengkapi perjalanan travelling anti mainstream Anda. Berada tepat di Andongrejo, Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Taman Nasional Meru Betiri ini, bisa menjadi perjalanan yang tak terlupakan. Karena di kawasan ini banyak sekali yang bisa Anda lakukan. Selain bisa melihat hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi, di sana Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan melihat bisa melakukan wisata air seperti memancing ikan di pantai-pantai di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri tersebut.

Nama Meru Betiri sebetulnya berasal dari dua nama gunung yang ada di kawasan tersebut, yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri. Paket lengkap sudah Anda dapatkan jika berkunjung ke kawasan ini, hutan, pantai, gunung sudah berada di dalamnya.

Itulah beberapa lokasi wisata yang berada di Pulau Jawa dan bisa Anda masukkan ke dalam jadwal travelling anti mainstream. Untuk beberapa wisata sepertinya Anda tidak bisa membawa bayi dan anak kecil, namun kemping di beberapa lokasi wisata, mungkin bisa dijadikan pilihan menarik untuk menghabiskan liburan Anda bersama dengan keluarga.