Transfer Uang ke Singapura Lebih Hemat Karena Mudah, Aman, dan Terpercaya

Mengirim uang ke luar negeri seringkali dilakukan sebagian orang untuk urusan bisnis ataupun kepentingan pribadi. Bagi yang ingin transfer uang ke Singapura, ada beberapa rekomendasi aplikasi remitansi yang aman, mudah digunakan, dan terpercaya. Berikut beserta informasi lengkapnya.

Transfer Uang ke Singapura Menggunakan Wise

Transfer Uang ke Singapura Lebih Hemat Karena Mudah, Aman, dan Terpercaya

Salah satu jasa remitansi yang dapat dipilih adalah Wise. Wise membuat transfer uang ke Singapura menjadi lebih hemat dan cepat. Aplikasi ini merupakan Lembaga Uang Elektronik yang terdaftar resmi yang diatur secara independen oleh FCA di Britania Raya. Berikut ini ulasan selengkapnya

1. Langkah Transfer Uang ke Singapura Pakai Wise

Cara mengirim uang menggunakan aplikasi Wise terbilang cukup mudah. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu aplikasi sudah terinstall di ponsel. Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses melalui semua jenis/tipe smartphone. Selain itu, ukurannya juga tidak terlalu besar. Berikut cara transfernya:

  • Buka aplikasi Wise.
  • Lakukan registrasi/pendaftaran untuk mendapatkan akun.
  • Masukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer.
  • Kemudian pilih kategori penerima (Pribadi, Bisnis, Orang lain).
  • Masukkan informasi dan data pengirim dan penerima.
  • Ketika kode bank tujuan.
  • Lalu masukkan nomor rekening tujuan.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran total biaya transfer.

2. Kisaran Biaya Transfer Uang ke Singapura Pakai Wise

Aplikasi Wise akan mengkonversikan uang pengirim berdasarkan nilai tukar antar bank. Untuk transfer uang dalam IDR, pengirim harus membayar 12.498 IDR ditambah 0,76% dari total uang yang sudah dikonversikan. Tidak perlu khawatir, Wise akan memberitahukan jumlah totalnya di awal.

Ada banyak metode pembayaran biaya transfer di Wise. Beberapa diantaranya memberlakukan tarif tambahan/administrasi. Biaya tersebut tidak terlalu mahal, sehingga menggunakan aplikasi ini tentu bisa lebih hemat. Selain itu, Wise tidak memiliki biaya tersembunyi yang tidak diinformasikan kepada pengguna.

Baca Juga
5 Alasan Anda Harus Menggunakan Mesin Panen Padi Modern

3. Waktu yang Dibutuhkan Transfer ke Singapura

Waktu paling cepat yang dibutuhkan saat mengirim uang ke Singapura menggunakan Wise adalah 1 hari. Dengan kata lain, penerima dapat mengambil/mencairkan uang di bank di hari yang sama ketika pengirim mentransfer. Ada yang bilang ini dinamakan “Transfer Uang Seketika”.

Pada aplikasi ini, pilihan metode pembayaran dan pengecekan rutin berkala bisa mempengaruhi waktu pengiriman. Namun tidak perlu risau, Wise akan selalu memberikan informasi terupdate setiap waktu untuk memudahkan pengirim mengetahui jejak uang atau jika ingin melakukan pelacakan.

Transfer Uang ke Singapura Menggunakan Digibank by DBS

Bagi pengguna aplikasi jasa transfer luar negeri Digibank, ada fitur layanan bernama ‘Transfer Valas’ yang bisa digunakan untuk mengirim uang ke Singapura. Ada berapa Negara lain yang masuk dalam jajaran Valas yaitu Hong Kong, Inggris, AS, Canada, Australia, dan lain-lain. Semua berjumlah 20 Negara.

1. Langkah Transfer Uang ke Singapura Pakai Digibank

Cara mengirim uang ke Singapura menggunakan Digibank terbilang cukup mudah. Langkah awal pengirim tentu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di smartphone. Digibank dapat diunduh dan diinstall melalui Google Play Store dan App Store. Berikut langkah-langkah transfernya:

  • Buka aplikasi Digibank.
  • Klik layanan “Transfer”.
  • Lalu, pilih layanan “Valas”.
  • Kemudian, klik “Tambahkan Penerima”.
  • Ikuti petunjuk dan langkah selanjutnya.
  • Berikutnya pilihlah Negara tujuan (Singapura).
  • Setelah itu tentukan mata uang yang ingin digunakan.
  • Pilih bank tujuan.
  • Masukkan informasi penerima yang dibutuhkan aplikasi.
  • Kemudian masukkan jumlah nominal uang yang ingin ditransfer.
  • Klik tombol “Lanjut”.
  • Terakhir, selesaikan transaksi dengan melakukan pembayaran pengiriman.

2. Sekilas Tentang Transfer Valas Digibank

Valas (Valuta Asing) adalah layanan yang dimiliki aplikasi Digibank untuk transaksi keuangan antar Negara. Layanan ini diperuntukkan kepada nasabah yang ingin mengirimkan uang kepada orang/penerima yang berada di luar negeri. Maka, dana tersebut akan dikonversikan terlebih dahulu menjadi mata uang asing.

Baca Juga
Saran Jasa Press Release Jakarta Threesixty, Lengkap serta Murah!

Fitur Valas terbagi menjadi dua jenis, yaitu bebas biaya dan regular. Layanan bebas biaya dilakukan melalui perantara internal bank DBS Indonesia. Sementara untuk reguler menggunakan sistem Society for Worldwide Interbank Financial atau lebih singkatnya SWIFT. Keduanya memiliki karakteristik berbeda.

3. Biaya Transfer Menggunakan Layanan Valas Digibank

Biaya transfer menggunakan fitur Valas dapat berbeda-beda. Perbedaan tersebut umumnya dipengaruhi oleh jenis Layanan apa yang dipilih. Sebagai contoh, jika menggunakan layanan reguler, biaya service dan bank agen sebesar USD 10 / ekuivalen. Jika memakai bebas biaya, biaya menjadi gratis.

Biaya tambahan bisa berubah-ubah sesuai ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Tetapi jangan khawatir, Digibank selalu memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah/pengirim. Hal ini dilakukan agar bank penerima di Singapura tidak mengembalikan dana yang sudah terkirim.

4. Waktu yang Diperlukan

Pengirim pasti mempertanyakan kapan uang sampai di tujuan dan dapat dicairkan oleh penerima. Uang akan sampai di hari yang sama ketika transaksi pengiriman, jika transfer dilakukan sebelum siang hari tepatnya pukul 12.30 WIB. Selain itu, jika tidak ada masalah dari bank penerima.

Uang akan sampai lebih lama dari perkiraan waktu tersebut jika terjadi masalah dari sisi bank penerima. Contohnya seperti kesalahan ketika memasukkan informasi identitas penerima, kode bank salah, ataupun kekeliruan dalam penulisan nomor rekening, dan semacamnya.

Itulah cara transfer uang ke Singapura dengan mudah, hemat, dan cepat dengan rekomendasi dua aplikasi jasa remitansi di atas. Pastikan memilih layanan yang tepat sehingga bisa mempermudah urusan pengiriman uang ke luar negeri. Jangan lupa untuk lebih teliti ketika melakukan proses transaksi.