Cara Menjadi Perencana Keuangan Profesional, Yuk Cobain!

Cara Menjadi Perencana Keuangan

Seorang perencana keuangan yang dipercaya, professional dan mampu memiliki banyak klien harus:

Memiliki sertifikasi profesional, di Indonesia satu-satunya profesi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah Certified Financial Planner, CFP®.

Perencana keuangan juga harus menguasai kemampuan di bidang komunikasi dan menangani manusia (people and communication skills).
Update atau mengikuti perkembangan keuangan, seperti produk, regulasi, strategi investasi dan lain sebagainya.

Memiliki spesialisasi, misal spesialisasi di investasi reksa dana, investasi saham, spesialisasi waris, spesialisasi asuransi, spesialisasi melunasi utang dan lain sebagainya.
Berpengalaman dan patuh dengan kode etik.

 

3 cara untuk mendapatkan sertifikasi perencanaan keuangan CFP

Jadi bagaimana menjadi perencana keuangan? Langkah pertama, Anda harus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang keuangan individu (keuangan pribadi).

 

Ujian # 1
Anda harus menyiapkan tes (tes persiapan), dalam bentuk pelatihan tentang ilmu perencana keuangan. Anda dapat menjalani pelatihan di lembaga yang secara resmi ditunjuk oleh FPSB Indonesia sebagai penyelenggara pelatihan.

 

Ujian # 2
Setelah berhasil menyelesaikan persiapan ujian, Anda hanya dapat mengikuti ujian sertifikasi melalui Dewan Standar Perencanaan Keuangan (FPSB Indonesia). Kalender ujian umumnya ditampilkan di situs web resmi FPSB Indonesia.

 

Ujian # 3
Anda harus memiliki pengalaman di bidang keuangan, seperti menjadi perencana (langkah -langkah sebelum menjadi perencana keuangan), bekerja di sektor perbankan, asuransi, aset manajemen atau sektor keuangan lainnya.

Sumber

Baca Juga
9 Cara Foto Produk Estetik dengan Mudah untuk Pemula