Sayuran Untuk Diet Paling Ampuh!

Sayuran Untuk Diet Paling Ampuh! – Pilih sayuran untuk diet terbaik yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Aneka sayuran juga bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan lingkar pinggang. Berdasarkan buku berjudul ‘Green for Life’ karya Victoria Boutenko, kandungan nutrisi dalam sayuran hijau sangat baik untuk memenuhi kebutuhan semua asam amino esensial. Bahkan sayuran hijau juga kaya akan nutrisi dan banyak mengandung protein.

“Dokter dan ahli diet terkejut menemukan bahwa, ketika Anda makan banyak sayuran berdaun hijau, Anda menerima sejumlah besar protein,” jelas Dr Joel Fuhrman dalam bukunya ‘Eat to Live’. Pilihan sayuran untuk diet terbaik untuk mengurangi lingkar pinggang

Sayuran Untuk Diet

1. kembang kol

Kembang kol adalah salah satu pilihan sayuran terbaik untuk diet. Satu cangkir irisan kembang kol hanya memiliki 27 kalori dengan 2 gram serat dan 2 gram protein.

2. Kubis

“Kubis rendah kalori dan tinggi serat. Makan cukup serat adalah bagian penting dari diet penurunan berat badan karena membantu Anda tetap kenyang dan menyediakan lebih sedikit kalori,” kata Jinan Banna, Ph.D., RD, ahli diet terdaftar. Kubis merupakan salah satu jenis sayuran cruciferous. Kubis ini mengandung fitonutrien kuat yang bisa membantu melawan kanker dan mengatasi peradangan. Dengan hanya 22 kalori dan 5 gram karbohidrat total per cangkir, kubis ramah terhadap diabetes dan penurunan berat badan.

3. Selada

Selanjutnya ada sayuran untuk diet seperti selada yang baik untuk menurunkan berat badan. Selada hanya memiliki 8 kalori per cangkir. Kekurangannya memiliki serat yang cukup rendah, hanya 1 gram per cangkir. “Salah satu yang terbaik adalah selada Romaine. Ini adalah makanan rendah kalori yang kaya akan berbagai nutrisi, seperti folat dan memiliki rasa yang ringan.

Baca Juga
Tips Langgeng Pernikahan

4. Kacang polong

Kacang polong juga bisa menjadi pilihan sebagai sayuran tambahan untuk menu harian Anda. Kacang polong adalah sayuran bertepung, artinya mereka memiliki lebih banyak karbohidrat daripada sayuran non-tepung. Namun, kacang polong mengandung banyak serat dan protein.

Satu cangkir kacang polong memiliki 8 gram serat dan 8 gram protein. Mirip dengan serat, protein meningkatkan rasa kenyang dan diet tinggi protein dikaitkan dengan penurunan berat badan. Tubuh dapat membakar kalori dua kali lebih banyak dengan mencerna protein dibandingkan karbohidrat dan lemak. Jadi jangan takut dengan tambahan 10 gram karbohidrat dari kacang polong saat menambahkannya ke dalam diet harian Anda.

5. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran untuk diet. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. “Bayam lebih rendah kalori, padat nutrisi, dan serbaguna untuk digunakan dalam semua jenis resep,” kata Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc, seorang pendidik diabetes bersertifikat di Toronto, seperti dikutip dari Food Network. Menurut laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, bayam dianggap sebagai sayuran pembangkit tenaga listrik. Nikmati bayam masak sederhana atau dalam bentuk smoothie hijau yang sehat.

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan dengan senyawa pelawan kanker, terutama sulforaphane dan indole-3-carbinol. Brokoli juga mempunyai antioksidan quercetin yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Untuk menurunkan berat badan, 1 cangkir brokoli yang dimasak memiliki 5 gram serat, ditambah 3,5 gram protein.

Brokoli mengandung 90% air yang berkontribusi terhadap faktor rasa kenyang dan kaya akan vitamin C dan K. Moore, MBA, RDN, sebagai ahli diet dari Atlanta mengatakan bahwa brokoli merupakan sayuran yang baik untuk diet karena membantu menurunkan berat badan. Makan brokoli merupakan cara terbaik untuk mendapatkan serat ekstra.

Baca Juga
Pemilihan Gaun Pengantin Ideal yang Pas Buat Anda

7. Wortel

Sedangkan wortel memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan sayuran lainnya dan banyak mengandung serat. Satu cangkir wortel menyediakan 3,5 gram serat yang merupakan tiga kali lipat jumlah serat dalam secangkir sayuran hijau. Wortel masih rendah kalori pada 50 per cangkir. Wortel adalah alternatif yang renyah, renyah dan memiliki sekitar 130 kalori tanpa serat dalam ukuran porsi hanya 12 hingga 15 keripik.

Lisa Young, Ph.D., RDN, penulis buku Akhirnya Penuh, Akhirnya Langsing, menyukai wortel karena sangat serbaguna. “KIta bisa memakan dengan mentah, diparut di dalam salad, atau dipanggang menggunakan bumbu atau saus yang berbeda. Wortel kaya akan serat dan sangat sehat,” jelas Lisa. Sayuran bisa disimpan menggunakan vacum sealer agar awet dan tahan lama