5 Khasiat dan Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

“Tape singkong tidak hanya nikmat, tapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, makanan fermentasi ini juga bisa menimbulkan efek samping sehingga konsumsilah secukupnya, jangan berlebihan.”

Tak heran jika tape singkong menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia. Sebab, makanan yang satu ini memiliki rasa manis yang unik dan juga khas. Rasa ini tentu tidak bisa Anda temukan pada makanan yang lain, serta teksturnya yang juga lembut.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, tape singkong juga sering diolah menjadi minuman segar dengan cara menyampurkan tape dengan sirup dan juga es. Tidak hanya nikmat, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi tape singkong ini lho, yuk simak penjelasannya di sini.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Singkong sendiri adalah umbi-umbian yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan sehat tersebut kaya akan vitamin C. Vitamin penting yang bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendukung produksi kolagen dan juga meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel.

Selain itu, singkong juga mengandung banyak tembaga yang merupakan mineral penting untuk produksi energi, metabolisme zat besi, dan masih banyak lagi. Nah, ketika diolah melalui proses fermentasi, hal itu juga dapat menambah manfaat singkong ini sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat tape singkong untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan #1 Menghangatkan Tubuh

Manfaat tape singkong sangat baik untuk menghangatkan tubuh, saat cuaca sedang dingin, Anda bisa memilih makanan ringan tersebut untuk Anda konsumsi. Hal itu karena kandungan alcohol yang rendah dalam tape singkong mampu menghangatkan suhu tubuh.

Selain itu, makanan ini juga baik dikonsumsi ketika Anda sedang demam ringan dan merasa sangat lemas. Hal itu terjadi karena tape singkong bisa menghangatkan darah. Tape singkong juga mampu merangsang kulit untuk menjadi lebih hangat.

Baca Juga
Cara Pengolahan Buah Pinang

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan #2 Memberikan Energi

Tape adalah makanan yang berbahan dasar singkong dan ketan. Makanan tersebut mengandung karbo yang tinggi. Mengonsumsi tape singkong sama seperti ketika Anda mengonsumsi nasi atau karbohidrat lainnya. Karbohidrat akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat juga membantu memcah protein untuk memberi makan sel. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih bugar, sehat dan kuat sepanjang hari.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan #3 Meningkatkan Fungsi Seksual

Di beberapa daerah di Indonesia, tape singkong dikonsumsi sebagai makanan yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi gairah seksual. Bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah dalam fungsi seksual, mungkin tape singkong ini bisa bekerja jauh lebih efektif dari obat kimia. Makanan olahan singkong ini mengandung banyak karbohidrat dan protein. Karbohidrat dan protein ini adalah sumber energi untuk merangsang fungsi seksual secara perlahan tapi pasti.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan #4 Mengobati Jerawat

Siapa yang menyangka bahwa tape singkong ini bisa menjadi makanan yang efektif untuk menyembuhkan jerawat. Tape singkong bisa membantu tubuh untuk menetralisir racun yang menumpuk di pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbar oleh racun dan kotoran akan menyebabkan jerawat. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat tape singkong yang satu ini, cobalah untuk mengganti camilan gorengan Anda dengan tape singkong.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan #5 Sumber Probiotik

Manfaat tape singkong yang lainnya yang juga tak kalah penting adalah sebagai sumber probiotik. Proses fermentasi ini melibatkan berbagai mikroorganisme yang ternyata merupakan proses yang sangat baik untuk menghasilkan sari probiotik.

Kandungan air di dalam singkong dan ketan mampu menjadi saripati yang kuat untuk mengalahkan bakteri dan virus yang berada pada system pencernaan. Selain itu, tape juga sangat ampuh untuk meningkatkan kekbalan tubuh.

Baca Juga
SADAR PENGARUH POSITIF DAN NEGATIF dari PASIFIER

Nah itu tadi beberapa manfaat tape, singkong juga bisa diolah menjadi keripik singkong. Bagi Anda yang ingin menekuni usaha keripik singkong, Anda bisa menggunakan mesin keripik singkong agar memudahkan dan mempercepat proses produksi usaha Anda.

Perlu diingat, meskipun tape singkong memiliki banyak manfaat, namun Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi tape singkon agar tidak lebih dari 50 gram dalam sehari. Sebab, makanan fermentasi ini bisa menimbulkan efek samping bisal dikonsumsi terlalu banyak.