Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak dan Renyah

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak-Membuat bawang goreng tanpa lemak sangatlah mudah. Namun tidak semua orang tahu cara membuat bawang goreng tanpa lemak yang tahan lama. Selain itu, bawang merah, bahan baku bawang goreng bebas lemak, cukup mudah didapat dan harganya pun menguntungkan. Bumbunya banyak dan salah satunya bawang goreng. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang asin bisa membuat masakan apapun terasa lebih nikmat dan kaya rasa saat ditaburi bawang goreng.

Sejarah Bawang Merah

Tanaman bawang merah konon berasal dari Asia Tengah, khususnya Palestina dan India. Selain itu, beberapa literatur memprediksi bahwa bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterania. Bawang merah ini merupakan tanaman tertua dalam budidaya tanaman lain. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan bangsa Mesir pada abad pertama dan kedua atau 3200-2700 SM, dan mereka sering melukiskan bawang merah pada patung dan monumen yang mereka buat.

Bawang merah ini terkenal di Israel sejak 1500 SM. Sedangkan di Yunani kuno, bawang merah sudah dikembangkan sebagai obat sejak 2100 SM. Nama latin bawang merah merupakan Allium cepa var aggregatum . Bawang merah memiliki umbi berlapis dan akar berserat serta daun berbentuk silinder seperti pipa. Basis bawang merah bersatu untuk membentuk pseudostalks. Batang semu ditemukan di atas tanah dan berubah bentuk menjadi buah pir atau bohlam.

Berbagai Jenis Bawang

1. Bawang Merah (Allium cepa L. var Aggregatum)

Ini adalah salah satu bumbu dapur terpenting di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan utara, tetapi kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, baik subtropis maupun tropis. Bawang merah juga dapat digunakan secara medis untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, mengobati diabetes, meningkatkan pernapasan dan meningkatkan sirkulasi, karena dianggap menghambat agregasi trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.

Baca Juga
Cara Merawat Kambing Etawa

2. Bawang Putih (Allium sativum)

Merupakan nama tumbuhan dari genus Allium dan nama umbi yang dihasilkan. Faktanya, bawang putih telah digunakan manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama dibudidayakan di Asia Tengah, dan telah lama menjadi bumbu kuliner di lingkungan Mediterania. Tidak hanya itu, bawang putih juga merupakan bumbu yang umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Bawang putih memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh manusia sebagai antibiotik alami.

3. Bawang Bombay (Allium Cepa)

Selain bawang merah, bawang merah juga tidak kalah populer dari umbi lainnya. Penggunaannya di Indonesia awalnya digunakan pada masakan Cina dan Eropa, namun akhir-akhir ini banyak digunakan pada masakan Indonesia. Bawang merah juga memiliki manfaat secara umum yaitu mampu mengobati berbagai gangguan pencernaan, flu, kembung, mual, maag, disentri dan membunuh cacing di perut.

4. Daun Bawang ( Allium fistulosum )

Daun bawang merupakan tanaman pangan asli Asia, terutama Asia Timur dan Asia Tenggara. Pada saat yang sama di Cina, Jepang dan Korea mereka diberi nama Inggris: “bawang bombay Jepang”. Di Barat, daun bawang sering digunakan sebagai bawang bombay atau “bawang salad”, namun juga banyak digunakan di berbagai belahan dunia, terutama di Asia Timur.

Cara Membuat Bawang Goreng Tidak Berminyak

Kami pernah membahas artikel tentang cara membuat dan mengolah bawang goreng dengan rasa yang berbeda. Artikel ini tentang bagaimana bawang goreng tidak berminyak. Periksa prosedur berikut.

Bahan:

  • 250 gr bawang merah.
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan tepung tapioka.
  • Minyak goreng.

Cara Membuat:

1. Kupas bawang dengan pengupas bawang (atau mesin pengupas bawang kamu bisa cek di rumahmesin.com), potong dan cuci sampai bersih. Tidak perlu mencampur cucian secara manual. Setelah itu, saring dan taburi garam secukupnya.
2. Panaskan minyak lalu goreng bawang sampai terang dan keemasan.
3. Kemudian anda keluarkan, ketika warnanya mulai menguning, tiriskan di atas kain atau kertas.
4. Masukkan ke dalam toples.

Baca Juga
Adat Pernikahan Bugis yang Penuh Makna Mendalam