Fungsi Geotextile Non Woven Sebagai Filtrasi dan Protector

Geotextile non woven ini sekilas bentuknya seperti karpet karena itu banyak juga yang menyebut dengan istilah karpet tanah fungsi utamanya sebagai separator yang memisahkan antara tanah urugan dengan tanah lunak dibawahnya dan sekaligus sebagai filtrasi yang mana dapat mengalirkan air bawah tanah sekaligus mencegah partikel tanah urugan terbawa aliran air dan tercampur dengan tanah lunak yang dapat menimbulkan penurunan tanah.

Filtrasi Sistem Drainase Bawah Tanah.

Dalam kasus lain Geotextile non woven juga digunakan membungkus pipa perofrated pada sistem drainase bawah tanah seperti yang diaplikasikan pada lapangan sepak bola. Fungsinya air yang meresap dari atas lapangan dan melewati sisi pipa akan terserap kedalam pipa tanpa membawa partikel tanah atau pasir lalu air akan disalurkan ke sistem drainase dengan lebih cepat sehingga tidak terjadi genangan dibagian atas lapangan.

Protector Geomembrane

 

Geomembrane HDPE merupakan material geosintetik kedap air yang biasa digunakan sebagai lapisan pada kolam limbah, tambak, kolam penampungan air, dan tempat pembuangan akhir (TPA). Syarat untuk memasang Geomembrane, permukaan tanah harus rata dan tidak ada prtikel tanah atau kerikil yang tajam, karena dapat menyebabkan geomembrane menjadi sobek.

Namun adakalanya kondisi dilapangan tidak memungkinkan untuk menghilangkan partikel tanah atau kerikil tajam secara 100% sehingga untuk mengatasi hal ini digunakan Geotextile non woven sebagai protector dari Geomembrane. Geotekstil digelar terlebih dahulu diatas permukaan tanah baru stelahnya digelar geomembrane diatasnya sehingga material geomembrane tidak aman dari partikel tanah atau kerikil yang tajam.

Aplikasi Geotextile Non Woven

Aplikasi Geotextile non woven ini sangat luas tidak terbatas pada hal yang sudah dijelaskan, bisa juga digunakan sebagai curing beton, bahkan tidak sedikit yang menggunakan sebagai bahan pembuatan vertical garden. Bahkan sumur resapan yang digaungkan sebegai salah satu cara untuk mencegah terjadinya banjir juga menggunakan Geotekstil non woven sebagai salah satu materialnya. Demikian sekilas mengenai Fungsi dari Geotextile non Woven.

Baca Juga
Cara Cuci Karpet Masjid Agar Selalu Wangi dan Suci Dipakai Sholat