Jenis-Jenis Percetakan Buku di Indonesia

Tiap percetakan umumnya mempunyai spesialisasi yang berbeda. Ada percetakan yang fokus di buku modul, ada pula yang fokus di jenis percetakan buku fiksi ataupun non-fiksi. Jika Anda memiliki keinginan mencetak buku, simak jenis-jenis percetakan buku yang wajib diketahui terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Percetakan Buku di Indonesia

Ada banyak jenis percetakan buku yang bisa kalian temui. Tentunya untuk menggunakannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Supaya lebih mudah dalam menentukan pilihan, pahami jenisnya lewat informasi percetakan buku di bawah ini:

  1. Percetakan Buku Fiksi

Percetakan buku fiksi ini fokus mencetak buku-buku fiksi. Novel menjadi karya tulis paling besar yang dikerjakan jenis percetakan ini. Walaupun buku yang dicetak adalah karya fiksi, standar untuk layanan cetak buku fiksi ini terbilang tinggi, bahkan standar jenis sampul sampai kertas harus selalu dijaga.

  1. Percetakan Proceeding

Percetakan proceeding atau prosiding mempunyai spesialisasi di paper akademis. Buku yang dicetak ini lebih spesifik di paper yang sudah dipublikasikan pada acara seminar akademis.

Walau dikenal percetakan buku proceeding, buku yang dicetak tak terbatas di prosiding saja. Buku ajar, buku modul bahkan buku praktikum juga menjadi bagian dari jasa percetakan buku ini.

  1. Percetakan Buku Non-Fiksi

Jenis percetakan buku non-fiksi ini umumnya mendapatkan banyak pesanan dan kerja sama dengan penerbit buku akademi. Hal ini dikarenakan pasar percetakan buku non-fiksi umumnya datang dari golongan akademisi.

Pihak yang paling sering mencetak buku non fisik adalah dosen dan profesor. Banyak dosen sampai profesor yang rutin menghasilkan buah karya non-fiksi. Buku non-fiksi ini menjadi salah satu media bagi para peneliti dalam berbagi temuan ataupun buah pemikiran.

  1. Buku Booklet

Dalam mendorong strategi pemasaran yang diterapkan, tak jarang perusahaan sampai memesan booklet dalam jumlah yang besar. Booklet yakni buku kecil yang hanya berisikan beberapa halaman dengan jumlah halamannya yang sangat terbatas.

Baca Juga
Poles Lantai Marmer Terbaik

Umumnya, buku booklet ini digunakan dalam menyampaikan rincian produk atau jasa dari suatu perusahaan.

Itulah tadi beberapa informasi tentang jenis-jenis percetakan buku yang bisa Anda ketahui. Pastikan jangan sampai salah memilih jenis percetakan buku yang akan Anda gunakan ke depannya. Gunakan percetakan buku yang menawarkan berbagai kebutuhan di dunia bisnis percetakan.