Cara Membuat Dadar Jagung

Apa kabar? Sedang mencari resep makanan asin gurih yang cocok di makan siang-siang bersama nasi hangat atau bisa juga di makan bersama saus cabaai yang pedas. Apalagi kalo bukan dadar jagung. Yuk coba membuatnya sendiri di rumah resep cara membuat dadar jagung sangatlah mudah loh. Penasaran? Yuk simak resepnya beikut ini.

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Dadar Jagung. Bahannya menggunakan jagung manis dan tepung terigu. Rasanya gurih, manis, dan renyah apalagi saat masih panas baru selesai digoreng. Sementara itu, sebelum ke cara pembuatannya ada baiknya mengetahui sejarah dadar jagung, sebagai berikut.

Mesin jagung apakah di butuhkan dalam pembuatan dadar jagung? Sebenarnya tergantung Bunda-bunda, jika ingin cara yang lebih mudah dan praktis, gunakan mesin jagung, sebenarnya menggunakan pisau dapur juga bisa hanya dengan cara disisir.

 

Sejarah Dadar Jagung

cara membuat dadar jagung

Sebenarnya, makanan dadar jagung sendiri adalah warisan dari kuliner negara Portugis dan Spanyol. Pada zaman dahulu, orang-orang portugis sering melakukan kegiatan perdagangan di wilayah nusantara. Akibatnya,banyak beberapa budaya Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya orang Portugis.

 

Cara Membuat Dadar Jagung

Bahan Utama :

  • Jagung manis pipil 300 gram
  • Wortel, serut kasar 75 gram
  • Daun bawang yang diiris halus 1 batang
  • Seledri, iris tipis-tipis 1 batang
  • Terigu 50 gram
  • Tepung beras 3 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus :

  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh

Cara Membuat Dadar Jagung :

  1. Yang Pertama siapkan ulekan, letakkan jagung pipil di ulekan, lalu ulek kasar jagung pipil.
  2. Selanjutnya masukkan bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Kemudian, haluskan dengan cara diulek.
  3. Berikutnya, siapkan wadah, masukkan jagung, wortel, daun bawang, seledri, garam, merica, dan bahan bumbu halus. Lalu, aduk semuanya hingga tercampur merata.
  4. Kemudian, masukkan tepung terigu, tepung beras, dan telur ke wadah. Lalu aduk kembali hingga tercampur merata.
  5. Selanjutnya, siapkan wajan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, nyalakan api, dan panaskan.
  6. Berikutnya, ambil sedikit adonan, lalu masukkan ke dalam wajan berisi minyak. Selanjutnya, lakukan proses ini hingga adonan habis.
  7. Kemudian, goreng adonan hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan.
  8. Dadar Jagung siap disajikan selagi hangat.
Baca Juga
Cara Masak Kacang Panjang Yang Enak Dan Praktis

Bagaimana dengan resep di atas mudah bukan? jagung memliki banyak manfaat bagi tubuh, sehingga sudah banyak orang memodifikasi jagung menjadi berbagai jenis olahan makanan.

Bagaimana dengan cara memipil jagung? tentunya di zaman modern seperti sekarang ini sudah banyak yang menggunakan mesin jagung, secara sangat membantu untuk membuat proses olahan jagung.

 

Manfaat Dadar Jagung

cara membuat dadar jagung

1. Menjadi Sumber Energi

Kandungan nutrisi utama yang ada pada jagung adalah karbohidrat yang hampir dapat memenuhi sekitar 6-7 persen dari kebutuhan harian manusia.

Karbohidrat pada jagung berupa karbohidrat kompleks, tidak seperti roti atau nasi putih yang cepat menjadi gula dalam tubuh, namun dapat memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama bagi tubuh.

Selain itu manfaat jagung manis juga mengandung banyak serat dan protein, yang dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah dengan memperlambat kecepatan pemecahan glukosa ke aliran darah.

2. Berguna Untuk Mata

Kandungan vitamin C sebanyak 8 persen dari kebutuhan harian menjadi manfaat jagung bakar yang lainnya. Vitamin C penting dalam proses perbaikan sel, peningkatan kekebalan tubuh dan anti penuaan. Jagung juga mengandung karotenoid  berupa  lutein  dan  zeaxanthin  yang dikenal dapat menunjang sistem kekebalan tubuh.

Kadar dua jenis karotenoid yang tinggi dalam darah berkaitan dengan penurunan resiko dari penyakit degenerasi makular dan katarak yang umum menjadi penyebab kebutaan. Selain itu jagung juga mengandung vitamin A yang diketahui sangat bagus untuk mata.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jagung bakar sebagaimana manfaat jagung muda juga berasal dari kandungan vitamin C, karotenoid  dan  bioflavonoid  dapat menjaga kesehatan tetap sehat dengan pengendalian kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga
Useful Information To Top Hookup Dating Sites

4. Mencegah Diabetes dan Darah Tinggi

Jagung mengandung senyawa fitokomia  fenolik  yang dapat mengatur dan mengatur insulin dalam tubuh manusia. Dengan demikian mendukung penderita diabetes untuk tetap menjalani kehidupan normal. Senyawa ini juga akan membantu mencegah penyakit darah tinggi pada tubuh.

5. Melancarkan Pencernaan

Jagung adalah makanan yang kaya akan kandungan serat baik yang mudah larut dan yang tidak. Serat yang mudah larut akan membantu menghalangi penyerapan kolesterol pada tubuh. Mengkonsumsi jagung juga akan membuat proses yang lebih besar dan lancar, menghindari masalah seperti kerugian besar, wasir dan kanker usus.

Kandungan serat pada jagung dapat mencapai 2 hingga 4 gram per 100 gramnya atau sama dengan 9 persen kebutuhan serat harian. Konsumsi manfaat jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar yang akan mengubah asam lemak rantai pendek dalam tubuh.

7. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang ditandai oleh penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan juga kemampuan berbicara. Jagung mengandung vitamin B1 atau Thiamine yang memiliki peranan penting pada otak agar dapat bekerja secara normal dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

8. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah merupakan sumber penyakit anemia. Kandungan zat besi dalam jagung adalah mineral yang penting untuk berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, maka kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia.