Sudah tau kan bahan pembuatan pallet plastic?

pallet plastik CF1111

Sebelumnya kita sudah membahas tentang tipe tipe pallet plastic. Sekarang kita akan membahas bahan apa yang harus disiapkan dalam pembuatan pallet plastic. Sebelum kita membahas pembuatan pallet plastic, kita akan meriview apa sih plastic pallet?

Pallet plastik atau biasa disebut plastic pallet adalah pallet yang terbuat dari bahan plastik dan digunakan sebagai alat dalam proses pengangkutan maupun penyimpanan produk di gudang. Pallet ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dan memiliki desain ergonomis. Sebelumnya awal dari ide pembuatan plastic pallet terjadi karena banyak industry yang membutuhkan tempat penyimpanan dan alat pengangkutan yang mudah digunakan. Oleh karena itu seniman mencoba membuat pallet dari kayu ke pallet yang modern seperti pallet plastik.

Menurut dari pendapat berbagai produksi pallet plastic, metode pembuatan pallet plastic tidak semudah pembuatan pallet kayu atau pallet kertas. Pallet plastik dalam pembuatannya membutuhkan beberapa proses yang perlu dipersiapkan. Pallet plastik era sekarang cukup popular dan dinikmati dikalangan industry atas kepopulerannya pallet plastic sampai menggeser keberadaan pallet lainnya di kalangan sekarang terutama pallet kayu. Harga pallet plastic tergolong harga merakyat kualitas pejabat karena tidak murahan namun tahan lama.

Kita awalnya ragu mengapa pallet plastic bisa anti air, tahan panas, kuat dan tahan lama. Namun memang kenyataannya pallet plastic memiliki keunggulan tersendiri. Pallet plastic ini juga cocok untuk pengiriman makanan dengan mudah. Dengan metode ini kita akan mengetahui pallet dengan metode seperti apa yang layak kita pilih.

Menurut supplier pembuatan pallet plastik, metode yang digunakan akan banyak mengalami perbedaan dengan pembuatan pallet kayu. Mengapa? Karena pallet kayu terbuat dari bahan dasar kayu sedangkan pallet plastik terbuat dari bahan dasar bijih plastic yang dicetak sesuai ukuran menjadi pallet. Pada era sekarang industry percetakan semakin berkembang, mereka mengembangkan system atau metode pembuatan pallet yang lebih modern dan lebih cepat.

Baca Juga
Opsi untuk berinvestasi dengan emas

Info metode pembuatan pallet

High impact inject moulding
Metode ini dilakukan penekanan campuran plastic kedalam sebuah cetakan. Metode ini memiliki kelebihan adanya rangka dan saluran untuk menambah kekuatan pallet dan mengurangi beratnya pallet.
Structural foam injection moulding
Proses ini dilakukan dengan cara plastic panas disuntikkan ke dalam cetakan dengan tekanan yang rendah sehingga ada hasil yang rapi. Sifat dari metode ini fleksibel dengan produk yang tetap stabil dan terbilang sangat kokoh.
Blow moulding 
Metode ini dilakukan dengan ditiupkan pada cetakan agar plastic panas dapat membentuk sesuai cetakan yang disediakan dengan hasil relative rendah sehingga hanya bisa digunakan untuk barang yang ringan.
Vacuum thermoforming
Metode ini dilakukan dengan menggunakan cetakan clamshell yang diisi dengan bijih plastic kemudian cetakan tersebut berputar diatas sumber panas lalu melelehkan plastic tersebut hingga membentuk sebuah pallet. Proses ini cukup susah karena harus melalui beberapa tahap pencetakan. Kelebihan dari metode ini tidak memakan biaya yang besar namun proses pengerjaannya cukup lama dan membutuhkan teknik yang tepat.
Rotational moulding 
Metode ini digunakan dengan cara cukup menarik lembaran plastic kepada cetakan melalui proses vacuum. Kelebihan dari metode ini adalah peralatan yang digunakan lebih murah dibandingkan metode lainnya.
Twin sheet thermoforming
Menurut industry pembuat plastic pallet, metode ini hamper sama dengan proses vacuum, bedanya membutuhkan dua lembar plastic yang dicetak.