Contoh Kemasan Modern Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Contoh kemasan modern yang selama ini kita gunakan ternyata tidak terbatas pada fungsi utama sebagai alat yang menjaga suatu produk. Lebih daripada itu, kemasan ternyata mempunyai nilai lebih yang dapat berfungsi sebagai alat untuk mendukung branding produk.

Keberadaan kemasan sudah mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Dari sebuah kemasan yang hanya sebagai alat pengaman produk, kini kemasan juga sangat berpengaruh terhadap kredibilitas dan penilaian di mata para konsumen. Beberapa tahun yang lalu, sebuah produk dikemas hanya dalam sebuah  plastik transparan yang kemudian disegel dengan penyegelan yang tradisional. Produk tersebut kemudian hanya dipasarkan ke warung-warung terdekat saja. Padahal, produk tadi mempunyai potensi yang besar untuk dipasarkan di toko yang lebih luas lagi.

Apakah kamu termasuk menjadi salah satu produsen yang menggunakan cara di atas tadi? Jika iya, mungkin kini saatnya kamu beralih pada kemasan modern. Kemasan modern sekarang ini bisa dikatakan sebagai alat yang telah mencakup banyak hal untuk semua kebutuhan sehari-hari. Jenis kemasan modern saat ini sangat banyak ragamnya. Kamu bisa menjumpainya dengan berbagai bahan dan ukuran, salah satunya jenis kemasan plastik fleksibel yang dicetak penuh warna.

 

Dalam berbagai industri, bahan kemasan bisa sangat berpengaruh terhadap banyak hal. Tetapi, tahukah kamu jika bahan plastik yang digunakan kemasan menjadi salah satu bahan yang sangat cocok digunakan di hampir banyak produk. Mulai dari produk bubuk, padat, cair, dari yang bisa dikonsumsi hingga tidak untuk konsumsi oleh pelanggan. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak produk yang memakai plastik kemasan sebagai kemasan modern produknya.

Mengapa kemasan modern?

contoh kemasan modern

Dari tadi kita sudah cukup menyinggung sedikit terkait kemasan modern untuk suatu produk. Tetapi, mengapa harus menggunakan kemasan modern? Apakah jenis kemasan ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk digunakan pengusaha masa kini?

Baca Juga
Ide Bisnis Inovatif yang Dapat Menjadi Sumber Inspirasi

Terkait dengan pertanyaan berikut, sebenarnya terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kemasan modern menjadi pilihan terbaik untuk mengemas produk. Beberapa jawabannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tetapi, jika dilihat secara lebih dalam lagi, persaingan bisnis yang ketat seperti sekarang ini yang menyebabkan produsen harus terus mencari cara agar konsumen bisa mengingat produknya dengan baik.

Sekarang ini telah ada banyak sekali jaringan pemasaran yang dapat digunakan oleh banyak produsen. Mulai dari cara yang tradisional seperti menitipkan produk di toko atau warung terdekat. Atau mungkin juga dengan menawarkan produk kepada kerabat terdekat.

Cara pemasaran produk melalui media daring juga cukup menarik perhatian. Banyaknya marketplace yang bisa digunakan oleh para produsen masa kini juga menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Namun di antara cara pemasaran yang membanjiri para produsen hari ini, tantangan lain juga banyak muncul. Produsen masa kini perlu membuat konsumen yakin, percaya, mengingat, hingga menjadi konsumen yang loyal.

Coba bayangkan saat konsumen masuk ke dalam sebuah marketplace kemudian dia mengetik sebuah kata kunci, misalnya mengetik “siomay ikan.” Secara otomatis semua produk siomay ikan akan muncul,  termasuk produk siomay yang telah kamu jual. Namun, bagaimana caranya agar membuat konsumen melihat produkmu dan tertarik untuk membelinya?

Jika konsumen telah membeli pun tidak menampik jika ada tantangan selanjutnya, yaitu membuat konsumen mudah mengingat produk kamu sebagai siomay ikan yang akan ia beli lagi. Tantangan-tantangan tersebut tadi jauh lebih berat di masa kini karena pesaing kamu telah sangat terlihat  jelas di hadapan mata.

Lantas keberadaan kemasan untuk identitas produkmu itu menjadi suatu hal yang sangat penting. Ketika konsumen mengetik kata kunci “siomay ikan” di suatu marketplace, produkmu yang telah memiliki identitas produk bisa saja mendapat perhatian lebih dari konsumen. Kredibilitas produkmu lantas juga akan meningkat karena kamu memberikan informasi yang jelas pada kemasan, konsumen tidak perlu lagi kesulitan dalam mengingat nama suatu produk. Bahkan identitas produk yang ada pada kemasan bisa menjadi ikon atau ciri khas untuk suatu produk  loh.

