Cara Membuat Sayur Lodeh Terong

Haloo guys… Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat sayur lodeh terong yang sederhana dan dapat kalian buat dirumah. Tanpa banyak omong cekidot.

 

Sayur Lodeh

cara membuat sayur lodeh terong

Sayur lodeh adalah salah satu hidangan khas Jawa. Hidangan yang berbahan dasar ragam sayuran dan santan ini memiliki rasa yang gurih. Karena rasanya yang gurih dan harganya yang murah membuat sayur lodeh memiliki tempat spesial pada para penikmatnya.

Sayur lodeh memiliki bahan yang fleksibel, hal itu dikarenakan bahan utama sayur lodeh dapat diganti menggunakan bahan lain. Contohnya biasanya sayur lodeh menggunakan labu siam, nah labu siam itu dapat digantikan dengan terong.

Bicara terong, sayuran yang satu ini memiliki kesamaan dengan sayur lodeh yaitu variasi. Terong memiliki variasi olahan, terong dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang enak. Yang paling terkenal ada terong goreng.

 

Cara Membuat Sayur Lodeh Terong

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara memasak sayur lodeh yang dipadukan dengan sayur terong. Berikut bahan dan langkah yang harus kamu dapatkan dan lakukan.

Bahan :

  1. 2 buah terong (dibagi 2, potong sesuai selera)
  2. 1 papan Tempe Semangit (potong kotak, setengah matang)
  3. 4 kacang panjang (cincang)
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 jari lengkuas (diperas)
  6. 15 cabai utuh
  7. Udang Pape 1 genggam (seduh dengan air panas, cuci bersih, lalu tiriskan)
  8. 200 ml santan encer
  9. 500 ml santan kental
  10. Garam
  11. Gula sesuka hati

Bumbu halus:

  1. 6 bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 kacang hazel
  4. 3 cabai merah keriting
  5. 4 buah cabai rawit
  6. 1 cm kunyit (bakar)

Cara Memasaknya :

  1. Siapkan wajan dan masukan bawang merah, bawang putih, kacang, cabai merah, cabai rawit, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Lalu setelah beberapa saat masukan daun salam, lengkuas, dan cabai rawit.
  2. Setelah bahan diatas dicampurkan masukan udang dan semuanya sampai rata.
  3. Lalu masukan terong tempe, dan kacang panjang masak hingga sayur mulai agak layu.
  4. Jika sayur sudah mulai layu masukan santan encer dan masak hingga mendidih.
  5. Jika sudah mulai mendidih masukan santan kental dan aduk kembali.
  6. Sebelum matang sempurna masukan gula dan garam.
  7. Angkat sayur lodeh dan sajikan.
Baca Juga
Tips Membersihkan Kursi Rotan untuk Mempertahankan Keindahannya

 

Manfaat Menkonsumsi Terong

Sayuran yang sudah terkenal dimana – mana ini sudah diolah menjadi banyak olahan makanan. Mulai dari Indonesia, timur tengah, Afrika, dan daerah asia lainnya.

Terong tidak hanya memberikan resep tekstur yang unik dan rasa yang ringan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh dan kesehatan terong. Tidak hanya enak di lidah, manfaat makanan sehat ini juga bisa dinikmati oleh anak-anak.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun perlu mengetahui jenis makanan sehat ini dan merasakan manfaatnya bagi tumbuh kembangnya. Berikut beberapa manfaat terong untuk tubuh kita yang bisa didapatkan.

1. Kaya akan zat besi dan kalsium

Tidak bisa dipungkiri bahwa tumbuh kembang anak bergantung pada asupan zat besi dan kalsium. Kabar baiknya adalah manfaat kesehatan terong tinggi zat besi dan kalsium.

Mineral ini membantu mempercepat pertumbuhan tulang, yang dapat membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat. Selain itu, pertumbuhan gigi juga dibantu oleh zat besi dan kalsium yang berlimpah dalam diet sehat ini.

Saat gigi tumbuh sehat dan kuat, anak-anak bisa menikmati banyak makanan sehat lainnya, bukan?

2. Mengandung nutrisi untuk otak

Manfaat terong selanjutnya adalah nutrisi yang baik untuk otak. Tidak hanya tinggi dan berat badan saja yang perlu ditingkatkan pada masa pertumbuhan, namun perkembangan otak juga perlu diperhatikan. Karena itu, tidak ada salahnya memasukkan terong ke dalam menu harian bayi.

Tapi ingat ya bunda, mineral ini terdapat pada kulit terong, jadi sebaiknya jangan dikupas, tapi cuci bersih saja.

3. Memiliki serat alami

Si kecil sering sembelit? Nah, kini saatnya ibu-ibu mengenalkan terong. Manfaat terong untuk kesehatan selanjutnya adalah berperan penting dalam pencernaan. Terong yang memiliki serat yang banyak ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam usus.

Baca Juga
Jenis - jenis Stroller dan Spesifikasinya

Sehingga menkonsumsi terong dapat membantu melancarkan percernaan. Alhasil, buang air besar tidak terhambat dan aktivitas berjalan lancar.

4. Rendah kalori

Manfaat terong ungu untuk wanita. Kalori memang dibutuhkan untuk aktivitas fisik, namun jika terlalu tinggi bisa mempengaruhi kesehatan.

Terong adalah makanan sehat, rendah kalori dan rendah lemak, tinggi serat yang membantu anak merasa cepat kenyang tanpa harus makan berlebihan. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas, yang dapat menyebabkan diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Inilah manfaat terong untuk kesehatan ibu dan anak. Moms bisa mengolahnya untuk makan malam atau sebagai camilan sambil menonton TV.

5. Kaya akan antioksidan

Selain berbagai vitamin dan mineral, terong juga mengandung antioksidan tingkat tinggi. Terong yang mengandung antioksidan memiliki fungsi sebagai zat yang membantu tubuh untuk melawan atau menangkal radikal bebas yang nantinya bisa berubah menjadi kanker

Terong juga sangat kaya akan antosianin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang bertanggung jawab atas warnanya yang cerah.

 

Itulah artikel yang dapat saya bagikan kali ini. jika kalian tertarik untuk mencoba resep sayur lodeh yang lain, coba baca artikel tentang sayur lodeh ini. Atau kalian lebih suka membaca tentang travelling? Baca artikel lainnya di website ini.