Kegunaan Kunyit dan Santan, Bisa Untuk Detox!

Kegunaan kunyit dan santan – Kelapa merupakan buah yang memiliki banyak kegunaan. Terutama pada daging kelapa memiliki banyak manfaat serta kegunaan yang bisa kita dapatkan. Kelapa ini tentunya berkaitan erat dengan cairan berwarna putih susu yang biasa kita sebut santan.

Sama dengan kelapa santan ini memiliki manfaat serta kegunaan yang banyak. Santan ini berasal dari perasan daging kelapa yang sudah diparut. Kelapa yang sudah diparut ini nantinya diperas dan diambil sarinya.

Tekstur dari santan ini bisanya kental dan rasanya gurih dengan aroma khasnya. Santan ini biasa dijadikan sebagai bahan olahan makanan ataupun minuman.

Tetapi jika dipadukan dengan bahan lain apa sih kegunaan santan ini. Pada artikel ini akan kita bahas tentang kegunaan santan ini dengan bahan masakan lain yaitu kunyit. Apa saja kegunaan dari kedua bahan masakan ini jika dicampur.

Sebelum membahas lebih lanjut kalain bisa mengunjungi Kegunaan Santan Untuk Wajah, Bisa Melembabkan! Di sana akan dijelaskan tentang apa saja kegunaan santan sendiri tanpa dicampur dengan bahan masakan lain.

Santan dan kunyit jika dipadukan tentunya akan mengahasilkan sesuatu yang jelas bermanfaat untuk tubuh. Selanjutnya akan dibahas kegunaan kunyi dan santan menurut dr. Zaidul Akbar.

Kegunaan Kunyit dan Santan

Kegunaan Kunyit dan Santan untuk Pembersih Organ

Perpaduan kunyit dan santan ini akan menghasilkan minuman herbal yang sangat menyehatkan tubuh.  Menurut dr. Zaidul Akbar perpaduan antara kunyit dan santan akan menghasilkan dua ramuan yang menyehatkan jantung, ginjal, paru-paru, lambung, usus, hingga saluran pencernaan lainnya juga berperan sebagai detox untuk tubuh dan berkerja saat malah ketika tidur.

Perpaduan ini dinamakan sebagai ramuan pembersih organ tubuh. Akan ada dua ramuan untuk membersihkan organ tubuh. Kedua ramuan tersebut sangat mudah untuk dibuat.

Baca Juga
Jasa Sedot Wc dan Perbaikan Saluran Tersumbat

Untuk ramuan yang pertama kalian bisa menyiapkan kunyit, jahe, serai, jeruk nipis, serta madu atau kurma. Cara membuatnya pertama yang kalian perlu lakukan adalah menyiapkan potongan kunyit, jahe, serta batang serai yang telah dibersihkan, lalu rendam semuanya dengan air panas.

Selanjutnya kalian bisa tunggu hingga bahan-bahan yang direndam dengan air panas di atas mengeluarkan aroma, setelah itu kalian bisa menambahkan dengan perasan jeruk nipis. Kemudian tambahkan dengan masu atau bisa menggunkan kurma yang diblender.

Bahan yang terkandung dalam ramuan di atas memiliki banyak manfaat keempat bahan di atas mengandung enzim, vitamin serta efek antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

Selanjutnya, resep ramuan pembersih organ atau detox yang kedua. Ramuan kedua ini disebut tidak kalah bermanfaatnya dari yang pertama. Yang perlu kalain persiapkan adalah daging kelapa tua, kunyi, jahe, serta kurma.

Pertama yang harus dilakukan adalah daging kelapa tua diparut kemudian hasil parutan daging kelapa tua tadi peras diambil sarinya. Setelah dihasilkan santan kemudain campurkan kurma kunyit serta jahe secukupnya dengan blender. Buat dengan takaran 200 ml atau setara dengan satu gelas belimbing normal.

Untuk santan sendiri kalian harus menggunakan santan yang murni bukan santan instan kemasan. Juga santan yang digunakan pada ramuan ini tidak perlu memalui proses perebusan terlebih dahulu.

Jika kedua ramuan di atas dikonsumsi secara bergantian akan mendapatkan perubahan pada kondisi tubuh. Tubuh akan lebih bugar dan sehat.

Kegunaan Kunyit dan Santan Untuk Yang Susah Tidur

Perpaduan antara kunyit dan santan ini juga bergunauntuk kalian yang pengidap insomnia atau susah tidur. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam santan dapat membuat hati kalian lebih tenang serta membuat kalian tidur lebih nyenyak. Sedang pada kunyit terkandung antioksidan yang sangat baik untuk membantu tubuh seseorang lebih rileks serta nyaman saat tidur.

Baca Juga
Lima Produk Sensatia Botanicals

Cara membuar ramuan untuk kalian yang susah tidur ini sangat mudah. Pertama kalian siapkan satu gelas santan kelapa murni dan segar, 1 sdm kunyit yang sudah dihancurkan, serta 3 sdm madu murni. Lalu campurkan semua bahan tersebut kemudian rebus campuran dari ketiga bahan tersebut.

Rebus dengan api kecil hingga mendidih, aduk perlahan agar santan tidak menggumpal. Jika sudah mendidih saring ramuan dan minum selagi masih hangat.

Baca Juga : Mesin Parut Kelapa Jumbo Kapasitas Besar!

Tidak hanya membantu kalian yang susah tidur juga dapat menyehatkan tubuh kalain. Itulah tadi penjelasan tentang kegunaan kunyit dan santan semoga bermanfaat dan terimakasih!