Baca Juga
Desain Baju Futsal Online Yang Terjamin Mutunya

Agar lebih lengkap, di bawah ini kami menjelaskan beberapa alasan mengapa kemasan modern bisa membuat branding menjadi lebih efektif.

Kemasan modern menjadi tempat membangun identitas

contoh kemasan modern

Identitas produk dapat dibuat di mana pun. Melalui dari media iklan, sosial media, media massa, hingga di sebuah kemasan produk. Pada sebuah kemasan, kamu dapat membangun identitas yang bisa membuat produkmu dapat dikenali dengan mudah oleh konsumen.

Kamu dapat memberikan tambahan gambar mascot pada kemasanmu, sehingga menjadikannya sebagai identitas kuat yang bisa menjadi sebuah ciri khas pada produkmu. Kemasan modern memungkinkan  untuk melakukan ini semua karena teknik digital printing yang memudahkan untuk mengeksplorasi banyak hal untuk membuat identitas produk yang menarik.

Kamu juga dapat bermain dengan penggunaan warna yang ada pada kemasan untuk membangun identitas produk secara lebih lanjut. Penggunaan warna yang konsisten dalam jangka waktu tertentu dapat membuat konsumen mengingat suatu produk dengan mudah.

Kemasan modern mencakup informasi yang membantu konsumen

Informasi pada kemasan yang membantu konsumen pun menjadi salah satu  cara yang dapat digunakan untuk membangun suatu branding. Hal ini mungkin tidak akan terkait dengan langsung, tapi informasi yang diberikan bisa membantu untuk membangun rasa kepercayaan konsumen.

Hal ini sebaiknya menjadi sebuah perhatian yang lebih untuk produsen. Jangan lupa untuk memberikan informasi dengan jelas tentang komposisi produk, di mana produksi akan dijalankan juga menjadi hal penting. Selain itu, jika produk tersebut berupa makanan, usahakan untuk  memberikan keterangan terkait cara tentang memasak atau mengonsumsi produk.

Informasi pada produk tersebut bisa membuat konsumen mengenali produk  dengan lebih jelas lagi. Hal ini juga akan mengurangi risiko  kesalahan yang mungkin akan terjadi, misalnya jika produk mengandung bahan alergen tertentu, konsumen yang ternyata memiliki alergi tersebut bisa langsung mengetahuinya dengan jelas.

Baca Juga
Produk Olahan dari Tanaman Cengkeh dalam Dunia Industri

Kemasan modern memungkinkan kamu untuk memiliki kemasan limited edition

contoh kemasan modern

Hal yang satu ini mungkin sering kali tidak terpikirkan oleh banyak produsen. Padahal kemasan limited edition dapat membuat produk terlihat lebih menarik dan eksklusif loh. Kamu bisa menggunakan cara ini jika mengeluarkan kemasan edisi terbatas untuk produkmu.

Menggunakan kemasan limited edition untuk produk terbatas memang menjadi salah satu  tren yang sedang populer sekarang ini. Beberapa produk dari brand ternama yang telah mendunia bahkan juga menggunakan cara ini untuk menarik perhatian konsumen mereka. Jika brand kamu telah cukup berkembang, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menarik perhatian konsumen.

Kesimpulan contoh kemasan modern

Banyak kelebihan dan nilai lebih yang dapat kamu manfaatkan dari penggunaan kemasan modern. Jika sekarang ini kamu masih menggunakan kemasan yang konvensional plastik transparan yang ditempel stiker, kini saatnya kamu untuk ganti kemasan lama menjadi kemasan fleksibel full color.

Untuk kamu yang baru saja akan memasuki dunia bisnis, mulai membangun produk yang jelas dengan memakai kemasan modern sejak awal adalah langkah tepat yang harus segera dilakukan. Produk baru mungkin harus mulai memupuk branding lebih daripada produk yang telah berdiri lama, tapi dengan kemasan modern hal tersebut bisa membantumu membangun sebuah branding yang baik.

Selain itu, kemasan modern yang baik akan menjaga produkmu lebih tahan lama. Shelf life pada produk akan terjaga dengan baik bahkan bisa jadi lebih panjang hingga sampai ke tangan konsumen.