Resep Roti Gembong Anti Gagal

Roti gembong, roti khas Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang sempat ngehits beberapa waktu lalu. Pada artikel kali ini saya akan berbagi resep roti gembong anti gagal. Apakah Anda penasaran dengan resepnya? sebelum ke resepnya ada baiknya kita mengetahui apa itu roti gembong? Yuk langsung saja simak.

 

Apa Itu Roti Gembong ?

Dunia bakery sedang dihebohkan dengan kehadiran resep membuat roti gembong. Roti gembong adalah penganan yang diidolakan para bangsawan di era Kerajaan Kutai. Tidak hanya para bangsawan, roti gembong berhasil menarik perhatian masyarakat Pontianak.

Disebut gembong karena bentuk rotinya yang gembung/menggelembung. Bentuknya mirip roti tawar atau roti sobek namun ada isian di dalamnya.

 

Sejarah Roti Gembong

Roti gembong merupakan warisan kuliner nusantara yang memiliki sejarah panjang di bawang bangsa barat. Meskipun terlihat sederhana, roti gembong merupakan sajian istimewa untuk para raja pada zaman terdahulu. Roti gembong memang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Namun, karena rasanya yang spesial roti ini cepat dikenal dan menyebar pesat hampir ke seluruh wilayah Kalimantan termasuk Pontianak.

Roti gembong memiliki warna cokelat keemasan dengan rasa original (tanpa campuran apa pun). Meskipun demikian, roti gembong tetap terasa gurih dan manis. Namanya yang memuncak membuat beberapa pebisnis kuliner memanfaatkan situasi tersebut. Melalui berbagai kreasi, roti gembong memiliki varian tambahan, yaitu pandan.

 

Resep Roti Gembong Anti Gagal

1. Roti Gembong Klasik

resep roti gembong anti gagal

 

Bahan biang:

  • 150 ml air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh gula pasir

Bahan adonan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 40 gr margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 butir putih telur

Bahan olesan:

  • kuning telur
  • 2 sendok makan susu uht
Baca Juga
The very best Places in order to meet Women

Cara Membuat Roti Gembong anti Gagal :

  1. Yang pertama campurkan dahulu bahan biang hingga berbusa.
  2. Selanjutnya, campur terigu dan margarin, remas- remas sampai berbutir-butir.
  3. Kemudian, tambahkan dengan gula pasir, campur merata.
  4. Berikutnya, tuangkan bahan biang, aduk dengan sendok, tambahkan juga putih telur, aduk merata.
  5. Selanjutnya, tutup dengan serbet, proofing sampai mengembang.
  6. Sementara itu, bagi adonan dalam 16 bulatan, isi dengan coklat ataupun keju. Proofing lagi 30 menit sampai mengembang.
  7. Lalu, oles memakai bahan olesan, panggang ke oven pada suhu 190 selama 20 menit.

Tips:

Tekstur roti yang dihasilkan Lembut, sebaiknya potong roti saat sudah benar-benar suhu ruang/ dingin. Jika memotong roti saat masih panas akan membuat seratnya hancur dan sehingga merusak tampilan roti. Pada artikel kali ini saya tidak hanya membagikan resep saja, tapi masih ada resep roti gembong pandan berikut resepnya.

 

2.Roti Gembong Pandan

resep roti gembong anti gagal

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram gula halus
  • 1 sdm susu bubuk putih
  • 1 butir telur
  • 6 gram ragi instan
  • Air es + sari pandan (air sekitar 90 ml diblender dengan 5 lembar daun pandan)
  • 25 gram margarin
  • Sejumput garam halus

Cara Membuat Roti Gembong Anti Gagal :

  1. Yang pertama campur tepung, gula, susu, telur, ragi, dan air pandan. Uleni hingga setengah kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  2. Selanjutnya, letakkan adonan di wadah dan tutup dengan kain kering selama satu jam atau hingga mengembang. Lalu Kempiskan adonan, lalu bagi sama rata adonan menjadi 12 buah.
  3. Kemudian, ambil satu buah adonan, gilas bentuk oval lalu gulung. Lalu tata di dua buah loyang ukuran 10×22 sentimeter yang sudah diolesi dengan margarin.
  4. Berikutnya, masing-masing loyang berisi enam adonan roti. Sementara itu, diamkan kembali adonan selama 30 menit agar mengembang.
  5. Sementara itu, oven menggunakan api bawah dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit. Lalu, pindahkan ke api atas, oven sekitar lima menit. Lalu, angkat lalu olesi permukaannya dengan margarin. Sajikan.
Baca Juga
Contoh Kerajinan Dari Tempurung Kelapa

 

Manfaat Roti Gembong Anti Gagal

Manfaat roti bagi kesehatan, Apa Manfaatnya? sebagai sarapan, roti ini banyak memiliki manfaat untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa 100 gram roti dapat memberikan banyak energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor,dan zat besi dibandingkan 100 gram nasi putih.

Roti gembong tersebut mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti vitamin B1,vitamin B2, dan serta sejumlah mineral seperti zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya.

Kandungan yang terdapat pada roti memiliki serat yang tinggi, roti gandum utuh juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Maka dari itu, roti gandum juga mengandung antioksidan dan fitoestrogen yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Bagaimana guys? Dengan adanya resep membuat roti gembong di atas mudah bukan? kalian juga bisa berkreasi dengan menambah bahan atau isian sesuai keinginan.

 

Baca juga : cara membuat roti gembung bakar