Kenali Lebih Dekat Institusi Teknologi Dirgantara Adisutjipto

ITDA atau Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang hadir dengan nuansa kedirgantaraan di Yogyakarta. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini hadir diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (YASAU).

Tentang Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto pada awalnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). Sekolah ini berdiri atas Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 124 /D/O/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Namun Pada 18 Februari 2021 lalu sekolah ini pun berganti nama dengan Institut Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (ITDA). Pencetus berdirinya sekolah tinggi ini adalah Mantan Kasau Marsekal TNI (Purn) Hanafie Asnan yang kemudian direalisasikan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (Yasau).

Proses Pendidikan di ITDA

ITDA mempunyai 5 jurusan pendidikan yang terdiri dari Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Penerbangan Teknik Industri, serta Teknik Informatika. Kegiatan ITDA hadir dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi . Ini meliputi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat.

Pengelolaan proses pendidikan di ITDA terdiri dari berbagai macam aktivitas pembelajaran. Mulai dari perencanaan program, penyiapan mahasiswa, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, pemantauan, evaluasi proses belajar mengajar hingga pengolahan data. Dalam menjalankannya melibatkan banyak unsur maupun unit dalam sistem organisasi di ITDA.

Dengan banyaknya kegiatan tersebut, maka perlu diadakannya pembagian tugas serta wewenang, dan tata kerja dalam sistem pengelolaan proses belajar mengajar yang perlu dipahami, disepakati serta dipatuhi bersama.

Tujuan, Visi dan Misi  ITDA

Adapun tujuan yang akan dicapai ITDA antara lain:

  • Tercapainya Pendidikan Tinggi Berkualitas di beberapa bidang yakni Teknologi, Sains, serta Kedirgantaraan
  • Mewujudkan peran perguruan tinggi, dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan
  • Melaksanakan penelitian yang inovatif serta aplikatif pada bedang sains, teknolog serta kedirgantaraan
  • Mewujudkan praktik tata kelola perguruan tinggi yang lebih efisien, efektif, akuntabel serta terintegrasi.
Baca Juga
Strategi SEO Off Page yang Sukses

Sedangkan visi dan misi dari Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto antara lain menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dalam mengembangkan sains, teknologi kedirgantaraan juga mampu bersaing di Asia Tenggara. Selanjutnya mampu menjalankan pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan sains, teknologi serta kedirgantaraan yang mampu bersaing di Asia Tenggara.