Cara Membuat Tepung Jagung Sendiri, Ini Langkah-Langkahnya!

Jagung. Jagung adalah salah satu sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada banyak produk yang bisa dibuat dari jagung. Mulai dari produk berbasis makanan sampai tepung. Tepung jagung sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia dan sering menjadi bahan tambahan ketika memasak. Tepung dari bahan jagung ini memiliki banyak sekali manfaat. Kamu bisa mencari cara membuat tepung jagung sendiri supaya lebih hemat. Bagaimana cara membuat tepung ini? Apakah langkah-langkahnya sulit? Untuk mengetahui jawabannya yuk kita simak penjelasan mengenai tepung jagung ini dengan membaca penjelasan di bawah

Kelebihan dan Kekurangan Tepung Jagung

cara membuat tepung jagung

Tepung jagung adalah salah satu olahan dari tanaman jagung yang peluang pasarnya masih luas. Hal ini karena permintaan akan tepung jagung masih terus ada. Kebanyakan orang menyampurkan tepung jagung pada masakan supaya hasilny menjadi lebih kental.

Tepung jagung sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Berikut ini kelebihan dan kekurangan tepung jagung bagi kesehatan tubuh, yaitu :

Kelebihan Tepung Jagung :

  • Masker untuk wajah berminyak
  • Mencegah anemia
  • Bebas gluten
  • Membantu penanganan hipoglikemia
  • Memperkuat tulang
  • Mengatasi minyak berlebih pada rambut
  • Sumber energi instan

Kekurangan Tepung Jagung :

  • Berbahaya bagi Kesehatan Jantung
  • Kekurangan Nutrisi
  • Meningkatkan Kadar Gula Darah
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Amylophagia

Itu tadi kelebihan dan kekurangan dari tepung jagung, kelebihan ini bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya dengan porsi yang pas. Begitupun sebaliknya, jika kamu mengonsumsi tepung jagung secara berlebihan, bukan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Cara Membuat Tepung Jagung

cara membuat tepung jagung

Tepung jagung. Tepung maizena atau tepung jagung ini memiliki cara pembuatannya sendiri. Setelah menyimak baik-bak tentang kelebihan dan kekurangan tepung ini ada baiknya kita memperhatikan porsi yang akan kita makan.

Baca Juga
Kelebihan dan Kekurangan Tepung Jagung yang Harus Kamu Ketahui!

Supaya lebih sehat dan terjamin kebersihannya, ayo kita membuat tepung jagung sendiri di rumah. Cara mambuat tepung jagung ini tidak terlalu sulit. Kalau begitu, ayo kita bahas cara membuat tepung jagung dengan menyimak cara-cara di bawah ini :

1. Panen jenis jagung hibrida tua

Umumnya tepung jagung terbuat dari jenis jagung hibrida yang dipanen ketika kondisinya sudah kering atau sedah tua.Beberapa sumber menjelaskan, jika jagung tadi dibiarkan kering secara alami dalam kondisi masih diselimuti kelobot jagung hasilnya lebih baik.

Hal ini karena jagung menjadi lebih terhindar daripada jagung yang dipanen tetapi belum kering karena spora jamur itu ada di mana-mana. Tanaman jagung hibrida yang sudah memasuki waktu panen biasanya ditandai dengan puhon atau daun yang sudah layu

2. Potong jagung

Jika sudah melihat dan menentukan kalau umur jagung siap panen, langkah selanjutnya jagung bisa dipotong serta dibiarkan menempel pada bonggolnya.

3. Petik dan keringkan jagung

Langkah selanjutnya dari cara membuat tepung jagung ini adalah jagung bisa dipetik dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama kurang lebih tiga sampai empat hari atau sampai benar-benar kering.

4. Pipil jagung

Jagung hibrida yang sudah dijemur dan kering tadi bisa langsung dipipil satu demi satu. Kemudian keringkan kembali hasil jagung yang sudah dipipil di bawah sinar matahari sampai kadar airnya berkurang.

5. Pisahkan kulit ari dan lembaga

Setelah cara dia atas, jagung wajib dipisah antara kulit ari dan lembaganya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar air di dalam jagung. Jika sudah lakukan kondisioning kadar air atau dalam ilmu teknologi pangan sering disebut dengan stikping. Jadi kadar air jagung itu kurang lebih 13-14, ini dikonsioning sampai 20 agar endospermanya menjadi lunak

Baca Juga
Jenis Makanan Domba Yang Menyehatkan

6. Digiling

Jagung yang sudah mencapai kadar air minimum tadi dapat langsung digiling menggunakan mesin penggiling dengan ukuran besar. Alat penggilingnya jagung yang benar sebaiknya tipe roller mill atau penggiling roll. Jika kamu menggiling menggunakan tipe finish mill seperti yang dipakai untuk menggiling beras di pasar hasil akhirnya adalah endomen tepungnya menjadi kecil.

Alat Untuk Memipil Jagung

Mesin Pemipil Jagung

Dari penjelasan mengenai cara membuat tepung berbahan dasar jagung ini terdapat langkah pembuatan berupa pipil jagung. Memipil jagung bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan mesin pemipil jagung ini. Mesin atau alat ini bisa membantu kamu memipil jagung dengan lebih cepat, sehingga kamu bisa menghemat tenaga serta waktu.

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat tepung jagung sendiri. Semoga bermanfaat!