Cara Membuat Keripik Pisang Coklat yang Lezat dan Gurih

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat-Keripik pisang coklat adalah camilan yang lezat dan gurih. Dalam satu gigitan, Anda akan merasakan manisnya pisang yang dikombinasikan dengan rasa coklat yang lezat. Keripik ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu santai atau sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman.

Untuk membuat keripik pisang coklat sendiri, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan dan perlengkapan dapur yang mudah ditemukan. Berikut adalah langkah-langkah dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik pisang coklat.

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat

cara membuat keripik pisang coklat

Bahan-bahan:

  • Pisang raja matang
  • Tepung terigu
  • Coklat bubuk
  • Gula halus
  • Garam
  • Minyak goreng

Perlengkapan:

  • Pisau
  • Penggorengan
  • Loyang
  • Wadah
  • Sendok

Langkah-langkah:

  1. Siapkan pisang raja yang sudah matang dan kupas kulitnya. Kemudian, iris pisang dengan ketebalan 1-2 mm.
  2. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, gula halus, dan garam ke dalam wadah. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang
  4. Ambil irisan pisang satu persatu dan celupkan ke dalam adonan tepung terigu. Pastikan seluruh permukaan pisang tertutupi adonan tepung.
  5. Goreng pisang dalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga pisang terlihat kecoklatan dan terasa renyah.
  6. Angkat pisang dari minyak dan tiriskan di atas loyang yang sudah disiapkan.
  7. Setelah semua pisang digoreng, siapkan coklat leleh dengan melelehkan coklat batang atau coklat bubuk dengan sedikit air. Pastikan coklat yang digunakan cukup untuk melapisi seluruh permukaan pisang.
  8. Celupkan masing-masing keripik pisang ke dalam coklat leleh dan pastikan permukaannya terlapisi dengan baik.
  9. Setelah selesai, dinginkan keripik pisang di dalam kulkas selama 15-30 menit hingga coklat mengeras.

Setelah mencuci dan memotong pisang dengan ketebalan yang seragam, sebaiknya pisang dijemur terlebih dahulu agar kadar airnya turun dan hasil akhirnya lebih crispy. Jemurlah pisang selama 1-2 jam di bawah sinar matahari atau dengan oven pada suhu rendah sekitar 50°C hingga pisang benar-benar kering.

Baca Juga
Menghemat Budget Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu

Setelah itu, gorenglah pisang dalam minyak panas hingga kecoklatan dan angkat. Biarkan sejenak agar minyak terserap pada kertas minyak atau tisu dapur.

Untuk membuat coklat yang meleleh di atas keripik pisang, dapat dilakukan dengan mencairkan coklat batang atau coklat bubuk dalam wadah yang disiapkan di atas panci air atau dengan cara ditim. Setelah coklat cair, celupkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam coklat tersebut, kemudian diamkan sejenak agar coklat mengeras.

Alternatif lainnya adalah dengan menyebar coklat yang sudah dicairkan di atas keripik pisang dengan menggunakan sendok atau spatula. Jangan lupa, agar tampilan keripik pisang coklat semakin cantik, tambahkan topping seperti kacang atau wijen.

Namun, meskipun terlihat sederhana, tidak semua orang bisa membuat keripik pisang coklat yang enak. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan adalah penggunaan pisang yang terlalu matang sehingga lembek atau penggunaan minyak yang tidak cukup panas sehingga keripik pisang coklat kurang renyah.

Selain itu, pemilihan jenis pisang juga berpengaruh pada hasil akhir. Pisang jenis kepok atau raja sangat cocok digunakan karena memiliki tekstur yang padat dan tidak mudah lembek ketika digoreng.

Untuk menyajikan keripik pisang coklat, dapat disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan di tempat yang kering agar tidak cepat lembab. Keripik pisang coklat juga cocok dijadikan sebagai camilan atau sebagai cendera mata untuk keluarga atau teman.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba membuat keripik pisang coklat sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Untuk membeli peralatan dapur dan mesin coklat, dapat diperoleh di situs resmi Rumahmesin.com yang menyediakan berbagai macam produk berkualitas dan bergaransi.

 

Baca Juga
Cara Menghaluskan Sabut Kelapa dan 5 Kelebihan Cocopeat