Cara Membuat Bakwan Jagung Udang Krispi

Apa kabar? Dari pada gabut, yuk mending masak, bosen dengan bakwan yang itu-itu saja jangan salah sekarang banyak resep bakwan jagung yang sudah di modifikasi. Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat bakwan jagung udang. Yang tentunya mudah di praktikan.

Bakwan jagung sederhana saja sudah cukup menggoda, apalagi kalau ditambah udang yang menambah rasa gurihnya. Sudah pasti susah buat ditolak. Bakwan jagung akan semakin nikmat dan special jika ditambah dengan potongan udang kupas yang dicincang kasar. Tertarik ingin coba membuat bakwan jagung udang di rumah?

 

Apa Itu Jagung

cara membuat bakwan jagung udang

Jagung merupakan salah satu alternatif makanan pokok Indonesia. Beberapa daerah seperti Madura, kepulauan Nusa Tenggara, dan Sulawesi sering mengubah karbohidrat ini menjadi nasi jagung, yang rasanya tak kalah enak dari nasi beras putih. Meskipun begitu, ternyata saya lebih sering mengolah karbohidrat ini sebagai lauk atau kudapan. Mau dibakar utuh atau dicampurkan dalam masakan pun tetap enak.

 

Nama Bakwan Di Ambil Dari Bahasa Tionghoa

Namanya yang berasal dari bahasa Tionghoa. Banyak yang mengira kalau bakwan merupakan makanan asli Indonesia, padahal bakwan merupakan salah satu kuliner yang awalnya berasal dari bangsa Tionghoa.

Bakwan berasal dari kata “Bak” yang berarti daging, dan “Wan” yang berearti bola. Jika digabungkan bakwan merupakan berupa bola daging. Karena seringnya orang Portugis melakukan aktivitas di Indonesia, ada banyak budaya dan pengaruh yang mereka bawa.

Biji jagung yang merupakan tanaman asli Amerika dibawa dan diperkenalkan ke Indonesia oleh Portugis, dan karena tanah di Indonesia sangat cocok untuk menanam jagung, semakin banyak hasil panen jagung. Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat adalah bakwan jagung.

Baca Juga
Resep Ayam Bakar Bumbu Madu

 

Bakwan Jagung Udang Mudah Di Jumpai

Meski bakwan goreng adalah gorengan yang bisa kita jumpai hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia, tapi pada kenyataannya bakwan goreng lebih banyak dan lebih mudah dijumpai di Pulau Jawa. Hampir di seluruh rumah makan yang ada di Jawa selalu menyediakan bakwan goreng dalam menu lauk pauk mereka.

 

Cara Membuat Bakwan Jagung Udang

cara membuat bakwan jagung udang

Bahan-Bahan :

  • 1 batang jagung manis, diserut
  • 2 buah wortel, kupas lalu iris korek api
  • 50 gr udang, kupas sisakan ekor lalu kerat bagian punggungnya
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 200 gr tepung terigu
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat Bakwan Jagung Udang :

  1. Yang pertama siapkan wadah, campur semua bahan kecuali udang.
  2. Kemudian tuangkan air secara perlahan ke adonan lalu aduk hingga kental (sesuai selera).
  3. Selanjutnya panaskan minyak, ambil 1 sdm makan adonan.
  4. Berikutnya tuang di pinggir wajan dan tambahkan udang di bagian tengah adonan bakwan.
  5. Berikutnya goreng hingga kuning keemasan. Angkat lalu sajikan hangat dengan cabai rawit.

Bagaimana dengan cara di atas mudah bukan? Yuk langsung saja praktikan di rumah, di jamin bakalan ketagihan dengan cita rasanya. Untuk mendapatkan jagung pipil biasanya anda memnggunakan apa? Mau tau cara yang praktis tidak? yaitu menggunakan mesin pemipil jagung.

 

Mengenal jenis jagung manis

Pada dasarnya, ada tiga jenis jagung yang dipanen lalu disebarkan ke seluruh penjuru dunia, yakni jagung tawar, jagung agak manis, dan jagung sangat manis. Nah, jenis jagung yang banyak dipasarkan di Indonesia adalah tipe sangat manis. Tak heran kalau seringnya kita mengidentikkan bahan pangan ini dengan rasa manis, ya. Uniknya lagi, jagung manis itu tak hanya berwarna kuning saja.

Baca Juga
The value of Geographic Conditions

 

Kandungan Gizi Jagung

Dalam 100 gram jagung mentah, terkandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya protein 5,1 gram; lemak 0,7 gram; karbohidrat 31,5 gram; serat 1,3 gram; kalsium 6 mg; fosfor 122 mg; besi 1,1 mg; natrium 5 mg; kalium 33,6 mg; tembaga 0,13 mg; zinc 0,9 mg; beta karoten 113 mcg; thiamin (Vitamin B1) 0,24 mg; riboflavin (Vitamin B2) 0,10 mg; niacin (Vitamin B3) 0,8 mg; dan vitamin C 9 mg.

 

Cara Simpan Jagung Agar Tetap Kering Dan Tetap Manis

  1. Jangan kupas dan cuci jagung. Sebelum simpan jagung dalam kulkas, ada baiknya jangan kupas dan cuci jagung. Melansir , cara ini dapat menjaga jagung tetap segar selama lima hingga tujuh hari. Kulit jagung mampu menjaga kelembapan biji jagung agar tidak mengering karena terekspos udara. Jika jagung terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kulkas, kupas beberapa helai saja kulit jagung.
  2. Bungkus jagung dalam kantong plastik, tetapi jangan terlalu ketat. Jagung harus dibungkus dengan aman di dalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  3. Bungkus dengan aluminium foil dan wadah kedap udara. Kamu bisa menyimpan jagung yang sudah masak dengan bungkus aluminium foil. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah kedap udara.

 

Sementara itu, apabila Anda ingin membeli mesin pemipil jagung atau hanya sekedar ingin mencari-cari jenis mesin lainnya kunjungi mesin dan spesifikasinya.