Ragam Makanan Khas Dari Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Coba!

 

Makanan khas dari Jawa Tengah memiliki ragam jenis yang bermula dari kekayaan budaya sejak zaman dulu. Makanan khas daerah Jawa Tengah berakar dari suguhan di kerajaan untuk raja-raja Jawa yang lantas semakin beradaptasi dengan zaman dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Bumbu masakan makanan khas dari Jawa Tengah pun cenderung memiliki rasa yang unik. Daerah Surakarta misalnya, berbagai bumbu masakannya cenderung manis. Kemudian daerah Tegal, Brebes lebih cederung asin pedas.

Tetapi ini tentu berbeda jika berkunjung ke Semarang dan Banyumas. Meski demikian banyak makanan khas dari Jawa Tengah yang sebenarnya tak jauh berbeda. Berikut kami merangkum makanan khas daerah Jawa Tengah mulai dari yang ringan hingga makanan berat yang patut dicoba :

  1. Tempe mendoan

Resep dan Cara Buat Tempe Mendoan, Bisa Buat Cemilan dan Usaha Kecil-Kecilan - Berita Utama

Makanan khas dari Jawa Tengah yang satu ini menyabet pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Tempe mendoan sangat terkenal di daerah Banyumas dan Purwokerto.

Bahkan di sebagian warung yang ada di daerah Jawa Tengah sebagian besar menjual gorengan tempe mendoan. Sampai sekarang orang Banyumas dan Purwokerto menyebut tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

  1. Lumpia

Resep Lumpia Semarang | Endeus.TV

Makanan khas daerah Jawa Tengah dari Semarang ini cocok dimakan saat masih hangat, ditambah lagi dengan cabai. Isian dari lumpia khas Semarang ialah rebung (bambu muda). Namun di setiap daerah berbeda, ada yang telur, daging ayam, udang, ataupun sayuran.

  1. Getuk

Resep Getuk Lindri Pelangi Tanpa Cetakan

Makanan khas dari Jawa Tengah ini adalah makanan yang bahan dasarnya singkong. Gethuk ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah tersedia beragam warna agar lebih menarik.

  1. Wedang ronde

Wedang Ronde Minuman Tradisional Mencegah Penyakit Jantung dan Kolesterol

Salatiga memiliki Ronde, namun masyarakat biasa menyebutnya wedang ronde. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman. Minuman ini memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh karena jahe merupakan salah satu bahan baku pembuatannya.

Baca Juga
7 Contoh Pemanfaatan Limbah Plastik yang Bermanfaat

Ronde terbuat dari tepung ketan putih yang dibentuk bulat dan berisi kacang. Wedang ronde umumnya dilengkapi dengan kolang kaling, agar-agar, kacang tanah tanpa kulit, dan jahe.

Baca juga : Masakan Lebaran Yang Wajib Anda Coba, Mari Ketahui Resep Dan Caranya!

  1. Nasi Tiwul

Manfaat Nasi Tiwul, Makanan Pengganti Nasi Khas Masyarakat Jawa - Urban - www.indonesiana.id

Nasi Tiwul terbuat dari tepung gaplek atau singkong yang dicampur dengan gula atau garam, tergantung kebutuhan ingin manis atau gurih. Makanan khas dari Jawa Tengah dari Solo ini berupa nasi liwet yang disajikan dengan potongan ayam dan labu siam.

Baca juga : Masakan Lebaran Yang Wajib Anda Coba, Mari Ketahui Resep Dan Caranya!

  1. Soto Kudus

Resep Soto Kudus yang Hangat Gurihnya Nagih

Makanan khas dari Jawa Tengah ini sesuai namanya, Soto Kudus adalah makanan khas Kota Kudus. Sekarang Soto Kudus ada banyak versi, ada yang pakai daging sapi dan daging ayam.

  1. Nasi Grombyang

Keunikan Nasi Grombyang, Kuliner Nikmat Khas Pemalang yang Wajib Anda Coba - Koran Memo

Nasi Grombyang yaitu nasi dengan kuah yang lebih banyak dari pada isinya, sehingga disebut grombyang-grombyang. Dan terdiri dari nasi, daging sapi dan kuah.

  1. Nasi megono

Resep Nasi Megono, Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba - Tribun Travel

Nasi megono merupakan makanan khas pekalongan yang terdiri dari nasi putih dan nangka muda cacah.  Lauk dari nasi megono cukup beraneka macam, ada ayam goreng, cumi hitam, tempe goreng, rempeyek, dan masih banyak lagi.

  1. Kupat glabed

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah | Artikel | Perpaduan Nikmat Kupat Glabed Dan Sate Blengong Khas Brebes

Kupat glabed adalah salah satu makanan khas Tegal yang tak boleh dilewatkan. Selain namanya unik, makanan ini hanya bisa ditemui di Tegal. Seporsi kupat glabed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning kerupuk mie kuning dan siraman kuah santan kental di atasnya. Biasanya, kupat glabed juga akan disajikan dengan telur rebus, daging ayam atau aneka ragam sate seperti sate ayam, sate kikil, atau sate kerang. Banyak orang yang mungkin belum mengetahui kuliner khas Tegal ini.

  1. Glotak
Baca Juga
Mengukur Dampak Positif Tempat Sampah Fiber terhadap Ekosistem

Glotak Tegal Kuliner Pedas Legendaris Kota Bahari

Glotak adalah makanan berbahan utama gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa lezat. Sebutan glotak berasal dari suara “glotak-glotak” saat proses memasak. Glotak biasanya ditambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih sedap. Dapat pula ditambahkan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya. Sebagai pelengkap bisa juga menikmati glotak ini bersama kerupuk antor atau kerupuk mie.