Cara Membuat Kopi Klotok Enak Dan Mudah

Apa kabar? sudahkah ngopi hari ini? dengan ngopi dapat membuat badan Anda seger dan mata yang tadinya ngantuk pun tiba-tiba seger. Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat kopi klotok yang sederhana dan pastinya di buat. Sebelum ke cara membuatnya untuk menambah wawasan sebaiknya simak penjelasan apa itu kopi klotok.

 

Apa Itu Kopi Klotok?

cara membuat kopi klotok

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak disukai kaum pria bahkan wanita, karena aroma dan juga rasa dari kopi bisa mengembalikan membangkitkan semangat dan memberikan motivasi dalam mencari ide-ide baru. Salah satu kopi tradisional yang banyak sekali penggemarnya adalah kopi klotok.

Kopi klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional khas Indonesia. Metode penyajian kopi di haluskan menggunakan mesin kopi. Kopi klotok cara membuatnya dengan merebus air bersama bubuk kopi varietas apapun, baik arabika atau robusta. Yang penting, bubuk kopinya digiling fine (namun tidak sehalus kopi Turki).

Perbedaannya dengan kopi turki hanya dari alat – alat yang digunakan. Kopi Turki menggunakan ibrik dan kompor api atau kompor pasir, sedangkan kopi klotok menggunakan panci dan tungku arang.

 

Sejarah Kopi

cara membuat kopi

Sejarah kopi bermula pada abad ke-9 di dataran Afrika, tepatnya dari negara Ethiopia dan Eritrea. Secara lebih spesifik, nama daerah asal tanaman kopi pada masa kuno tersebut adalah Abyssinia. Akan tetapi, tidak diketahui secara pasti bagaimana masyarakat Abyssinia memanfaatkan tanaman kopi.

Karena pada masa itu tanaman kopi kemungkinan hanya menjadi komoditas komersial yang dibawa pedagang dari Abyssinia ke Yaman oleh orang Arab. Sedangkan, pemanfaatan kopi sebagai minuman pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Arab.

Sejarah mencatat, bahwa perdagangan biji kopi dikendalikan oleh pedagang Arab. Monopoli tersebut dilakukan dengan perdagangan melalui pelabuhan Mocha di Yaman kemudian diperdagangkan hingga ke Eropa. Pada saat itu Mocha adalah satu-satuya pintu perdagangan kopi, bahkan hingga saat ini kita mengenal istilah kopi mocha.

Pada abad ke 17 orang-orang Eropa mulai mengembangkan perkebunan kopi. Akan tetapi karena iklim yang tidak cocok untuk tanaman kopi, maka orang-orang Eropa mencoba untuk membudidayakan tanaman kopi di daerah jajahan mereka. Hingga pada akhirnya, hasil tanaman kopi oleh bangsa Eropa di berbagai daerah jajahan mampu menggeser dominasi kopi dari bangsa Arab.

Baca Juga
Naik Bus Nyaman Saat Traveling, Baca Dulu 6 Tips Ini

Tanaman kopi juga ditaman oleh bangsa Belanda ketika itu, terutama di Pulau Jawa yang dijadikan pusat tanaman kopi oleh mereka. Bahkan “Cup of Java” atau kopi yang berasal dari Jawa sempat populer masa itu.

 

Penyebaran Kopi Ke Asia Tenggara

Pada masa penjajahan di Indonesia, pemerintah VOC Belanda mendatangkan tanaman kopi dari Malabar, India. Asal usul jenis kopi yang dibawah ke pulau Jawa tersebut berasar dari Yaman yang telah dibudidayakan di Malabar. Tanaman kopi yang dibawa tersebut ditanam di Kadawung, namun budidaya ini gagal akibat banjir.

Sekitar 3 tahun berikutnya, Belanda kembali mendatangkan tanaman kopi berupa stek yang juga berasal dari Malabar. Upaya budidaya tanaman kopi ini dapat dikatakan berhasil dan mencapai puncaknya ketika berhasil menggeser dominasi kopi dari Yaman. Bahkan, ketika itu Belanda menjadi eksportir kopi terbesar di dunia.

 

Cara Membuat Kopi Klotok

cara membuat kopi

Bahan-Bahan :

  • 2 sdm Kopi arabica atau robusta
  • 10 gram Jahe
  • 200 ml air tebu
  • 200 ml air

Cara Membuat Kopi Klotok :

  1. Jahe digeprek dan bakar jahe tersebut hingga sedikit berminyak
  2. Masukan kopi dalam panci aduk0-aduk hingga keluar aroma
  3. Kecilkan api kemudian tunggu beberapa saat hingga kopi lengket dengan panci lalu klotok kopi tersebut hingga menjadi bubuk lagi
  4. Tuangkan air perlahan, tunggu hingga mendidih
  5. Jika sudah mendidih masukan jahe yang dibakar
  6. Sajikan kopi untuk 4-5 gelas
  7. Bila anda suka dengan kopi manis tambahkan gula, atau madu.

