Cara Membuat Pelet Apung Dari Ampas Tahu

Sedang mencari resep cara membuat pelet apung dari ampas tahu. Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat pelet apung dari ampas tahu.

Dalam budidaya lele secara intensif seringkali penggunaan pakan pellet menjadi makanan utama sehingga tidak heran jika sampai 100% makanannya adalah pellet.

Tetapi pellet memiliki harga yang sangat tinggi, menjadikan biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak. Biaya yang cukup tinggi akan berdampak pada keuntungan pemilik budidaya.

Bahan baku lokal yang disekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai sumber dalam pembuatan pakan, diantaranya jagung, dedak padi, ampas tahu, bungkil kedelai dan dedaunan. Yang terpenting bahan tersebut mengandung protein, bernutrisi tinggi, mudah diolah dan dihaluskan, tidak mengandung racun serta mudah diperoleh.

Sementara itu, sebelum ke cara pembuatannya, apakah Anda sudah mengetahui apa itu pelet dari ampas tahu?Sebelumnya untuk mencampur dan mencetak peletnya saya menggunkan mesin pelet Jika belum simak penjelasannya sebagai beikut.

 

Apa Itu Pelet Ampas Tahu?

Ampas tahu merupakan limbah dalam bentuk padatan dari bubur kedelai yang diperas dan dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ampas tahu kaya akan asam amino lisin. Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang semakin hari semakin digemari dikalangan masyarakat yang banyk mengandung asam amino metionin.

Ampas tahu ini memiliki kandungan yang bisa membuat ikan tumbuh lebih cepat dan baik. Selain itu anda dapat menekan biaya pengeluaran yang harus anda keluarkan untuk membeli pelet ikan serta mengurangi limbah ampas tahu yang biasa dibuang oleh pembuat tahu.

Bahan makanan ini jika digabungkan maka akan menghasilkan makanan dengan nilai gizi yang lebih baik lagi, salah satu jenis makanan yang bisa diolah adalah sosis. Sosis merupakan salah satu jajanan yang sangat digemari oleh anak sekolah, namun zat gizi pada sosis tidak lengkap.

Baca Juga
Peluang Usaha Bawang Goreng

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rata rata daya terima terhadap mutu organoleptik dan kadar protein sosis.

 

Apakah Ampas Tahu Baik Untuk Pakan Lele?

Salah satu alternatif pakan lele yang murah, bergizi, dan mudah didapat adalah ampas tahu. Pakan lele dari ampas tahu merupakan salah satu makanan sehat bagi lele yang juga telah terbukti mengurangi kematian bibit lele hingga 10-20% juga membuat pertumbuhan lele lebih cepat.

 

Cara Membuat Pelet Apung Dari Ampas Tahu

cara membuat pelet apung ampas tahu

 

 

Bahan-Bahan :

  1. Ampas Tahu sebanyak 5 kg
  2. Dedak 5 Kg
  3. Molases 1 Lt
  4. EM-4 Perikanan 200 ml
  5. Sampah Kepala Ikan Asin 1,5 kg
  6. Ragi Tempe 2 Sendok Makan

Cara Membuat Pelet Apung Dari Ampas Tahu :

  1. Sebelumnya siapkan wadah ember atau baskom, masukkan molasses dan EM-4 dan biarkan selama 2 jam, lebih bagus kalau ditambah dengan aerasi
  2. Ampas tahu yang diperoleh dari pengrajin tahu di press menggunakan balok kayu untuk mengurangi kandungan kadar air ampas tahu.
  3. Campurkan ampas tahu dengan dedak dengan cara mengaduknya hingga tercampur secara merata
  4. Sampah kepala ikan asin, sebaiknya di rendam terlebih dahulu dengan air garam (garamnya sekitar 1 sendok makan) dengan tujuan mengurangi kadar garam.
  5. Siapkan blender, dan sampah kepala ikan asin di blender dengan penambahan sedikit air hingga halus dan kemudian di masukkan ke dalam adonan yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Tambahkan larutan EM-4 yang telah di campurkan molasses. Aduk hingga adonan benar-benar tercampur.
  7. Terakhir tambahkan ragi tempe, taburkan secara merata dan diaduk kembali hingga tercampur secara merata.
  8. Dalam pembuatan yang perlu diperhatikan adalah bahan adonan dijaga agar jangan sampai terlalu basah.
  9. Kemudian difermentasi selama 7–10 hari di dalam ember atau plastic yang diberi slang dengan ujungnya diberi botol aqua yang berisi air.
  10. Setelah bahan pakan terfermentasi, bahan pakan dikeluarkan dan digelar di karung setipis mungkin dengan tujuan untuk mengurangi kadar air dan pelepasan gas hasil fermentasi. Biarkan selama 1 hari.
  11. Kemudian keesokan harinya baru kita laksanakan pencetakan menggunakan alat sederhana atau mesin.
  12. Hasil pakan yang dicetak dimasukkan dalam wadah yang disiapkan untuk dijemur. 2—3 hari pakan telah kering dan siap untuk diberikan pada ikan atau disimpan.
  13. Berdasarkan hasil percobaan, aroma atau bau pakan masih kurang bila dibandingkan dengan aroma pakan pabrikan. Rekomendasi saya, kita bisa mencoba menambahkan terasi udang untuk menambah aroma pakan yang kita buat.
Baca Juga
Cara Membuat Cold Brew Coffee di Rumah

Sementara itu, mudah bukan cara membuat pelet dari ampas tahu? Sebenarnya mudah asalkan Anda mengikuti langkah demi langkah dengan baik dan benar. Untuk mempermudah proses pembuatan sebaiknya gunakan mesin pelet supaya lebih cepat.

 

Keunggulan Ampas Tahu Untuk Membuat Pelet

cara membuat pelet apung ampas tahu

Ampas tahu meski tampak seperti limbah, sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi bahkan lebih dari yang distandarisasi untuk pelet ikan lele. Pelet yang dibuat dari ampas tahu mengandung mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B.

Selain itu kebutuhan kombinasi seimbang 20 asam amino esensial dan non-esensial yang dibutuhkan lele juga terpenuhi oleh kandungan ampas tahu, mendukung pencernaan lele dalam memanfaatkan seluruh nutrisi untuk pertumbuhannya.