Tahapan Pembuatan PT

Perusahaan dengan badan usaha berbentuk hukum akan menguntungkan bagi Pengusaha. Perseroan Terbatas masih dinilai menguntungkan dibanding bentuk badan usaha yang lain. Kenali tahapan-tahapan dalam pembuatan PT yang harus Anda lalui.

Perseroan Terbatas memiliki kesan bonafide dan profesional dalam dunia usaha, namun sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan PT, ada beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui dalam mendirikan PT.

Tahapan Pembuatan PT

Mengetahui tahapan sebelum mendirikan PT akan membuat Anda lebih siap dan paham sebelum Anda mempersiapkan persyaratan dalam pendirian PT. Dalam artikel ini akan diulas beberapa tahapan yang harus Anda lalui sebelum mendirikan PT.

1.     Tahap Pendirian

Di tahap ini, Anda akan memutuskan PT Anda akan berbentuk Perseroan Perorangan atau Perseroan Terbatas. Bila berbentuk Perseroan terbatas dibutuhkan 2 orang atau lebih sebagai pendiri perusahaan.

Namun bila Anda seorang yang mendirikan PT, maka Anda akan mendirikan Perseroan Perorangan. 2 jenis PT ini berbeda dan akan mempengaruhi biaya perizinan dan waktu pendirian.

2.     Tahap Perizinan

Anda yang memutuskan pendirian Perseroan Terbatas dengan 2 orang atau lebih akan mengurus perizinan ke kantor Notaris. Disini Anda akan diminta melengkapi dokumen persyaratan pendirian perusahaan sebagai data kelengkapan Akta Pendirian Perusahaan.

Notaris akan menerbitkan Akta Pendirian Perusahaan setelah Anda memenuhi semua persyaratan yang diminta. Setelah Akta terbit, Anda akan mendapatkan Surat Pengesahan Badan Hukum Perseroan yang diterbitkan oleh Kemekumham.

3.     Tahap Perizinan secara Online

Setelah dokumen-dokumen tersebut sah dan legal, selanjutnya Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda secara online melalui Online Single Submission untuk mendapatkan Nomor Induk berusaha.

4.     Tahap NPWP

Perusahaan Anda yang telah terdaftar dan berizin dikenakan NPWP kepada pemerintah sebagai bentuk kewajiban warga negara.

Baca Juga
Tips Edit Video Sentuhan Cinematic Meningkatkan Kualitas Visual

Beberapa tahapan tersebut adalah garis besar tahapan yang harus Anda lalui dalam mendirikan PT. Anda dapat menggunakan jasa pendirian Perseroan Terbatas untuk membantu dan mendampingi Anda melewati tahapan pendirian PT.

Jasa Pembuatan PT Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau di Jakarta

Melayani ratusan klien dari seluruh Indonesia dan didukung konsultan berpengalaman, Pri Office menawarkan jasa pendirian PT dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau yang bisa membantu Anda mendirikan PT kualitas terbaik. Temukan kami di website https://www.prioffice.com/.