Cara Jualan Online di Marketplace Facebook Untuk Pemula

 8 Cara Jualan Online di Marketplace Facebook

Media sosial kini telah menjadi salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak sedikit yang memulai dan menutup harinya dengan membuka media social setiap hari dan melakukan Cara Jualan Online di Marketplace Facebook. Hal ini menunjukkan betapa sangat berpengaruhnya media sosial terhadap aktivitas harian manusia modern sekarang.

Sebagai salah satu yang mempopulerkan platform media sosial, Facebook telah melakukan revolusi melebihi sekadar aplikasi berjejaring saja. Para pengguna Facebook tak hanya menggunakan platform ini untuk terhubung dengan sesame pengguna, tetapi bisa juga untuk berjualan.

Namun, untuk bisa mendapatkan penjualan yang baik tentu saja kamu harus mengelola akun dengan baik dan ter urus. Untuk itu berikut ini adalah 8 cara jualan online di Facebook Marketplace!

Cara Jualan Online di Marketplace Facebook

cara jualan online di marketplace facebook

1. Gunakan Nama yang Menarik

Inilah cara jualan online di Facebook Marketplace bagian pertama. Menggunakan nama brand yang menarik adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan.

Para konsumen tentu saja tidak akan tertarik untuk membeli produk apabila nama brand yang kamu gunakan tidak menarik atau cenderung asal-asalan. Pikirkan matang-matang yang dalam sebelum membuat nama brand karena nama itu akan kamu bawa selamanya.

2. Berikan Informasi yang Lengkap

Tidak bisa dimungkiri, kemudahan dalam menggunakan Facebook Marketplace membuat platform ini juga diisi oleh banyak sekali penjual lainnya, sehingga persaingan ketat tak bisa terhindarkan lagi.

Oleh karena itu, cara jualan online yang sangat disarankan adalah dengan menciptakan beberapa keunggulan, seperti memberikan informasi produk yang lengkap dan menarik buat para pembeli.

3. Gunakan Foto Yang Menarik

Sekarang posisikan diri kamu sebagai seorang pembeli, apakah kamu mau membeli produk yang fotonya saja kurang merepresentasikan kualitas bagus? Tentu saja tidak, bukan? Itulah mengapa kamu harus memastikan setiap produk yang ditampilkan dengan foto yang menarik dan enak dipandang.

Baca Juga
Jenis Jasa dan Praktik Kantor Akuntan Publik

Ingat, foto adalah hal yang pertama kali calon konsumen lihat. Pengguna media social pada saat ini cenderung lebih mudah bosan dan scroll halaman hanya dalam waktu beberapa detik saja. Apabila foto kamu menarik pastinya itu akan menjadi hook untuk menarik calon pelanggan kamu.

4. Berikan Harga yang Masuk Akal

Harga adalah salah satu hal yang menjadi alas an besar untuk konsumen mau membeli sebuah produk, jadi berikan harga yang masuk akal untuk produk kamu.

Apabila menerapkan cara jualan online yang kurang tepat, misalnya memasang harga yang tidak masuk akal di Facebook Marketplace, hati-hatilah konsumen akan malas untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang kamu tawarkan.

5. Gunakan Hashtag

Menggunakan hastags atau tagar dalam setiap informasi produk di Facebook Marketplace kamu, akan dapat membantu produk jualan lebih mudah ditemukan oleh para calon pelanggan. Hashtags atau tagar akan membantu mengelompokan jenis produk agar lebih mudah untuk dilihat oleh calon pelanggan.

6. Respon Cepat

Facebook Marketplace juga sudah terhubung dengan Facebook Messenger  sehingga calon pembeli bisa langsung menanyakan seputar informasi tentang produk kamu lewat via chat. Jika sudah demikian, tugas kamu selanjutnya adalah memastikan setiap pertanyaan dari calon pembeli bisa terjawab dengan cepat.

7. Layani Konsumen Dengan Baik di Facebook Marketplace

Dalam dunia bisnis, baik offline ataupun online, pelayanan yang baik adalah kunci besar untuk kesuksesan. Oleh karena itu, kamu wajib memperlakukan semua pelanggan dengan baik dan ramah. Jawablah pertanyaan pelanggan dengan baik dan apabila ada keluhan dari pelanggan, kamu juga harus tetap menahan emosi dan menjawabnya dengan baik dan sabar.

8. Cara Jualan Online di Marketplace Facebook Dengan Promosikan Toko Secara Berkala

Ini dia cara jualan online di Facebook Marketplace yang bagian terakhir. Ya, membuat toko di Facebook Marketplace memang sangatlah mudah sekali, hampir semua orang yang memiliki akun Facebook sudah pasti bisa membuat akun Facebook Marketplace.

Baca Juga
Konveksi Tas Bandung Terjangkau di Tahun 2019

Oleh karena itu pesaing kamu akan sangat banyak sekali dan ketat. Lalu bagaimana caranya agar toko kamu dapat menonjol dibandingkan dengan toko lain? Caranya adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Dengan menggunakan fitur Facebook Ads kamu dapat mempromosikan toko lebih luas lagi.

Itu dia 8 cara jualan online di Facebook Marketplace yang bisa dipraktikkan guna meningkatkan penghasilan bisnis. Kamu juga bisa belajar manfaat berjualan online jika memang ingin berjualan secara online. Selamat mencoba dan semoga berhasil!