7 Contoh Pemanfaatan Limbah Plastik yang Bermanfaat

Limbah plastik merupakan salah satu focus utama yang harus dibenahi secara global dan tentunya pemanfaatan limbah plastik yang baik diperlukan guna menurunkan angka penyebaran sampah di dunia.

Studi dari jurnal Science, memberikan penjelasan bahwa ada 24 hingga 34 juga metrik ton limbah plastik yang masuk ke lingkungan laut setiap tahunnya. Hal ini berarti sekitar 11% dari total sampah plastik dunia masuk ke lingkungan laut.

Limbah plastik sendiri memiliki berbagai masalah yang perlu ditangani bersama. Selain dari volume yang besar, penguraiannya pun sangat lama. Butuh waktu setidaknya 60-70 tahun agar plastik bisa terurai dengan sempurna.

pemanfaatan limbah plastik

Namun, ternyata dampak yang diberikan tidak hanya sampai disitu saja. Masih banyak kekurangan yang dapat dilihat dari segi ekosistem. Plastik yang sudah terurai juga menghasilkan mikro plastik ke hewan-hewan sekitar seperti kerang maupun ikan.

Tidak heran jika metode 3R (Recude, Reuse, dan Recycle) terus dikampanekan agar ada pemanfaatan lebih maksimal dari limbah plastik. Recycle atau bisa diartikan sebagai mendaur ulang limbah agar memberikan nilai ekonomi menjadi hal penting yang sering dilakukan dengan berbagai kebutuhan.

Selain dari taraf perusahaan yang membuat limbah plastik dengan metode reuse guna mengubahnya menjadi lebih berguna. Recycle justru bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat seperti membuat pengolahan yang bermanfaat.

Berikut ini adalah 7 contoh pemanfaatan limbah plastik yang bermanfaat dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Pot tanaman besar

Salah satu cara pemanfaatan limbah plastik adalah pot tanaman besar yang mana bisa dimanfaatkan dengan sisa gallon bekas yang sudah tidak digunakan.

2. Jadi mainan

Tak hanya barang yang memberikan nilai, maninan juga bisa dihasilkan melalui sampah plastik. Faktanya, mainan yang terbuat dari bahan plastik bisa beragam loh. Kreasi dari bahan plastik seperti robot atau helicopter bisa menjadi salah satu alternative jika dibandingkan membuat bahan plastik bekas sebagai produk yang tidak ada nilai gunanya. Membuat mainan dari plastik juga bisa menjadi ajang kreativitas.

Baca Juga
Klasifikasi dan Ciri Tanaman Sawo

Tak heran jika menjadikan barang-barang seperti ini bisa dijadikan cara untuk meningkatkan kedekatan bersama anak apalagi saat proses pembuatan mainan bersama.

3. Tempat pensil

Tidak terbatas pada mainan saja. Bagian dari botol plastik yang sudah tidak dipakai bisa dimanfaatkan untuk kreasi lain yaitu sebagai tempat pensil. Benda ini merupakan salah satu kebutuhan pelajar dan bisa menjadi motivasi bagi anak untuk rajin belajar.

4. Lampu hias

Barang satu ini merupakan salah satu seni terapan yang menguntungkan. Apalagi dengan tambahan kreativitas sang pembuatnya. Botol plastik yang sedikit lebar dan besar dapat digunakan sebagai hiasan lampu.

Lampu hias juga bisa menghasilkan berbagai warna, tergantung dari cover botol plastik yang digunakan. Hal ini tentu akan menjadi sangat memukau ketika dinyalakan pada malam hari.

5. Wadah aksesoris

Berbagai macam aksesoris seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan lain-lain bisa dibuatkan wadah khusus menggunakan kreasi botol yang sudah tidak digunakan.

6. Pot Kebun Vertikal

Biasanya pot berada di bawah, namun ternyata pot juga bisa dipajang di area dinding. Sebenarnya pot kebun vertical memiliki nilai yang lebih jika bisa menempatkannya dengan baik.

Pot vertical juga berguna sebagai penjaga tanaman agar tanaman tidak terinjak atau tergeser secara tidak sengaja.

7. Daur Ulang

Anda bisa mendaur ulang sampah plastik menggunakan mesin pencacah plastik. Hasil dari penggunaan mesin ini bisa Anda jual karena ini merupakan bahan yang digunakan oleh pabrik-pabrik untuk mendaur ulang plastik.

Nah itu tadi 7 cara pemanfaatan limbah plastik, semoga menginspirasi!