Resep Cara Membuat Bubuk Kopi Pinang Paling Dicari

Cara membuat bubuk kopi pinang sangat sederhana. Buah pinang sering digunakan dalam tradisi menyirih oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Sementara itu, buah pinang bisa juga diolah menjadi jus, kopi, jamu, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Untuk di jadikan bubuk kopi buah pinang harus di belah dulu, karena biji dari buah pinang lah yang di manfaatkan untuk di buat menjadi bubuk kopi.

Untuk membelah buah pinang bisa dengan cara manual atau bisa juga dengan alat mesin pembelah pinang. Yang lebih cepat dan mudah dalam proses pengupasan buah pinang.

Buah pinang atau biji pinang adalah tanaman yang tergolong ke dalam jenis palem-paleman. Buah ini telah sejak dulu dikenal sebagai buah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan di percaya mampu menambah stamina pria saat berhubungan.

Sejarah Buah Pinang

Hapus term: cara membuat bubuk kopi pinang cara membuat bubuk kopi pinang

Buah pinang mempunyai sejarah yang panjang di negara Asia Selatan dan Tenggara dan juga di Pasifik. Di Guam bersama dengan pulau-pulau Pasifik lainnya, penggunaan buah pinang diketahui sejak 2.000 tahun lalu. Organisasi Kesehatan Dunia atau (WHO) memperkirakan bahwa sekitar 600 juta orang sudah menggunakan buah pinang untuk psikoaktif (terutama karena sifat obat).

Pohon pinang dibudidayakan di daerah negara Jepang, Cina, India, Sri Lanka, Bangladesh, Filipina, Afrika, dan Hindia Timur. Di Indonesia, buah pinang dikenal juga dengan nama jambe ( sunda ), pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.) dan sebutan nama lainnya.

Tanaman pinang mempunyai banyak manfaat dan secara umum dikenal sebagai tanaman yang berguna untuk obat. Pemanfaatannya selain untuk diekspor ke negara China dan negara Asia Selatan lainnya, di daerah Sumatera serta daerah Kalimantan sering dimanfaatkan sebagaai bahan acara upacara seperti ramuan sirih pinang untuk upacara adat. Tak hanya itu, pemanfaatan buah pinang juga telah lama digunakan secara tradisional untuk dijadikan sebagai obat vitalitas pria dewasa dan penambah stamina.

Baca Juga
Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mudah Mengatasinya

Cara Membuat Bubuk Kopi Pinang

 

  • Pertama ambil buah pinang yang sudah cukup muda.
  • Kemudian cuci bersih buah pinang dan potong buah pinang untuk di ambil bijinya.
  • Setelah itu, jemur biji buah pinang sampai kadar air nya berkurang atau sampai kering.
  • Setelah di jemur, proses pembuatan bubuk kopi, giling biji kopi dengan mesin giling kopi dan bubuk kopi pinang sudah siap untuk di jadikan minuman

Resep Kopi Pinang

Bahan – Bahan :

  • 2 sdm madu asli
  • 1 butir telur bebek atau telur ayam
  • 1 sdt kopi buah pinang

Cara Membuat Kopi Pinang :

  1. Buah pinang muda dibakar sampai hangus lalu tumbuk menjadi kopi, atau kopi murni asli tanpa campuran.
  2. Masukan 1 sdt teh bubuk kopi dari buah pinang muda ke dalam cangkir, lalu larutkan dengan air hangat agar tidak menggumpal.
  3. Setelah itu, masukan 1 butir telur bebek kedalam campuran kopi.
  4. Kemudian, masukan 2 sdm madu murni asli.
  5. Kopi pinang siap di minum.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Tubuh

 

Selain dapat di jadikan sebagai bahan bubuk kopi, buah pinang juga mempunyai manfaat yang sangat beragam untuk menghilangkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh anda. Meski mempuyai ukuran yang kecil, buah pinang menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah pinang adalah sebagai berikut!.

1. Menambah Stamina

Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang tersebut bermanfaat untuk menambah energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pinang juga disebut dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata, seperti glaukoma.

 

Baca Juga
Kopi Arabika Gayo

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan zat tannin dan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini menjadikan buah pinang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

 

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Buah pinang diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini berkat kandungan zat antibakteri dalam buah pinang yang dapat membunuh bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi.

Buah ini pun digunakan secara tradisional untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

4. Mencegah Anemia

Buah pinang juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah pinang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia.

Selain mengonsumsi buah pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

5. Melancarkan Pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, buah pinang kerap digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing, di dalam saluran cerna. Buah pinang juga dapat merangsang pergerakan usus dan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai buah pinang dan pemanfaatannya yang bermanfaat bagi kesehatan anda. Dengan mengkonsumsi olahan dari buah pinang setiap hari anda dapat merasakan khasiat dari buah pinang secara maksimal. Buah ini juga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan gairah para pria saat dalam berhubungan.