Apa itu SEO? Kenali Jenis-Jenis SEO, Manfaat & Cara Kerjanya!

Apa Itu SEO?

Apa itu SEO? Kenali Jenis-Jenis SEO, Manfaat & Cara Kerjanya!

Sebelum mengetahui jenis-jenis SEO, Kita akan masuk ke dalam pembahasan tentang pengertian SEO yang sebenarnya. Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu bentuk apresiasi yang diberikan kepada halaman website yang terdaftar di halaman pertama mesin pencari Google.

Jadi, definisi umum SEO adalah cara mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, terutama dalam penelitian organik. Yang mana, pencarian organik dilakukan oleh pengguna atau ketika memasukkan kata kunci pencarian (keyword) di browser dan mesin pencari Google.

SEO sangat fokus pada pencarian kata kunci organik, berbeda dengan SEM yang fokus pada media periklanan yang disediakan oleh Google.

Jadi, jika Anda membuat website, akan lebih baik mengoptimalkan dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena Anda harus membutuhkan dana atau modal untuk mempromosikan iklan di Google.

Jika kalian berminat untuk mempelajari lebih dalam mengenai SEO kalian dapat bergabung untuk Magang/ PKL disini Tempat PKL di Jogja – SMK TKJ, RPL, DKV & Multimedia. Kalan dapat mengembangan skill sekaligus belajar masuk di dunia kerja. Lingkungan yang nyaman dan mentor yang sangat ramah mendampingi kalian belajar. Yuk gabung!

Untuk mengetahui jenis-jenis SEO dapat kita simak penjelasan berikut ini :

Apa Tujuan dan Manfaat SEO?

Apakah kailan mengetahui tujuan dan manfaat situs tersebut? Jika kita menarik dari definisi apa itu SEO dan ilustrasi di atas, maka kita dapat menarik beberapa tujuan dan manfaat dari penerapan SEO.

  •  Mendapatkan posisi yang optimal dan teratas di mesin pencari browser atau google.
  •  Mendapatkan traffic pengunjung.
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Artinya, pengunjung yang diperoleh benar-benar pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  • Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, secara logika akan rela mengunjungi lebih lama di situs tersebut untuk mengetahui sesuatu.
  • Meningkatkan konversi. Misalnya, jika Anda seorang penjual, maka SEO dapat menghasilkan konversi yang lebih baik.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentunya brandawareness. Ini berarti akan lebih mudah bagi orang untuk mengingat situs Anda.
Baca Juga
Apem Jawa Tepung Terigu Resep Tradisional Untuk Kenangan Manis

Yuk Kenali Jenis-Jenis SEO!

Apa itu SEO? Kenali Jenis-Jenis SEO

Setelah membahas pengertian dan kemudian tujuan dan manfaat, saatnya kita masuk ke materi yang agak berat. Yaitu jenis-jenis optimasi SEO. Secara umum jenis-jenis optimasi ada 2 macam yaitu  SEO On Page dan SEO Off Page. Nah, berikut ini adalah penjelasan dan cara kerjanya untuk setiap jenis SEO.

1. SEO On Page

Jenis Seo yang pertama yaitu SEO On Page, merupkan serangkaian upaya optimasi yang dilakukan pada situs Anda sendiri agar halaman memenuhi kriteria SEO yang baik. Jenis optimasi ini paling mudah dilakukan.

Beberapa langkah optimasi SEO on-page antara lain:

