Digital Marketing adalah salah satu dari 10 pekerjaan yang paling banyak dicari di LinkedIn

Digital Marketing Bootcamp – Digitalisasi telah membuka berbagai industri baru untuk digarap dalam dunia bisnis. Selain itu transformasi digital kini semakin cepat seiring masyarakat beradaptasi dengan pandemi Covid-19 memaksa orang untuk melakukan lebih banyak aktivitas di rumah. Karir pemasaran digital adalah salah satu karir yang paling dicari di berbagai industri dengan berbagai metrik dan merupakan salah satu dari 10 karir paling populer di LinkedIn. Karena semua bisnis membutuhkan pemasaran untuk meningkatkan bisnis. Strategi bisnis menggunakan platform digital telah tumbuh secara eksponensial dibandingkan dengan pemasaran tradisional karena perkembangan digital terjadi dengan sangat cepat.

Pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang diterapkan menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan. Perannya sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu UMKM atau usaha. Oleh karena itu para pebisnis biasanya berani berinvestasi untuk mendapatkan digital marketing terbaik. . Pekerjaan pemasaran digital tidak mudah karena banyaknya platform digital dan media sosial yang tersedia. Profesional pemasaran digital perlu tahu cara memilih dan mengoptimalkan saluran yang tepat untuk menjangkau demografi pelanggan yang tepat. Gaji rata-rata tidak mengejutkan. Rp 7-14 juta/bulan berdasarkan data dari pekerjaan Glassdoor. Jumlah ini akan bertambah seiring dengan skill dan pengalaman masing-masing orang dan menurut data RollthePay bisa mencapai Rp 442 juta/bulan di level manager. Anda juga harus memahami bahwa: Apa yang Baru di Media Sosial Algoritma Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO) Topik teknologi seperti strategi periklanan Cara membuat konten bermerek yang unik dan menarik. Mahir beradaptasi dengan perubahan tren dan mempelajari hal-hal baru. Oleh karena itu keterampilan ini sangat penting bagi pemilik bisnis yang membantu UKM mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga
Manfaat Menerapkan Learning Management System

Berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dimiliki pemasar digital berpengalaman untuk menjual dengan lebih baik apa yang perlu diketahui pemilik bisnis. 

 

  1. Pertimbangkan kemampuan untuk menganalisis dan mengekstrak sifat data mentah. Pertimbangkan untuk mengembangkan strategi yang berbeda.
  2. Kemampuan menangkap tren baru yang sedang viral di media sosial dan secara kreatif menerapkannya pada produk yang dijual. Seorang pemasar digital harus dapat mempelajari fitur media sosial baru untuk promosi merek. 
  3. Keterampilan teknis seperti kemampuan menulis copy iklan produk yang baik dapat mendesain grafis atau coding dengan anggaran iklan yang efektif. Sekarang ini banyak sekali peluang dan konten internet bagi yang ingin mendalami dunia digital marketing. yang dapat menerapkan keterampilan ini. Namun karena melibatkan masalah teknis dan detail lebih baik belajar pemasaran digital dengan seorang mentor daripada belajar sendiri. Penting bagi kita untuk belajar langsung dari mereka yang memiliki pengalaman. Dan tidak hanya berdasarkan teori. Salah satu kursus pelatihan strategi digital marketing yang bisa diikuti oleh para pebisnis dan pelaku UMKM dapat ditemukan di ZenPro n Training Services dari Genius Ecosystem. Kursus bertajuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Digital untuk UKM ini dapat diakses secara gratis melalui program Kartu Prakerja dengan mendaftar di website ZenPro dan aplikasi Android. Kursus pelatihan digital yang diusulkan menggunakan metodologi kurikulum yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan nyata dunia kerja.