Mau Webinar Anda Sukses? Ikuti 10 Tips Ini!

Webinar ialah workshop, pidato, atau presentasi yang diselenggarakan melewati media daring. Padahal seringkali berkaitan dengan bisnis, sesi webinar bisa digunakan untuk berbagi berjenis-jenis ragam pengetahuan dan inspirasi dengan orang-orang dari berjenis-jenis penjuru dunia. Webinar juga bisa dimanfaatkan untuk membangun dan membina relasi dengan pelanggan, membangun otoritas brand, atau mempersembahkan suatu produk. Webinar juga bisa menolong perusahaan dalam membangun kredibilitas serta kepercayaan di antara audiens dan pelanggan yang ada.

Perusahaan memakai webinar untuk berjenis-jenis ragam tujuan. Webinar bisa digunakan untuk mempersembahkan produk baru, meningkatkan brand awareness, mengajar publik dengan informasi yang insightful, unik, dan menarik, atau melibatkan publik termasuk pelanggan dan calon pelanggan yang bisa menciptakan prospek baru bagi perusahaan.

Kenali audiens

Lakukan riset terutama dulu untuk mencari tahu lebih banyak seputar audiens termasuk keinginan, persoalan yang dihadapi, dan preferensi mereka. “Put your head into customer’s shoes”! Tanyakan kepada audiens apa saja yang bisa dilakukan untuk menolong menuntaskan persoalan mereka melewati webinar.

Pilih topik, waktu, dan platform yang pas.

Pertama, pilih topik yang bisa menarik banyak audiens. Kedua, rencanakan dan putuskan waktu yang paling pas untuk menjalankan webinar. Memilih hari dan waktu yang pas bisa menjadi unsur penting dalam mendapatkan lebih banyak audiens. Untuk mendapatkan waktu terbaik, Anda wajib bereksperimen dengan hari dan waktu yang berbeda, membandingi tingkat peserta, tingkat konversi, dan menjadwalkan waktu Anda yang pantas. Poin ketiga ialah memilih platform webinar yang Anda sukai. Model platform yang bisa digunakan meliputi GoToWebinar, Zoom, Webex, dan lainnya.

Membikin landing page yang informatif.

Buatlah landing page yang menunjukan informasi penting seputar webinar. Landing page hal yang demikian wajib menciptakan urgensi dengan call-to-action (CTA) seperti \\\”Pesan Bangku Anda Sekarang\\\”. Hindari menambahkan terlalu banyak informasi pada landing page, dan tunjukan informasi penting seperti topik webinar, profil narasumber, tanggal dan waktu, dan manfaat atau pembelajaran utama dalam webinar.

Baca Juga
Menjadi Mahir dengan Kursus Bahasa Mandarin Jakarta

Publikasikan di seluruh channel

Publikasikan webinar anda di seluruh media sosial. Pilih tagar (hashtag) untuk webinar dan publikasikan di manapun, perbarui gambar atau poster webinar, upload pada berjenis-jenis ragam grup namun tetap menghindari spam. Jangan lupa untuk publikasikan webinar di berjenis-jenis forum atau komunitas online. Berikutnya, sekiranya mempunyai anggaran, karenanya bisa memilih iklan berbayar melewati Google Adwords, Facebook Ads, atau Linkedin Ads.

Buatlah tampilan presentasi semenarik mungkin

Tampilan presentasi memainkan peran penting dalam webinar, slide presentasi menampilkan informasi penting kepada audiens dan juga membuat kesan yang bagus melewati estetikanya. Isu yang wajib ada di tampilan presentasi antara lain ialah rencana, profil singkat pembicara, \\\”persoalan\\\” atau topik pembahasan, metode menangani \\\”persoalan\\\”, data penunjang, saran atau langkah berikutnya, dan solusi yang ditawarkan.

Kirim surel pengingat kepada peserta webinar

Mengirim surel pengingat tak cuma akan mengingatkan peserta seputar tanggal dan waktu webinar, namun juga menjaga konsistensi nilai atau manfaat webinar yang ditawarkan pada dikala pendaftaran. Kirim pengingat dua minggu dan satu minggu sebelum webinar diawali. Sebutkan manfaat apa saja yang akan didapat setelah menghadiri webinar.

Latihan sebelum webinar

Regu penyelenggara webinar wajib berlatih secara teknis kepada pengaplikasian platform webinar yang akan digunakan. Regu wajib memastikan metode beralih antara slide dan screen sharing, metode mute atau unmute peserta, metode mengakses pertanyaan atau komentar, dan metode menjalankan instant polls. Biasakan pengaplikasian platform webinar yang telah dipilih dan sesuaikan pengendalian default dengan keperluan.

Mengelola partisipasi audiens

Unsur penting lainnya ialah bagaimana menangani dan mengelola partisipasi audiens. Tentu bergantung pada jumlah peserta, Anda bisa meminta mereka untuk “raise hand” sekiranya mereka mempunyai pertanyaan, ketik pertanyaan mereka di kolom komentar, atau gunakan fitur tanya jawab secara terpisah. Pastikan peserta mendapatkan informasi berkaitan regulasi selama webinar di awal webinar. Jika jumlah peserta cukup banyak, tunjuk salah satu tim untuk menolong moderator atau narasumber dalam memilih pertanyaan dan mengelola peserta, sehingga moderator atau narasumber bisa konsentrasi dalam memberikan webinar.

Baca Juga
Backlink Dofollow untuk Peningkatan SEO

Membutuhkan Jasa Webinar Online Jakarta hubungi kreasi ukasah. Vendor terpercaya dalam membantu mensuksekan rencana webinar anda.