Membuat Kopra Kelapa

Membuat kopra kelapa, kopra adalah produk turunan dari parutan kelapa. Siapa sangka kelapa parut ini menjadi incaran berbagai negara di luar negeri. Ekspor kopra tak terelakkan, dan puluhan ton kopra dari Sulawesi merambah ke beberapa bagian Asia seperti India, Thailand, Pakistan, dan Vietnam.

Membuat Kopra Kelapa

Kopra, atau kelapa kering, dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat minyak kelapa. Tempat pembakaran kopra putih. Minyak kelapa ini kemudian digunakan sebagai kosmetik, makanan dan obat-obatan. Perlahan dan hati-hati, tangannya yang cekatan mencoba meraih batok kelapa.

Hati-hati jangan sampai batok kelapanya pecah. Tempurung kelapa sering dibuat menjadi arang, yang memiliki nilai eceran tersendiri karena adanya dua jenis kopra yang terdapat di dalam tempurung kelapa. Ada kopra putih dan kopra coklat di Sulawesi.

Dari segi tampilan tentu kopra putih lebih menarik. Harganya juga lebih mahal dari kopra putih, mengingat cara membuatnya tidak bisa sembarangan. Secara tradisional, kopra coklat dikeringkan dengan asap, tetapi kopra putih harus melalui fase pengeringan.

Meskipun kopra putih dan coklat sekarang telah mengembangkan teknik pengeringan kopra dengan mesin modern, Bau Lawang dan Tina, salah satu pembuat kopra putih. Selalu berpegang pada teknik ini, sementara secara tradisional menggunakan sinar matahari sebagai sumber panas utama daging.

Kandungan ±50% dikurangi menjadi 5-7% dengan proses pengeringan. Laju penguapan dipengaruhi oleh suhu, luas permukaan dan tekstur. dari daging kelapa. Oven kopra putih.

 

Cara Membuat Kopra Kelapa

Hasil dari cara pembuatan kopra kelapa ini memiliki beberapa manfaat. Kopra sendiri adalah daging kelapa yang dikeringkan. Kopra juga biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat minyak.

Untuk membuat kopra yang baik diperlukan kelapa yang berumur sekitar 300 hari dan beratnya sekitar 3-4 kgBerbagai teknik pengolahan digunakan untuk menghasilkan kopra, yaitu pengeringan dengan sinar matahari, pengeringan atau pengeringan asap, dan pengeringan tidak langsung.

Baca Juga
Keamanan dalam Pengiriman dengan Container

Bisa diolah dengan kreasi yang berbeda. Daging kelapa dapat dibuat menjadi minyak goreng, obat kumur, nata de coco, air kelapa, kecap, dan lainnya.

 

Manfaat Kopra

1. Pakan Hewan

Hasil sampingnya (tepung kopra) dapat digunakan sebagai pakan kuda dan hewan lainnya. Kandungan minyak dan protein yang tinggi dapat membuat ternak menjadi gemuk. Protein kopra yang dipanaskan berkualitas tinggi dan baik untuk domba dan rusa karena tidak dipecah dalam rumen.

2. Bahan Alternatif

Majalah tersebut menjelaskan bahwa hasil pengujian menunjukkan bahwa biofuel kelapa memiliki sifat kimia yang mirip dengan solar. Menurut penelitian ini, biodiesel (biofuel yang terbuat dari kelapa) dapat menggantikan solar. Kami berharap banyak ulasan kami dapat memberi Anda inspirasi baru.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat diekstraksi secara mekanis atau dengan pelarut (misalnya heksana). Kopra yang diekstraksi secara mekanis dapat menghasilkan 8-12% minyak, sedangkan kopra yang diekstraksi dengan pelarut hanya mengandung 2-4% minyak.

Tepung kopra premium dapat mengandung 20-22% protein massa dan aflatoksin kurang dari 20 ppb. Tepung kopra premium juga mengandung 12% karbohidrat non-struktural (NSC), sehingga cocok untuk memberi makan kuda yang rentan terhadap gangguan pencernaan, resistensi insulin, kolik dan asidosis.

 

Jenis-Jenis Kopra

1. Kopra Asalan

Kopra jenis ini tidak menggunakan kata “ceroboh” secara cuma-cuma. Karena kelapa yang digunakan untuk kopra tidak memenuhi kriteria tertentu. Buah kelapa tidak sama ukurannya, ada yang besar dan ada yang kecil. Lembut dan sering berlubang atau sobek. Warna kopra biasanya coklat tua atau hitam.

2. Kopra Regular

Kopra biasa adalah jenis kopra yang biasanya berwarna putih kecoklatan. Daging kelapa lebih tebal dari kopra acak. Namun, lubang terkadang masih ditemukan pada kopra biasa.

Baca Juga
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk disetujui pinjaman online?

Selama lubang pada kopra masih bisa ditoleransi, kualitas kopra normal, tetapi jika lubangnya besar dan mudah pecah, kopra masuk ke dalam kategori kopra yang tidak disengaja.

3. Kopra Edibel

Dari berbagai jenis kopra yang ada, kopra yang dapat dimakan merupakan jenis kopra premium dengan kualitas terbaik. Untuk menghasilkan kopra yang dapat dimakan, kelapa pilihan harus melalui proses grading yang ketat, termasuk varietas kelapa hibrida dengan berat sekitar 0,6-0,8 kg, daging buah kecil, kulit tebal dan halus, dll.