Contoh Sambutan Untuk Buka Puasa Bersama

Kegiatan buka puasa bersama merupakan sebuah acara yang sangat penting bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Acara ini biasanya diadakan di masjid, rumah, atau tempat lainnya yang memungkinkan untuk beribadah dan berbagi makanan dengan orang lain.

Untuk mengadakan acara buka puasa bersama, beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Menentukan tempat dan waktu yang tepat untuk mengadakan acara. Pastikan tempat yang dipilih cukup luas dan nyaman bagi semua peserta.
  2. Menyiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk semua peserta. Bisa memilih untuk memasak sendiri atau memesan dari luar.
  3. Mengundang orang-orang yang ingin diundang untuk datang dan berbuka puasa bersama. Bisa mengajak keluarga, tetangga, teman, atau bahkan orang yang membutuhkan.
  4. Menyediakan tempat untuk sholat Maghrib dan tarawih bagi peserta yang ingin melaksanakan ibadah.
  5. Membuat suasana yang nyaman dan penuh kebersamaan selama acara berlangsung.
  6. Mengucapkan salam dan mendoakan agar acara berjalan dengan baik serta semoga mendapat berkah dari Allah SWT.

Semoga acara buka puasa bersama yang diadakan dapat menjadi momen yang menyenangkan dan bermanfaat bagi semua peserta. Selamat berpuasa dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan bagi kita semua. Berikut kami lampirkan contoh sambutan buka bersama untuk Anda yang akan mengadakan kegiatan tersebut.

Contoh Sambutan untuk Buka Puasa Bersama

1. Contoh Pertama

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Mari kita jadikan momen berbuka puasa bersama ini sebagai momentum untuk memperkuat tali silaturahmi dan memperbaiki hubungan dengan sesama umat manusia.

Saya merasa sangat bersyukur dan terhormat bisa hadir di sini untuk berbuka puasa bersama. Acara buka puasa bersama ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi kita umat muslim, karena selain dapat mempererat hubungan antara sesama muslim, juga dapat memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Baca Juga
Penggunaan Arang Briket

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berjuang keras untuk menyiapkan acara ini, serta kepada semua undangan yang telah hadir di sini malam ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan berkah kepada kita semua.

Sekali lagi, mari kita nikmati hidangan yang telah disediakan dan menjalin tali silaturahmi dengan sesama. Saya berharap semoga acara buka puasa bersama ini dapat menjadi momentum yang baik bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup sebagai hamba Allah SWT.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

2. Contoh Kedua

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin assholatu wassalamu ‘ala asyrofil ambiya’i wal mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in ‘amma ba’du.

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat Allah Swt. atas limpahan nikmat, rahmat, serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian.

Terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal’afiat serta nikmat panjang usia sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini untuk mengadakan pertemuan, menjalin silaturahmi, dan mobilisasi ibadah buka puasa bersama.

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia dan juga warga semua agar ajang rutin tahunan kita, buka puasa bersama, bisa kembali terselenggara dengan amat baik. Semoga kita bisa tetap berkumpul dan kembali mengadakan pertemuan yang serupa di masa-masa yang akan datang dan semoga ajang silaturahmi kita kali ini memberikan berkah untuk kita semua.

Mengingat bulan Ramadan adalah bulan yang penuh akan keberkahan dan pahala, maka semoga pertemuan kita pada hari ini bisa menaikkan pahala dan keberkahan yang kita bisa di bulan suci Ramadan. Tentunya kita semua mengerti betul bahwa perintah puasa wajib bagi semua umat Islam yang sudah baligh. Hal ini sesuai dengan apa yang tertera didalam firman Allah QS. Al Baqarah ayat 183:

Baca Juga
Cara Merawat Kambing Agar Cepat Besar

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas Anda berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar Anda bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Melihat perintah ini tentunya sebagai umat Islam dengan penuh kesadaran tinggi dan hanya berharap Rida Allah semata. Puasa sendiri punya makna menahan diri dari segala hal-hal yang sanggup membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai nanti disaat matahari terbenam. Hal ini sesuai dengan firman Allah di QS Al Baqarah ayat 187:

“Dan makan minumlah sampai terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. sesudah itu sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.”

Hadirin muslimin dan muslimat yang senantiasa dirahmati oleh Allah Swt. Saya kira kurang bijaksana rasanya jika saya lebih memperpanjang lagi sambutan yang saya sampaikan ini. Bila terdapat banyak kesalahan didalam sambutan ini saya mohon maaf. Dan tak lupa juga saya mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat melaksanakan ibadah puasa.

Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.