Daftar Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol

Memiliki badan sehat tentunya adalah keinginan semua orang. Oleh karena itu Anda juga harus memperhatikan pola makan dan memilih makanan yang bisa membantu penurunan kolesterol.

 

Makanan Penurun Kolesterol

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang ideal, Anda harus mencermati kandungan yang terdapat dalam makanan. Seringkali kita tidak tahu jika asupan yang masuk ke tubuh memiliki kandungan yang kurang baik, salah satunya terlalu banyak mengonsumsi kolesterol.

Ketahuilah jika kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Seperti penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, hingga stroke. Kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk memproses hormon dan sel-sel sehat. Tapi, jangan terlalu banyak juga ya!

Berikut ini daftar makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi:

1. Buah-buahan

Buah-buahan fresh merupakan sumber serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Contohnya, apel, jeruk, dan pir.

 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Sebagai opsi Anda dapat mengonsumsi kacang polong. Selain itu, kacang-kacangan lain yang dapat Anda makan di antaranya kacang merah, lentil, dan juga garbanzo.

 

3. Teh Hitam

Teh hitam juga dapat Anda nikmati untuk memelihara persentase kolesterol. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya juga dapat menunjang kinerja jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

 

4. Oat

Oat memiliki kandungan beta glucan yang dapat menurunkan persentase kolesterol. Kandungan glucan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

 

5. Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Makanan lain seperti tempe dan tahu juga dapat turut membantu.

Sebagai perhatian, untuk penurun kolesterol Anda dapat mengonsumsi produk olahan yang memiliki kandungan serat larut beta glucan dan inulin.

Baca Juga
Makanan dari Kelapa Parut Lezat Enak dan Bergizi

Kedua jenis kandungan tersebut dipercaya dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih optimal.

 

6. Barley

Barley merupakan makanan yang seperti seperti gandum. Makanan yang dikenal dengan sebutan jelai ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung loh.

 

7. Minyak Nabati

Konsumsilah minyak nabati sebagai makanan penurun kolesterol. Minyak jenis ini sendiri contohnya canola oil, minyak bunga matahari, atau safflower.

Dibanding memakai mentega, minyak nabati dipercaya lebih baik dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

8. Makanan yang Mengandung Sterol dan Stanol

Kamu dapat mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan sterol dan stanol untuk menurunkan kandungan kolesterol. Pada umumnya, kandungan ini ditambahkan pada makanan, seperti margarin, granola batangan, jus jeruk dan coklat.

Dengan mengonsumsi kandungan ini, kolesterol setidaknya dapat menyusut sebanyak 10%.

 

9. Ikan Berlemak

Kalau Anda suka ikan, artinya sudah selangkah lebih maju dalam murunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah. Alhasil dapat membantu menghambat detak jantung tidak normal.

 

10. Terong

Terong merupakan makanan murah meriah yang ternyata juga makanan penurun kolesterol. Apakah Anda senang memakannya?

Kandungan pektin pada sayuran ini terlalu baik untuk menurunkan persentase kolesterol loh. Sayurannya juga mudah diolah menjadi hidangan lezat.

 

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Selain memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh, menurunkan persentase kolesterol dalam tubuh dapat dilaksanakan dengan berbagai cara.

1. Menjaga Pola Makan

Kamu harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh. Contohnya, buah-buahan, sayuran, ikan, tahu, dan tempe.

Sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh, seperti daging merah atau produk olahan daging.

Baca Juga
Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Daun Jeruk Yang Lezat

 

2. Mengurangi Asupan Garam

Garam dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat menyebabkan peningkatan persentase kolesterol. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda dapat mengurangi asupan garam saat memasak.

 

3. Mengurangi Asupan Gula

Gula juga dapat meningkatkan persentase kolesterol dalam darah. Jadi, hindarilah makanan, seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan manis lainnya.

 

4. Jangan Terlalu Stres

Stres rupanya dapat meningkatkan persentase kolesterol dalam darah loh. Jadi, jangan terlalu banyak pikiran yang membuat Anda menjadi stres.

Cara terbaik untuk menanggulangi stres dapat dilaksanakan dengan olahraga, meditasi, atau bisa saja sekadar berlibur sejenak.

 

5. Kurangi Rokok

Merokok dapat meningkatkan persentase kolesterol dalam darah yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika ingin tubuh lebih sehat, yuk mulai kurangi merokok! Namun jika Anda bukan perokok, sebaiknya menghindari tempat-tempat yang banyak asap rokok untuk meminimalkannya ya!

 

Itulah beberapa makanan dan tips untuk membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan olahraga teratur, ya.