Cara Membuat Es Krim Milo Tanpa SP

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan yang berbahagia kali ini aku akan membagikan resep cara membuat es krim milo tanpa sp yang tentunya dijamin enak dan juga anti gagal. Apakah disini ada yang tahu cara membuat es krim milo tanpa sp yang enak? Iya es krim milo. Makanya yuk simak terus ya!

Namun sebelum ke resep cara membuat es krim milo tanpa sp yuk simak terlebih dahulu mengenai nutrisi susu, manfaat susu, dan juga jenis jenis susu yang biasanya kita jumpai.

Nutrisi Susu

Sudah bukan rahasia lagi bahwasanya susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Di dalam 100 ml susu sapi terkandung berbagai macam nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, Vitamin A, beta-karoten, Vitamin B1, Vitamin B2, serta Vitamin C.

Namun meskipun dengan demikian, kandungan tersebut bisa saja berbeda-beda tergantung jenis susu sapi apa yang anda minum. Hal tersebut dikarenakan proses pengolahan pada susu bisa mempengaruhi jumlah kandungan yang terdapat pada susu sapi yang digunakan.

Manfaat Mengonsumsi Susu

cara membuat es krim milo tanpa sp

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya susu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang kita. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya seperti kalisum, fosfor, dan zat besi memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kepadatan tulang kita.

Akan tetapi meskipun dengan demikian, menurut situs Cleveland Clinic, mengonsumsi susu dalam jumalh yang berlebihan justru bisa meningkatkan risiko tulang retak. Jadi jika anda mengiginkan memiliki tulang yang sehat maka minumlah susu secukupnya saja misalnya satu hari cukup 1 gelas saja.

2. Mencegah masalah pada gigi

Khasiat yang selanjutnya tidaklah kalah penting yaitu mampu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kita. Khasiat tersebut datang dari kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada susu mampu membantu mengembalikan mineral yang hilang dari gigi setelah mengonsumsi makanan.

Baca Juga
Tanda-tanda Penyakit Jantung

Dan ditambah bahwasannya susu sapi bisa mengembalkan enamel alias lapisan terluar pada gigi sehingga gigi akan semkain kokoh serta terlindungi dari kerusakan.

3. Mengoptimalkan fungsi otak

Tidak hanya dikenal baik untuk kesehatan tulang saja, susu sapi murni ternyata juga memberikan manfaat yang baik untuk fungsi otak kita lohhh. Dari hasil sebuah studi dari The American Journal of Clinical Neutrition efek susu sapi pada aktivitas otak orang-orang berusia lanjut.

Dan dari studi yang dilakukan tersebut didapati hasil bahwasannya susu sapi bisa meningkatkan kadar glutathione pada otak. Glutathion memiliki peran besar dalam pemcegahan berbagai masalah pada otak kita, misalnya seperti penyakit alzheimer atau penyakit parkinson.

4. Membuat kulit tampak segar

Kabar vaik lainnya adalah bahwasannya susu sapi ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan kulit kita loo.

Hal ini berkat kandungan protein dan asam amino yang ada pada susu sapi. Kandungan asam amino turut ikut berperan dalam produksi kolagen pada kulit. Nah kolagen  inilah nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kita supaya memiliki kulit yang tampak lebih sehat, segar serta bercahaya.

5. Meningkatkan massa otot

Manfaat yang selanjutnya yaitu bahwa mengonsumsi susu bisa meningkatkan massa otot kita. Hal ini datang dari kadnungan protein yang ada pada susu sapi.

Dari hasil sebuah studi jurnal Medicine ans Science in Sports and Exercise mereka meniliti efek susu sapi rendah lemak pada wanita yang rutin berolahraga. Dan hasilnya susu sapi bisa membantu meningkatkan massa otot tubuh, bahkan sebagian wanita mengalami efek pengurangan lemak pada tubuh mereka.

Jenis-jenis Susu yang bisa dikonsumsi

cara membuat es krim milo tanpa sp

Selain kita harus tahu mengenai nutrisi pada susu, kita juga perlu tahu jenis-jenis susu apa saja yang bisa kita konsumsi. Hal ini dikarenakana susu bisa saja berbeda-beda mulai dari sumbernya, cara pengolahannya, serta manfaatnya.

