Mengenal Cold Storage dan Pemanfaatannya

Cold Storage merupakan ruangan yang memang sudah dirancang khusus menggunakan kondisi tertentu untuk menyimpan berbagai produk. Biasanya ruangan ini dibangun dengan cara mengikuti luas bangunan yang ada pada lokasi pembangunan tersebut.

Dengan cara mengikuti luas bangunan di area lokasi maka akan memastikan jika ruangan ini bisa dibangun sesuai luas bangunan tersebut. Bahkan saat ini banyak konsumen yang meminta datang untuk melakukan survei lokasi guna memastikan semua sudah sesuai.

Tentang Cold Storage, Pengertian dan Kegunaannya

Seperti tadi, bahwa ruangan ini telah dirancang khusus pada kondisi suhu tertentu yang memiliki fungsi utamanya. Fungsi tersebut yakni mempertahankan mutu ikan dari hasil tangkapan para nelayan untuk kemudian dibekukan dan disimpan.

Ruangan ini juga mempunyai berbagai macam jenis, sebut saja seperti freezer room, chiller room, blast chiller hingga blast freezer. Sementara freezer room dan chiller room akan digunakan sebagai tempat penyimpanan produk yang sesuai dengan kondisi suhunya.

Sementara blas chiller dan blast freezer berguna untuk menyimpan produk dengan kondisi suhu tertentu pula tapi dengan waktu lebih cepat. Sedangkan chilled room juga mempunyai kondisi suhu pada temperatur yang rendah seperti 1oC hingga 7oC.

Apa Manfaatnya?

Penggunaan Cold Storage seperti blast chiller dan blast freezer berguna untuk menghindari adanya kontaminasi dari sumber bakteri. Tidak hanya itu saja, melainkan juga untuk mempertahankan cita rasa makanan supaya selalu terjaga akan kualitasnya.

Tentunya fungsi ini juga perlu diketahui guna menyimpan bahan baku tertentu, sebab jika tidak diletakkan di tempat yang tepat bisa menghilangkan kualitasnya. Fungsi dari 4 jenis ruangan tersebut juga sama, yakni untuk menyimpan produk dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga
Peluang Bisnis Mie Ayam Masih Sangat Menguntungkan

Sementara untuk menyimpan maupun distribusi produk dari penyimpanan. maka harus SOP sendiri dari perusahaan tersebut dan sesuai dengan aktivitas bisnis perusahaan. Biasanya perusahaan yang sering menggunakan ruangan ini yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang daging, industri es, ikan & seafood dan makanan segar lain.

Untuk tahapan kegiatannya adalah dari penerimaan bahan baku, kemudian penimbangan, perendaman bahan, penataan hingga packing dan penyimpanan. Sedangkan untuk jenis ikan yang akan dibekukan akan berdasarkan pada jenis bahan baku itu sendiri.

Sehingga keberadaan Cold Storage ini sangat penting guna menunjang semua kegiatan yang ada dalam perusahaan tersebut. Dapatkan produk berkualitas hanya di JAYA AGUNG.