Resep Ayam Bakar Bumbu Madu

Apa kabar? Bosen dengan ayam bakar itu-itu saja kini ayam bakar telah di modifikasi dan di tambahkan madu di bumbunya, menjadi semakin sehat bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah bersama keluarga. Penasaran dengan cara pembuatannya. Yuk simak resep ayam bakar bumbu madu berikut ini.

Sementara itu, sebelum ke cara pembuatannya apakah Anda sudah tau apa itu ayam bakar? Untuk menambah pengetahuan, simak penjelasan apa itu ayam bakar, berikut penjelasannya. Sementara itu, mesin perontok bulu ayam sangatlah berguna dalam olahan ayam bakar bumbu madu ini.

 

Apa Itu Ayam Bakar?

Ayam bakar madu adalah makanan yang berasal dari bahan utama berupa ayam yang dibakar dengan bumbu madu. Bahan yang berupa madu menghasilkan rasa yang unik yaitu rasa manis dan gurih. Sementara itu, olahan ayam ini merupakan olahan ayam. Perkembangan dari ayam goreng yang biasa dijual dipasaran tetapi diberikan tambahan madu.

Komposisi bahan madu yang meresap sangat dalam ke daging ayam membuat tekstur daging bakar madu. Olahan ini menggabungkan cita rasa gurih dari bumbu rempah. Sementara itu, memiliki tekstur empuk dan bumbu lebih meresap hingga kedalam daging ayam. Aroma yang dihasilkan pun bisa jadi lebih kuat dan menggoda.

Menu ayam bakar adalah salah satu jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang. Berbagai macam bumbu dari mulai rasanya yang gurih, manis hingga pedas tersedia sesuai selera.

Ayam yang dibakar dapat memberikan rasa yang tidak hanya enak tetapi juga lebih sehat. Sehingga cara mengolah makanan ini dengan dibakar bisa menjadi pilihan alternatif ketika memasak daging ayam.

 

Resep Ayam Bakar Bumbu Madu

resep ayam bakar

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam
  • 300 ml air putih
  • Mentega secukupnya
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm air asam Jawa
Baca Juga
The Benefits Using Briquette Coconut That You Should to Know

Bumbu Pelengkap :

  • 4 sdm kecap manis
  • 3 lembar daun salam

Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit hijau
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 4 buah cabai rawit merah
  • Kunyit seukuran 1 ruas jari telunjuk
  • Gula pasir secukupnya
  • Lengkuas seukuran 1 ruas jari telunjuk
  • Garam secukupnya
  • Jahe seukuran 1 ruas jari telunjuk
  • Lada putih bubuk secukupnya

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Madu :

  1. Sebelum diberi banyak bumbu, lumuri ayam dengan gilingan cabai secara merata, sementara itu, diamkan agar pedas dari cabai meresap ke dalam daging ayam secara merata selama beberapa saat.
  2. Kemudian, keluarkan ayam yang telah di diamkan dengan cabai tersebut, lalu baluri semua bagian permukaan ayam dengan menggunakan bumbu halus.
  3. Setelah itu, masukkan ayam ke dalam wajan dan tambahkan sedikit air.
  4. Selanjutnya masak sampai ayam menjadi lebih empuk dan bumbu meresap ke dalamnya dengan sempurna dan merata.
  5. Berikutnya, apabila bumbu sudah meresap dan kuah mulai terlihat menyusut, angkat ayam dan gunakan capitan untuk mengangkat ayam dari wajan.
  6. Kemudian, masukkan ayam ke dalam wadah dan kemudian sisihkan.
  7. Selanjutnya, siapkan loyang dan lumuri bagian dalamnya dengan menggunakan mentega.
  8. Kemudian, panaskan dan tempatkan potongan ayam di bagian atas loyang kemudian kucurkan madu di bagian atas ayam.
  9. Selanjutnya, masukkan ayam dalam oven dan panggang ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan selama kurang lebih 45 menit dengan menggunakan suhu 180 derajat.
  10. Berikutnya, angkat ayam yang sudah matang dan sajikan dalam piring saji. Lalu ayam bakar madu pedas siap untuk dinikmati selagi masih hangat.

