Cara mendapatkan Pekerjaan melalui Media Sosial

Cara mendapatkan Pekerjaan melalui Media Sosial – Anda dapat mencari pekerjaan dengan berbagai cara, mulai dari mengunjungi kantor perusahaan mana pun, melihat lowongan pekerjaan di koran, mendapatkan informasi dari teman, hingga mencari pekerjaan melalui media sosial. media sosial.

Tidak dapat disangkal bahwa peran media sosial menjadi semakin penting bagi masyarakat saat ini. Tidak hanya sebagai media untuk mencari teman, tetapi juga mencari pekerjaan untuk menunjang kehidupan. Bagi para pencari kerja, sebenarnya sangat mungkin bagi Anda untuk mencari pekerjaan yang cocok melalui media sosial. Asalkan Anda menggunakan media sosial dengan baik.

Jika kamu penasaran tindakan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat melalui media sosial, berikut ulasannya.

Berikut cara mendapatkan pekerjaan melalui media sosial

1. Bergabunglah dengan Komunitas Pencari Kerja

Jika Anda tidak mengikuti komunitas apa pun di media sosial, mulailah aktif mengikuti komunitas yang mencari pekerjaan. Biasanya ada semacam grup, fan page, atau komunitas yang dibangun khusus untuk pencari kerja. Ada juga grup chat yang berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan dan lowongan terbaru.

Komunitas ini biasanya sangat berguna bagi pencari kerja karena mereka selalu memberikan update terbaru. Anda dapat bergabung dengan grup yang berspesialisasi dalam bidang tertentu atau grup yang menyediakan informasi pekerjaan umum.

Biasanya karena dalam suatu kelompok terdapat orang-orang dengan minat yang sama, mereka lebih mudah bergaul. Meski masing-masing member adalah rival, mereka tidak pelit informasi bahkan ada yang mau memberikan tips seputar pekerjaan.

2. Filter konten yang memudahkan Anda mencari pekerjaan

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, ada baiknya Anda memfilter apa yang seharusnya muncul di halaman utama/wall/feed di media sosial Anda. Cobalah untuk mengurangi pelacakan akun yang tidak begitu penting, tetapi diperbarui secara berkala, karena itu menghilangkan akun penting yang menyediakan informasi pekerjaan untuk Anda.

Baca Juga
Proses Pendirian PT Perorangan yang Harus Anda Tahu

Tidak hanya itu, untuk membuat rekomendasi atau iklan yang muncul di beranda Anda adalah akun yang memang terkait dengan misi Anda, Anda perlu mengubah beberapa hal dalam perilaku Anda menggunakan media sosial.

Misalnya sering memberikan like, komentar atau share hal-hal yang berhubungan dengan lowongan. Juga, kurangi aktivitas lain yang kurang penting agar media sosial Anda menjadi lebih fokus.

3. Pulihkan data media sosial Anda

Saat ini, banyak perusahaan besar memeriksa media sosial calon karyawan terlebih dahulu. Biasanya untuk melihat apakah calon karyawan ini adalah seseorang yang terlibat dalam sesuatu yang berbahaya atau tidak, bisa juga dengan melihat perilaku Anda sehari-hari. Beberapa orang tidak diterima bekerja hanya karena media sosialnya bermasalah, jadi Anda harus waspada juga.

Ingat, isi data diri Anda dengan benar, jangan menambahkan informasi yang tidak perlu dan terlihat main-main. Yang terpenting, informasi pendidikan dan keahlian Anda dinyatakan dengan jelas.

4. Unggah konten positif di media sosial

Salah satu upaya untuk meningkatkan harga diri adalah dengan tidak mengunggah hal-hal negatif saat menggunakan media sosial. Jika Anda sedang mencari pekerjaan, yang terbaik adalah menghindari pertempuran virtual. Unggah banyak hal positif, kurangi mengeluh, kurangi tunjukkan apa yang terjadi dalam hidup Anda dan lebih netral. Hal ini sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya suatu perusahaan.

Terlepas dari tips yang disebutkan di atas, hal terbaik yang harus dilakukan adalah sering-sering mengecek media sosial. Siapa tahu ada lowongan baru atau info terupdate. Dengan begitu Anda tidak kalah bersaing dengan kompetitor lain. Saya harap ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Kunjungi juga https://jobster.id/ untuk mendapatkan Info Lowongan Kerja Indonesia terpercaya

Baca Juga
Fungsi Dan Model Tenda pesta pernikahan Di Rumah