  • Kata kunci (Riset Keywoard)
    Riset Kata kunci/Keywoard adalah elemen penting dan utama dalam memanfaatkan SEO. Anda bisa memulainya dengan melakukan riset kata kunci yang akan memudahkan untuk mencapai tujuan kata kunci apa yang ingin Anda maksimalkan agar muncul di halaman pertama mesin pencari.
  • Isi Konten
    Konten adalah isi dari website, yang menunjukkan seberapa baik informasi yang disajikan di website tersebut. Untuk itu, penting untuk memiliki konten yang relevan dengan informasi yang ingin Anda sampaikan kepada pengguna atau konsumen.
  • Judul konten
    Judul adalah elemen penting dalam SEO. Pastikan untuk membuat  judul yang relevan dengan isi konten website anda. Jangan membuat judul clickbait yang menyesatkan pengguna atau konsumen dengan informasi yang tidak relevan dan tidak ada di situs web Anda.
  • Deskripsi meta (Meta description )
    Meta description adalah deskripsi singkat yang muncul di mesin pencari. Keberadaan meta description ini sangat penting untuk dapat memberikan layanan dan informasi terkait halaman dan konten di website Anda secara singkat di search engine.
  • Kecepatan situs web (Site speed)
    Kecepatan situs  merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi kinerja SEO jika tidak dioptimalkan dengan bijak. Tidak ada yang puas dengan mengunjungi situs web yang lambat. Semua orang lebih suka mengunjungi situs web yang memuat dengan cepat. Jadi, pastikan untuk mengoptimalkan waktu buka situs web Anda dan usahakan untuk menjaganya kurang dari 3 detik.
  • Pengoptimalan gambar
    Sebagian besar orang mengabaikan peran gambar di situs web mereka. Padahal, gambar merupakan salah satu yang perlu Anda perhatikan karena mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo juga memiliki fitur pencarian gambar yang dapat mendatangkan traffic ke website Anda.
  • Struktur URL (Slug)
    Sederhananya, URL bisa disebut sebagai alamat website Anda. Oleh karena itu, selalu tetapkan atau buat URL yang mudah dipahami dan dilihat oleh pengguna dan mesin telusur Anda. Pastikan URL halaman Anda memiliki kata kunci di dalamnya, untuk memudahkan Google mengindeks halaman Anda.
  • Tautan internal (Inbound Link)
    Internal linking adalah teknik backlink yang digunakan untuk memaksimalkan kualitas SEO Anda. Ada baiknya, berikan lebih banyak inbound link atau internal link daripada outbound link.
Baca Juga
Fungsi Pertanian Jaring Sabut, Media Tanam Baru yang Efektif

2. SEO Off-Page

Berbeda dengan SEO on-page karena mengedepankan langkah-langkah optimasi pada website, sedangkan SEO off-page sebaliknya. SEO off-page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda dengan link building untuk membangun backlink berkualitas tinggi dari berbagai website.

Lalu, kenapa harus optimasi di luar website? Langkah ini biasanya berfungsi untuk membantu meningkatkan trafik website, jika dalam perkembangannya optimasi on page masih belum cukup mampu meningkatkan konversi trafik untuk bisnis Anda.

Yuk Gabung Belajar SEO disini Tempat PKL di Jogja

  • Menambahkan Tautan Balik (Backlink)

Backlink adalah metode yang paling sering digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan otoritas jika situs link Anda ditempatkan atau berada di pemilik website lain. Jadi, tautan situs yang Anda miliki akan berada di situs web lain dan biasanya berupa rekomendasi untuk situs Anda.

  • Mempromosikan

Anda juga dapat melakukan promosi dengan mengunggah halaman website Anda di situs media sosial Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jangkauan pengunjung yang lebih luas. Untuk platform media sosial yang bisa Anda targetkan adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Facebook, Twitter, dan Instagram memberikan promosi berupa iklan berbayar untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Semakin banyak relasi yang terbentuk dapat meningkatkan jumlah traffic masuk pada situs yang Anda buat.

Nah, itulah jenis-jenis SEO yang perlu Anda ketahui. Semoga setelah mengetahui jenis-jenis SEO ini, Anda bisa menerapkan langkah-langkah yang efektif untuk memaksimalkan website Anda. Menerapkan SEO dengan baik dan benar dapat mempengaruhi kinerja website Anda. Untuk itu, pastikan untuk menjalankan kedua metode optimasi ini secara terus menerus agar hasilnya juga maksimal.

Baca Juga : Konsultan Seo Indonesia Profesional dan Terpercaya