Sementara itu, mudah bukan cara membuat kopi klotok di atas? anti gagal, asalkan Anda mempraktikannya dengan cara yang benar. Di zaman modern seperti sekarang ini, untuk menghaluskan kopinya menggunakan mesin kopi karena lebih cepat dan mudah hasilnya pun berbeda dengan kopi yang di haluskan secara tradsional.

 

Fakta Unik Kopi Klotok

  1. Bangunan warungnya sederhana berbentuk joglo limasan, khas Jawa. Ornamen yang tertata di tempat ini juga sudah berumur tua, mulai dari radio kuno, sterika kuno, toples jadul dan barang lama lainnya.
  2. Banyak Artis dan orang terkenal pernah datang berkunjung, itu tampak pada coretan di dinding mendakan mereka pernah datang ke warung kopi klotok.
  3. Ruangannya terdiri dari ruang pertama adalah dapur, ini merupakan ruang spesial dan jadi incaran pengunjung dimana kita bisa lihat langsung pelayan menyiapkan pesanan pengunjung, ruang tengah, sebuah aula rumah yang lumayan luas berserta teras dan halaman Joglo, nah ini juga menjadi tempat favorit untuk nongkrong karena tampak view  merapi dan sawah-sawah, merasakan sejuknya udara Kaliurang.
  4. Tidak ada suara televisi, colokan untuk ngecas atau bahkan wifi gratis, tempatnya murni untuk nongkrong yang ada  hanyalah obrolan dari pengunjung di meja masing-masing saat menunggu pesanan, atau bahkan saat menikmati makanan, suasananya sangat kental dengan nuansa kekeluargaan.
  5. Kopi Klotok sendiri adalah minuman kopi yang disajikan dengan cara begitu sederhana. Caranya, kopi bubuk dimasak di dalam panci panas tanpa air. Setelah muncul aroma gosong, panci tersebut baru ditambah air sampai mendidih.
  6. Tempatnya menggunakan nama kopi, namun jika Anda datang ke sini, bisa menikmati berbagai sajian kuliner tradisional. Murah meriah, namun rasanya nikmat seperti masakan rumahan
  7. Pengunjung bisa mengambil sendiri makanan yang dipesan di dapur layaknya tinggal di rumah sendiri.
  8. Menu favorit selain kopi klotok adalah goreng pisang hampir semua pengunjung yang datang memesan ini. Tampak banyak pisang yang digantung di dapur yang siap digoreng dan yang unik setiap orang tak boleh memesan lebih dari dua porsi.
Baca Juga
How Often Does Your submit order brides Make Your Neighbors Say This kind of

 

Keistimewaan Kopi Klotok

Kopi klotok merupakan bentuk peyajian kopi yang bisa dibilang cukup unik. Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi klotok diseduh dengan cara yang unik yakni dengan cara bubuk kopi dimasak dengan panci yang panas kemudian disiram dengan udara hingga mendidih sehingga akan menghasilkan  klotok-klotok.

Nah dari bunyi itulah kemudian kopi ini Mula kopi klotok. Penyajian kopi ini memang bisa dikatakan cukup bunyi berbeda dengan penyajian kopi pada umumnya.

Kopi klotok hadir dengan menawarkan rasa pahit yang pas. Perbedaan kopi klotok dengan kopi pada umumnya adalah aroma dan citarasanya yang begitu khas.

Meskipun menggunakan jenis kopi yang sama, namun kopi yang dimasak hingga mendidih dengan kopi yang hanya diseduh dengan air panas saja tentu memiliki perbedaan. Dengan penyajiannya yang unik, serta rasa dan aromanya yang begitu khas membuat kopi klotok semakin banyak peminatnya di Indonesia.

 

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

2. Mempertahankan Berat Badan

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

Jadi, konsumsi minuman berkafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan seseorang.

3.Menjaga Kesehatan Otak

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif untuk otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Baca Juga
Job ECHO

Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit parkinson, dan penyakit alzheimer. Artinya, asupan kopi dan kafein setiap hari aman untuk dimasukkan ke dalam diet yang seimbang dan sehat.

4. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Manfaat kopi selanjutnya berkaitan dengan kesehatan organ hati. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Studi pada hewan yang disebutkan dalam jurnal itu menunjukkan bahwa kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati.