Apa yang perlu Anda ketahui untuk menjadi Administrator basis data, termasuk 7 keterampilan penting ini

Dalam banyak bisnis, posisi administrator database mutlak diperlukan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan keakuratan dan kinerja database mereka, selain memberikan dukungan dan arahan kepada pengguna dalam penggunaan sistem yang tepat.

Saat ini ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk administrator database, sehingga banyak perusahaan mencari kandidat yang memenuhi syarat. Anda dapat mencari posisi terbuka di Begawe.id Menggunakan internet.

Jika mengelola database adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan untuk mencari pekerjaan, ada beberapa keterampilan dasar yang harus anda peroleh terlebih dahulu. Berikut ini adalah tujuh yang memegang paling penting.

1. Mengelola dan memelihara database

Jika Anda ingin bekerja di bidang administrasi basis data, ini adalah satu-satunya keterampilan terpenting yang perlu anda peroleh.
Ini membutuhkan pemahaman tentang bagaimana database berfungsi serta bagaimana mengelolanya secara efektif. Ini termasuk memiliki pengetahuan tentang Cara Membuat Database, bagaimana untuk menjaga mereka up to date, dan bagaimana menggunakan query SQL untuk mengambil informasi dari database. Anda juga harus terbiasa dengan cara mencadangkan dan memulihkan basis data, serta cara mendiagnosis dan memperbaiki masalah.

2. Query menggunakan SQL

SQL adalah bahasa query database yang digunakan sebagian besar waktu. Anda harus dapat menulis dan menafsirkan kueri SQL jika Anda ingin bekerja sebagai administrator basis data. Ini termasuk menjadi akrab dengan berbagai operator dan parameter yang tersedia di SQL dan mengetahui bagaimana menggunakannya untuk membangun query yang rumit.

3. Database Backup

Pembuatan backup otomatis dari database yang mereka kelola adalah tanggung jawab administrator database. Mereka harus terbiasa dengan proses mencadangkan database mereka secara teratur untuk memastikan bahwa mereka selalu memiliki salinan data mereka jika terjadi bencana. Mereka juga harus terbiasa dengan cara memulihkan cadangan mereka jika terjadi kesalahan.

Baca Juga
Waktu yang Tepat Untuk Post Reels di Instagram

4. Menganalisis dan memperbaiki database

Sebagai Administrator database, salah satu tanggung jawab Anda adalah mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang muncul dalam database. Ini melibatkan memiliki kemampuan untuk menemukan penyebab masalah serta solusi untuk masalah itu. Anda juga harus dapat menentukan apakah masalah disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau masalah perangkat keras atau tidak. Ini adalah sesuatu yang Anda harus tahu bagaimana melakukannya.

5. Keahlian SQL

SQL adalah jauh pilihan yang paling populer untuk digunakan ketika query database. Anda akan perlu memiliki perintah yang kuat dari query SQL jika Anda bercita-cita untuk memiliki karir yang sukses sebagai administrator database. Ini termasuk menjadi akrab dengan berbagai operator dan parameter yang tersedia di SQL dan mengetahui bagaimana menggunakannya untuk membangun query yang rumit.
6. Database Management

Sebagai administrator database, salah satu tanggung jawab utama Anda adalah bertanggung jawab atas manajemen database secara keseluruhan. Ini membutuhkan pengetahuan tentang cara membuat dan memelihara database, serta cara memantau ketersediaan dan kinerjanya. Anda juga harus terbiasa dengan proses mencadangkan dan memulihkannya.

7. Keterampilan Memecahkan Masalah

Mampu menemukan solusi untuk masalah sangat penting untuk peran administrator database. Ini memerlukan kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif ketika dihadapkan dengan tantangan, karena keterampilan pemecahan masalah diperlukan untuk ini. Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan Anda dengan cara yang jelas dan ringkas.