INDAHNYA BERWISATA KE GUNUNG BROMO

Gunung bromo adalah salah satu gunung dari kota Malang yang terhampar di kawasan Pegunungan Tengger, berdiri diarea Kaldera berdiameter kurang lebih 8-10 km yang dinding kalderanya mengelilingi laut pasir sangat terjal dengan kemiringan kurang lebih 60-80 derajat dan tinggi kurang lebih antara 200-600 meter. Daya tarik Gunung Bromo yang sangat istimewa adalah kawah di tengah kawah dengan lautan pasirnya yang membentang sangat luas dan dikekeliling kawah Bromo yang sampai saat ini masih terlihat mengelurkan asap putih setiap saat, yang memberi tanda bahwa gunung ini masih aktif.

Menurut sejarah terbentuknya Gunung Bromo dan lautan pasir berawal dari dua gunung yang saling berimpitan. Gunung Tengger yang tinggi nya 4000 mdpl yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi pada saat itu. Lalu terjadi letusan kecil, materi vulkanik terlempar ke tenggara sehingga membentuk lembah yang sangat besar dan dalam hingga sampai ke desa sapi kerep. Letusan dahsyat itu kemudian menciptakan kaldera dengan diameter lebih dari delapan kilometer.

Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik letusan ada yang tertumpuk di dalam dan sekarang menjadi lautan pasir dan katanya dulu kala pernah terisi oleh air dan kemudian aktivitas selanjutnya adalah munculnya lorong magma ditengah kaldera sehingga muncul gunung – gunung baru seperti Lautan pasir, Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek jasa kurir surabaya malang.

 

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Bila anda ingin berkunjung ke gunung bromo ini, hanya membayar sekitar Rp 29.000 untuk hari biasa dan Rp 34.000 untuk hari libur, Jika turis atau bukan warga local membayar sekitar Rp 220.000 untuk hari biasa dan Rp 320.000 untuk hari libur.

Baca Juga
Asphalt Game BGM Yang Buat Game Makin Menantang

Anda tidak akan merasa rugi ketika berwisata ke gunung bromo ini. Karena sudah terdapat fasilitas yang lengkap seperti toilet, mushola dan sebagainya. Pengunjung juga dapat melakukan aktifitas yang seru seperti menunggang kuda.

 

Hal-Hal Yang Bisa Di Lakukan di Gunung Bromo

1. Melihat Matahari Terbit

Salah satu keindahan yang paling menarik di atas Gunung Bromo. Lautan awan yang menutup langit secara perlahan – lahan oleh bola putih kekuning – kuningan dari sinar matahari. Cahaya merah merona dari ufuk timur. Perlahan – lahan timbulah temberang yang kian membesar sehingga membentuk setengah lingkaran sang surya yang merah menyala, berangsur – angsur warnanya akan berubah menjadi keemasan.

2. Menikmati Jejeran Pegununggan

Pengunjung bisa berjalan-jalan melihat lihat jejeran gunung di area gunung bromo ini. Ada salah satu bukit yang terkenal di gunung bromo ini yaitu bukit teletubies. Penggunjung juga bisa melihat seperti gunung kursi, gunung batok,gunung widodaren, dan banyak gunung lainya.

3. Menunggangi Kuda

Di gunung bromo banyak sekali orang yang menyewa kan kuda untuk para pengujung. Harga nya sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Anda bisa berkeliling lautan pasir bromo dengan menunggangi kuda. Anda juga bisa foto dengan menunggangi kuda yang keren.

4. Upacara Kasada

Pada tanggal 14 dan 15 bulan ke duabelas atau bulan Desember/Januaari di gunung bromo diadakan upacara Kasada. Dalam upacara ini yang dikorbankan adalah sebagian hasil sawah, ladang dan ternak masyarakat dengan cara melemparkannya ke dalam kawah Gunung Bromo sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain Upacara Kasodo juga di kenal sebagai Upacara Karo Dan Ayak-ayak.

Mungkin segini saja cerita dari pengalaman saya berkunjung ke Gunung Bromo, pasti anda tidak akan menyesal jika pergi ke gunung bromo. Selamat berlibur dan terima kasih. Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek ekspedisi surabaya malang.

Baca Juga
Keindahan Jembatan Penghubung Surabaya dan Madura