Bagaimana dengan resep di atas mudah bukan? Di jamin anti gagal, asalkan mengikuti langkah-langkah dengan baik dan benar.

Baca Juga
Hello world

Lalu bagaimana dengan memisahkan ayam dari bulunya sebenarnya cukup mudah, dengan merebusnya dengan air panas sebentar lalu di cabut satu persatu. Jika ingin lebih simple lagi cukup menggunakan mesin perontok bulu ayam.

 

Manfaat Daging Ayam

resep ayam bakar

  1. Dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan vitamin b kompleks yang dipunyai.
  2. Selanjutnya juga bermanfaat agar bisa menghindari anemia karena kandungan zat besi tinggi yang ada di dalam daging ayam.
  3. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mempunyai kandungan mineral yang baik untuk
  4. Membuat tubuh lebih kebal dan mencegah virus masuk.
  5. Dapat bermanfaat untuk membuat tulang lebih kuat dan menambah massa otot, sehingga juga bisa untuk
  6. Menaikkan massa otot ketika ingin meningkatkan berat badan.
  7. Dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kolesterol dengan memilih daging ayam tanpa lemak.
  8. Dapat membantu menghilangkan stress karena kandungan vitamin B5 di dalamnya yang dapat memberikan efek lebih tenang.

 

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Selain manfaat ayam bakar, madu yang digunakan untuk membuat ayam bakar madu juga dikenal sebagai bahan sehat untuk digunakan pada makanan dan dikonsumsi. Berbagai manfaat madu yang bisa didapatkan adalah:

  1. Madu dapat bermanfaat untuk mengatasi gejala masuk angin yang dirasakan seperti mual, perut kembung, dan lainnya.
  2. Bermanfaat untuk mengurangi gejala maag yang dirasakan secara alami.
  3. Dapat bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati penyakit asam urat yang dirasakan.
  4. Madu memiliki manfaat untuk meningkatkan energi dan meningkatkan imunitas tubuh.
  5. Bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Sementara itu, selain mengandung banyak manfaat bagi kesehatan ayam bakar juga memiliki dampak buruk atau efek samping bagi kesehatan, jika di konsumsi secara berlebihan. Apa saja dampak buruknya simak penjelasnnya.

Baca Juga
Russian Mail Buy Bride Charges

 

Efek Samping Ayam Bakar Bumbu Madu Bagi Kesehatan

resep ayam bakar

1.Tekanan Darah Tinggi

Para peneliti mengaitkan makan daging panggang atau bakar dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi.
Pada makanan yang dibakar pada suhu tinggi, makanan ini menghasilkan kadar amina aromatik heterosiklik atau heterocyclic aromatic amines (HAAs). HAA adalah senyawa yang berpotensi berbahaya yang diproduksi ketika daging dimasak pada suhu tinggi.

2. Resiko Kanker Meningkat

Ketika semua jenis daging termasuk unggas, daging sapi dan babi dimasak pada suhu yang sangat tinggi, mereka melepaskan bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker pada hewan. Menurut ACS, daging hangus memiliki dua komponen yang terkait Heterosiklik amina (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), kedua bahan kimia ini telah ditemukan bersifat mutagenik yang menyebabkan perubahan DNA untuk meningkatkan risiko kanker.

3. Makanan Kehilangan Gizinya

Saat makanan dipanaskan pada suhu tinggi, nutrisi di dalamnya akan hilang. Nutrisi ini seperti vitamin dan mineral penting dalam makanan.

Daging merah adalah sumber zat besi dan vitamin B12 yang baik, yang membantu membuat DNA dan menjaga sel darah merah dan saraf tetap sehat. Tapi, kebaikan ini hilang saat daging dibakar.

Membakar dan memanggang membuat hampir 40% vitamin B dan mineral di dalam makanan hilang. Hal ini juga berlaku untuk hilangnya vitamin penting lainnya.

4. Picu Asam Lambung

Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras ketika mencerna makanan yang dibakar. Makanan yang dibakar bisa bertahan lama di dalam perut. Makanan yang dibakar dapat membuat refluks asam lebih buruk.

Kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung, heartburn, dan sakit perut. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dibakar dapat memicu penyakit gastroesophageal reflux (GERD).