Cara Membuat Roti Gembong Kukus

Roti Gembong, Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar gembong, roti yang mirip dengan roti sobek. Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat roti gembong kukus. Apakah kalian penasaran dengan cara pembuatannya. Yuk lansung saja simak . Sebelum ke caranya apakah kalian tahu apa itu roti gembong? Berikut penjelasannya.

 

Apa Itu Roti Gembong Kukus

Cara Membuat Roti Gembong

Roti gembong merupakan warisan kuliner nusantara yang memiliki sejarah panjang di bawang bangsa barat. Meskipun terlihat sederhana, roti gembong merupakan sajian istimewa untuk para raja pada zaman terdahulu. Roti gembong memang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Namun, karena rasanya yang spesial roti ini cepat dikenal dan menyebar pesat hampir ke seluruh wilayah Kalimantan termasuk Pontianak.

Sementara itu, roti gembong kukus juga memiliki berbagai isian, seperti original, susu, susu keju, cokelat, cokelat keju, dan rasa spesial khas Pontianak adalah srikaya. Melalui berbagai isian tersebut rasa roti gembong semakin menarik dengan manis yang berbeda. Menariknya roti gembong ini masih membuka peluang untuk kamu mendirikan bisnis.

 

Sejarah Roti Gembong

Sebelum memulai cara membuat roti gembong, ada baiknya kita mengetahui sejarahnya dulu. Roti gembong salah satu kuliner khas dari kota Kutai Kartanegara yang memiliki rasa yang khas tersendiri. karena kelezatannya, sejak tahun 80 roti ini menjadi makanan favorit para bangsawan.

Walaupun sederhana, roti gembong ini adalah sajian istimewa untuk para raja pada zaman dulu. Berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Sementara itu, karena rasanya yang spesial roti ini cepat dikenal dan menyebar pesat hampir ke seluruh wilayah Kalimantan termasuk Pontianak.

Rasa original roti gembong memiliki warna cokelat keemasan. Sementara itu, roti gembong tetap terasa gurih dan manis. Namanya yang viral membuat para pebisnis kuliner memanfaatkan keadaan tersebut.

Baca Juga
Tips on how to Put Avast in Passive Mode

 

Kenapa Di Sebut Roti Gembong

Nama gembong, berasal dari tekstur roti yang terlihat mengembang di bagian atas, ketika roti ini digigit, bagian selainya bisa meluber ke samping. Namun isiannya tidak akan membuat rasa enek. Rasa asli roti gembong adalah gurih manis, tanpa isian pun roti dari pulau Borneo ini sudah memanjakan lidah. Apakah kalian penasaran dengan cara membuat roti gembong kukus?

 

Cara Membuat Roti Gembong Kukus

cara membuat roti gembong kukus

 

 Bahan-Bahan A :

  1. Tepung terigu protein tinggi – 500 gr.
  2. Kuning telur – 1 butir.
  3. Ragi instan – 7 gr.
  4. Susu bubuk (putih) – 10 gr.
  5. Gula pasir – 100 gr.
  6. Air matang – 250 ml.

Bahan B :

  1. Siapkan margarin – 50 gr.
  2. Siapkan butter – 20 gr.
  3. Siapkan Garam – 1 sdt.

 

Cara Membuat Roti Gembong Kukus :

  1. Yang pertama campur bahan A dan mixer hingga setengah kalis / uleni hingga setengah kalis.
  2. Kemudian masukkan margarin dan butter,mixer/ uleni hingga tercampur rata Terakhir masukkan garam. Lalu mixer/uleni hingga tidak lengket di tangan.
  3. Sementara itu, diamkan adonan selama 10 menit, tutup dengan kain/plastik wrap Siapkan loyang, olesi margarin dan beri kertas roti bagian dasarnya.
  4. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan Diamkan lagi selama 15 menit (tutup kain/plastik wrap).
  5. Kemudian setelah 15 menit Tekan bagian tengahnya, lalu bagian ujungnya disatukan Setelah itu dibalik, jadi bentuknya memanjang gitu ya Rapikan.
  6. Selanjutnya letakkan hasilnya ke dalam loyang Susun rapi Kemudian olesi dengan margarin.
  7. Sementara itu, diamkan dan tutup dengan kain selama kurang lebih 60 menit atau mengembang 2x (sesuaikan saja) (Sebelum 60 menit berakhir, panaskan kukusan selama 15 menit/sampai panas) Lalu masukkan roti gembong dan kukus selama 15-20 menit /sampai matang  Dalam proses ini jika dioven juga sekitar 15 menit ya, di suhu 170°C dengan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  8. Setelah matang Angkat, keluarkan dari loyang, sajikan (Saran penyajian, belah roti jadi dua yaitu atas bawah. Beri selai kesukaan. Tumpuk 2 roti. Kemudian sajikan) Selamat mencoba.
Baca Juga
5 Elemen Yang Mempengaruhi Harga Kontainer Pengiriman

 

Masa Simpan Roti Gembong Kukus

Roti gembong bisa tahan sekitar tiga hari. Sebenarnya mungkin bisa empat hari, lima hari tapi paling lama tiga hari saja, itu di suhu biasa. Jika ingin lebih awet kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun isiannya menjadi lebih padat. Jika ingin teksturnya kembali, bisa di hangatkan dengan cara di kukus menggunakan streamer atau rice cooker.

 

 

Efek Samping Roti Gembong Kukus

1.Penambahan Berat Badan

Efek samping yang pertama adalah dapat menaikkan berat badan secara drastis. Roti dapat menyebabkan meningkatnya makan makanan dan bahan tidak sehat lainnya.Karena roti biasanya dipasangkan dengan daging olahan, selai kacang tinggi lemak, dan keju tinggi lemak jenuh.

2.Mudah Merasa Lapar

Bahaya konsumsi roti berlebihan justru akan dapat membuat tubuh menjadi mudah terasa lapar. Sebagian adonan roti diproses secara ultra dan mengandung sedikit atau tanpa nutrisi.

Ini berarti saat Anda memakannya, tubuh Anda tidak benar-benar mengidentifikasi rasa kenyang atau kenyang. Anda akhirnya meningkatkan insulin dan gula darah, yang menyebabkan lebih banyak rasa lapar.

3.Perut Alami Nyeri

Beberapa roti yang di pasarkan sebagai pilihan ‘serat tinggi’ mungkin termasuk serat tambahan seperti inulin dan beta-glukan, yang telah dikaitkan dengan ketidaknyamanan perut, seperti kembung dan gas, bila dimakan dalam jumlah berlebihan.

4.Pradiebetes

Jika kadar gula darah Anda yang tidak sehat, konsumsi roti Anda mungkin menjadi penyebabnya. Namun, terlalu banyak makan roti juga akan temukan beberapa masalah yang berkaitan.

Mengkonsumsi roti berlebihan, terutama roti yang halus yang banyak di temukan di toko bahan makanan dapat menyebabkan peningkatan tingkat peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan resistensi insulin.

Baca Juga
Cara Menanam Padi Dengan Cepat

 

Baca juga : resep roti gembong gedhe