Yuk Mengenal Komunitas Hipertensi Pulmonal Indonesia!

Saat ini hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sebaiknya para masyarakat pengidap hipertensi bergabung dengan Komunitas Hipertensi Pulmonal untuk mendapatkan treatment terbaik dalam penanganan kasus hipertensi.

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi merupakan istilah untuk menyebut penyakit tekanan darah tinggi. Ini merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang lebih tinggi dari batas normal. Hipertensi menjadi pintu gerbang dari kemunculan berbagai macam komplikasi penyakit berbahaya.

Misalnya, stroke, jantung hingga penyakit berat lainnya yang bisa memicu kematian. Tingginya tekanan darah yang dialami oleh seseorang biasanya bergantung dengan resistensi yang berasal dari pembuluh darah serta intensitas kerja jantung.

Penyakit hipertenti tentu tidak boleh dianggap enteng. Butuh penanganan yang tepat agar penyakit ini tidak menimbulkan risiko yang berat. Oleh karena itu, cobalah untuk mendapatkan penanganan terbaik seperti bergabung dengan komunitas khusus hipertensi.

Macam-Macam Penyebab Hipertensi

Jika Anda merupakan salah satu dari penderita hipertensi, tentu perlu mendapatkan treatment yang tepat. Salah satunya adalah dengan bergabung ke Komunitas Hipertensi Pulmonal. Namun, hal lain yang tidak kalah penting adalah mengetahui apa saja penyebab kemunculan penyakit hipertensi.

1.    Hipertensi Primer

Hipertensi primer merupakan penyakit hipertensi yang memiliki kecenderungan untuk berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun lamanya. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, maka penyakit ini bisa menyebabkan risiko yang parah.

Penyakit hipertensi primer seringkali tidak teridentifikasi kemunculannya. Namun, kebanyakan penderita hipertensi primer diderita oleh orang-orang yang menginjak usia paruh baya atau sekitar mulai tahun 40an. Tidak jarang pula hipertensi primer terjadi karena faktor genetik.

2.    Hipertensi Sekunder  

Selain hipertensi primer, ternyata juga ada hipertensi sekunder. Jenis penyakit hipertensi ini dapat terjadi karena kondisi medis tertentu. Salah satu penyakit yang sangat erat kaitannya dengan penyakit hipertensi sekunder adalah penyakit ginjal.

Baca Juga
Pengobatan yang Biasanya Diberikan pada Penderita Lupus

Di samping itu, juga terdapat beberapa kondisi yang bisa menjadi pemicu kemunculan penyakit hipertensi sekunder, diantaranya:

  • Permasalahan atau gangguan tertentu pada kelenjar adrenalin.
  • Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif.
  • Kelenjar tiroid yang berfungsi abnormal.
  • Adanya sindrom Conn.
  • Adanya sindrom Cushing.
  • Kemunculan tumor kelenjar adrenalin.

Agar mendapatkan penanganan yang tepat terkait penyakit hipertensi, maka kamu bisa langsung bergabung ke Komunitas Hipertensi Pulmonal dengan link https://www.hipertensiparu.org/. Disini ada banyak informasi terkait penanganan dan pengobatan yang tepat untuk penyakit hipertensi.