resep keripik singkong rasa gadung

Perbedaan Kripik Singkong Biasa dan Kripik Singkong Rasa Gadung

Proses pembuatan kripik singkong yang biasa, pengolahannya lebih sederhana yaitu umbi singkong diiris tipis kemudian dibumbui dan digoreng hingga kering begitulah pada keseluruhan dasar pengolahan kripik singkong biasa.

Untuk pembuatan kripik singkong rasa gadung berbeda dengan pembuatan kripik singkong biasa dimana masih ada tahapan lain sebelum proses penggorengan dilakukan, untuk sedikit informasinya akan saya kupas di artikel ini.

Kripik singkong biasa dengan kripik singkong rasa gadung secara garis besar pengolahannya berbeda, hasil cita rasa serta penampilan produk jelas berbeda pula. Untuk kripik singkong biasa, rasa yang dominan muncul diluar rasa bumbu adalah rasa original umbi singkong dengan tampilan produk yang putih agak krem, sedangkan rasa umbi singkong pada kripik singkong rasa gadung tidak terasa jelas, namun lebih menyerupai rasa kripik gadung dan tampilan produk lebih putih daripada kripik singkong biasa.

Memang cita rasa pada kripik singkong rasa gadung hampir menyerupai cita rasa pada kripik umbi gadung, namun secara menyeluruh tetap saja berbeda dengan kripik umbi gadung, dan untuk proses pengolahannya masih lebih sulit pengolahan umbi gadung karena kandungan Sianida yang sangat tinggi daripada umbi singkong.

Tekstur antara kedua jenis kripik singkong biasa dan kripik singkong rasa gadung juga berbeda, kripik singkong biasa cenderung lebih renyah dan empuk daripada kripik singkong gadung yang teksturnya agak sedikit keras.

Setelah mengetahui perbedaan utama antara kripik singkong biasa dengan kripik singkong rasa gadung maka mari kita lihat cara pengolahan kripik singkong rasa gadung secara lebih detail.

Pengolahan Kripik Singkong Rasa Gadung

Sama seperti pada langkah awal pembuatan kripik singkong pada umumnya yaitu pemilihan bahan baku umbi singkong yang baik. Proses pemilihan umbi singkong yang baik ini telah saya bahas di artikel sebelumnya “Cara Pengolahan Keripik Singkong Yang Renyah” bisa dilihat disitu bagaimana kriteria umbi singkong yang baik untuk pembuatan kripik singkong agar hasilnya baik dan renyah.

Baca Juga
Buffet Pernikahan yang Memiliki Banyak Kelebihan!

Setelah proses pemilihan umbi yang baik dilakukan maka proses pembuatan kripik singkong rasa gadung selanjutnya adalah pengupasan umbi singkong dari kulit arinya hingga bersih.

Berlanjut ke langkah pencucian umbi singkong yang telah dikupas hingga bersih dari kotoran, disusul dengan proses perajangan. Umbi singkong dirajang dengan alat bantu perajang keripik dengan ketebalan pengirisan antara 2 mm sampai 3mm.

Dari langkah perajangan menuju ke proses pengukusan, hasil rajangan tersebut kemudian dikukus atau juga bisa direbus hingga setengah matang. Pada proses kali ini pastikan hasilnya jangan terlalu matang, untuk waktu yang diperlukan relatif tergantung temperatur yang digunakan.

Angkat dan tiriskan umbi singkong yang telah direbus itu dan dinginkan. Siapkan air bersih yang telah dicampur dengan garam dan kapur sirih, pada proses perendaman bisa dicampurkan pula bawang putih atau bumbu lain yang dikehendaki. Waktu perendaman dilakukan selama 3 hari dan selama waktu perendaman air harus diganti setiap hari.

Proses berlanjut pada pengukusan kembali pada hasil umbi singkong yang telah direndam dengan waktu secukupnya hingga ada perubahan warna agak sedikit kekuning kuningan pada irisan singkong tersebut.

Jemur dibawah terik matahari setiap lembar irisan keripik singkong hingga benar benar kering, apabila dalam satu hari masih belum kering benar maka lakukan penjemuran hingga besoknya, pastikan kadar air pada tiap lembar irisan singkong sudah habis.

Untuk membuat Keripik Singkong Rasa Gadung, sangat mudah karena cuma dengan 3 Bahan yang bisa anda beli di pasar/supermarket/minimarket terdekat. Cara membuat Keripik Singkong Rasa Gadung pun tidak sulit, dengan 5 langkah mudah, bisa dipastikan anda bisa membuat Keripik Singkong Rasa Gadung yang enak dan lezat. Cukup ikuti bahan dan langkah-langkah yang sudah kami berikan, seluruh resep sudah teruji dengan baik.

Baca Juga
Acara Peresmian Kantor Lebih Meriah Memakai Balon Dancer / Joget / Menari

Resep Keripik Singkong Rasa Gadung. Aneka ragam olahan dari bahan baku singkong yang mudah didapat dan harganya murah. Mungkin bosen dengan Keripik singkong balado dll ni ada rasa beda lo

Bahan bahan:

  • Gunakan 1 kg Singkong kupas bersihkan
  • Siapkan secukupnya Garam
  • Gunakan Air bersih

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Keripik Singkong Rasa Gadung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan Keripik Singkong Rasa Gadung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Keripik Singkong Rasa Gadung sesuai langkah-langkah berikut.

 

Cara Mmebuat:

LANGKAH 1
Iris2 Singkong seperti keripik pada umumnya.
LANGKAH 2
Rendam dengan air bersih dan garam minimal 1 hari.
LANGKAH 3
Kukus selama 15 menit.
LANGKAH 4
Jemur perlembar sampai kering selama 2 hari di bawah terik matahari.
LANGKAH 5
Goreng.

Demikianlah Resep Keripik Singkong Rasa Gadung yang kami sajikan kali ini. Semoga Resep Keripik Singkong Rasa Gadung ini bisa memberi anda inspirasi masak hari ini.

 

Baca juga: Mesin Keripik Singkong Multifungsi