Baca Juga
3 Cara Membedakan Klinik Gigi Abal-Abal dan Profesional

Dan tentunya setiap jenis susu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

1. Susu Sapi

Jenis susu yang pertama adalah susu sapi, susu yang pasti kita semua kenal. Di dalam susu sapi memiliki kandungan kalsium, protein, vitamin D, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk tubuh kita.

Susu sapi memiliki keunggulan seperti kalori dan lemak yang lebbih rendah, memiliki kandungan vitamin B12, folat, dan selenium yang lebih tinggi. Susu ini diproduksi tanpa adanya penambhana mikronutrien, dan dalam segelas susu sapi didalamnya terkandung setidaknya 300 miligram kalsium yang setara dengan kebutuhan kalsium orang dewasa.

2. Susu Kambing

Bukan hanya susu sapi yang bisa dikonsumsi, susu kambing ternyata juga layak untuk dikonsumsi loh teman-teman.

Keunggulan susu ini terletak pada kandungan gulanya yang lebih rendah, kandungan kalisum yang lebih tinggi, magnesium, dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita hingga 5%. Selain itu di dalamnya juga terkandung protein, vitamin A, dan juga kalium yang lebih tinggi.

3. Susu Kerbau

Jenis susu yang satu ini yaitu susu kerbau memiliki kandungan lemak yang kebih tinggi dua kalilipat lebih tinggi dari susu sapi.

Namun susu yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi serta lebih awet 6jika disimpan untuk beberapa waktu.

4. Susu Kedelai (Soy Milk)

Nah untuk teman-teman yang tidak menyukai susu sapi, biasanya jenis yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Misalnya saja anak yang mengalami alergi susu sapi, maka biasanya akan direkomendasikkan untuk menggantinya dengan susu kedelai.

Susu kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan juga tidak mengandung kolesterol, namun sayangnya susu ini tidak memiliki kandungan kalsium yang memadai.

5. Susu Almond (Almond Milk)

Jenis susu yang satu ini berbahan dasar dari kacang-kacangan. Susu ini kaya akan kandungan vitamin E dan juga rendah lemak.

Baca Juga
5 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Namun susu ini kandungan proteinnya lebih rendah daripada susu sapi dan kemungkinan memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

6. Susu Beras

Jenis susu yang satu ini sangatlah aman apabila dikonsumsi oleh teman-teman yang intoleran terhadap laktosa.

Susu ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun susu ini tidak mengandung kolestrol yang bisa membuat jantung menjadi lebih sehat.

Resep Cara Membuat Es Krim Milo Tanpa SP

cara membuat es krim milo tanpa sp

Bahan-bahan
  • 200 gr whipped cream bubuk
  • 400 ml susu UHT dingin
  • 3 sachet susu kental manis putih
  • 3 sachet Milo
  • 1 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat

  1. Langkah yang pertama, masukkan whipped cream, susu UHT dingin, dan susu kenta manis ke daam wadah yang sudah disediakan. Lalu mixer campuran tersebut sampai halus dan merata.
  2. Kemudian masukkan bubuk milo, dan juga bubuk cokelat lalu aduk kembali sampai merata.
  3. Jika adonan sudah merata, masukkan adonan ke dalam wadah yang tertutup lalu simpan di dalam freezer selama kurang lebih 8 jam atau sampai adonan membekku sempurna.
  4. Jika adonan es krim sudah membeku, maka es krim pun siap dinikmati dan bisa ditambahkan dengan berbagai topping sesuai selera.

Apakah anda tertarik?

Nah itu tadi teman-teman pembahasan pada artikel kali ini yaitu resep cara membuat es krim milo tanpa sp yang resepnya bisa dicoba dirumah masing-masing. Resep diatas juga bisa banget kok untuk dijadikan ide jualan. Dan anda bisa menggunakan mesin es krim supaya lebih hemat waktu dan juga tenaga.

Selain itu diatas juga sudah saya jelaskan mulai dari nutrisi yang ada di dalam susu, manfaat nya untuk kesehatan, dan juga jenis susu apa saja yang bisa kita konsumisi yang semoga bisa menambah wawasan anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.