Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Daging Kurban –Ketika merayakan hari raya idul adha tentu banyak warga  akan menerima beberapa kilogram daging baik sapi maupun kambing. Lantaran banyak yang tidak habis, tentunya sebagian daging akan disimpan di lemari es atau freezer.

Tantangan utama menyimpan daging dan produk hewani merupakan daging bisa mengembangkan bakteri dengan sangat praktis. Kesalahan penyimpanan pula membentuk daging cepat membusuk.

Menyimpan daging kurban sebenarnya hampir sama dengan menyimpan daging yang biasa dibeli di pasar. Namun sebagian orang waktu mendapatkan daging kurban kadang tidak pribadi dimasak, tapi disimpan buat beberapa waktu menjadi stok. Buat itu krusial buat mengetahui cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan kualitasnya tetap baik.

Tips Menyimpan Daging Kurban 

Karena daging kurban nantinya akan dikonsumsi, penting buat menyimpannya dengan baik supaya tidak membusuk. Ini dia cara menyimpan daging kurban supaya tahan lama  :

Jangan Dicuci

Waktu mendapatkan daging kurban, usahakan untuk jika mencucinya jika ingin disimpan dalam ketika yang usang. Saat daging kurban dicuci sebelum disimpan, dikhawatirkan bakteri berasal daging dapat menyebar di bagian atas lain melalui air yang mengalir.

Daging kurban yang dicuci sebelum disimpan pula akan mengandung air yang lebih tinggi dan  praktis berbau busuk. Hal ini dikarenakan sisa air pada daging dapat meningkatkan kadar air daging. Daging kurban disarankan buat dicuci hanya ketika akan dimasak saja. Namun sebelum dimasak pun, daging kurban yang telah dicuci harus benar-benar dikeringkan menggunakan benar.

Membersihkan Kulkas Terlebih Dahulu

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum menyimpan daging pada lemari pendingin yaitu bersihkan terlebih dahulu kulkas tersebut. Langkah ini diharapkan buat mencegah kontaminasi di daging. Pastikan di dalam kulkas tak terdapat tumpahan kuliner atau kotoran lain yang mengakibatkan aroma tak sedap.

Baca Juga
Ragam Makanan Khas Dari Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Coba!

Pangkas Daging Sebelum Disimpan

Selanjutnya, waktu akan menyimpan daging usahakan kamu memotong dahulu daging sesuai dengan kebutuhan. Tuang daging yg sudah dipotong ke pada wadah-wadah menggunakan dosis satu kali hidangan buat sekali masak. Dengan begitu, setiap kali mengolah kamu cukup mengambil satu wadah dan  tidak perlu mengeluarkan bagian daging lain yang tidak diperlukan, sehingga syarat daging mampu tetap terjaga.

Marinasi Daging Sebelum Disimpan Di Freezer

Memarinasi atau membumbui daging kurban sebelum disimpan di pada freezer bisa jadi cara yang baik. Cara ini pula akan membentuk daging tahan lama ketika disimpan. Engkau  mampu memakai bumbu seperti kunyit, garam, gula, serta bawang. Sebab bumbu tadi mengandung zat antibakteri alami yang bisa membunuh bakteri di aging.

Pakai Wadah Rapat Udara

Ketika akan menyimpan rabat daging kurban, upayakan buat memakai wadah rapat udara. Wadah kedap udara ini berfungsi buat mencegah daging mengering ketika dibekukan pada freezer.

Wadah kedap udara ini bisa berupa kotak makan menggunakan tutup atau plastik zip lock yang ada pengunci di bagian atasnya. Pemilihan wadah bisa dilakukan menggunakan menyesuaikan kuantitas daging yang ingin disimpan.

Tetapi banyak disarankan buat menggunakan plastik ziplock agar memudahkan ketika akan memasaknya. Penyimpanan daging kurban menggunakan plastik zip lock ini juga cukup dibuang setelah dipakai sehingga tidak perlu repot mencucinya atau takut bakteri daging menempel dan  mengontaminasi wadah yang dipergunakan.

Anda bisa menggunakan vacuum sealer untuk menutup plastik lebih rapat. Dengan menggunakan alat tersebut bisa mempermudah anda menutup plastik.

Simpan Di Pada Freezer   

Cara menyimpan daging kurban pada kulkas yang selanjutnya artinya menyimpannya pada dalam freezer. Anda perlu menyimpan daging di dalam freezer supaya lebih awet ya. Daging yang disimpan pada suhu -17 derajat celcius atau dalam syarat beku bisa disimpan sampai enam bulan.

Baca Juga
Kualitas Pakan Rumput Sangat Penting untuk Ternak

Tetapi buat waktu yang lebih singkat mirip 1 atau dua hari, meletakkanya pada dalam kulkas dengan suhu 4 erajat celsius pun relatif aman. Suhu tersebut memperlambat penyebaran bakteri yang mungkin ada di daging kurban.

Jangan Bekukan Daging Yang Sudah Dikeluarkan Dari Freezer

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang terakhir yaitu pastikan buat tidak membekukan daging yang telah dimuntahkan berasal freezer. Hal ini dikarenakan, membekukan kembali daging yang sudah mencair mampu menghasilkan kualitas daging tadi menurun serta cepat busuk. Maka asal itu, sebelum menyimpan daging pastikan sudah membagi daging pada beberapa wadah sinkron porsi masak anda. Menggunakan demikian, anda hanya perlu mengambil daging sinkron menggunakan kebutuhan.