Cara Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa

Selamat  datang pada artikel saya kali ini akan memberikan tips cara membuat tanam dari sabut kelapa dengan menggunakan bahan dari sabut kelapa ,Yuk simak sejarahnya terlebih dahulu.

Sejarah

Sabut adalah bagian dari mesocarp (selimut) yang berupa sabut kelapa kasar. Sabut biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering. Sebagian besar penggunaannya untuk kayu bakar.

Secara tradisional, masyarakat mengolah sabut menjadi tali dan ditenun menjadi kesed. Padahal sabut kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik. Sabut kelapa bila diurai akan menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir).

Namun, produk inti sabut adalah serat sabut. Dari produk cocofibre akan dihasilkan berbagai macam produk turunan yang manfaatnya sangat luar biasa dengan mengunakan cocomesh jaring sabut kelapa kwalitas terjaga.

Cara Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Media Tanam dari Sabut Kelapa

 

1.Siapkan Gahan Utama

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan sabut kelapa. Sabut kelapa yang baik bisa didapatkan dari kelapa tua. Untuk mengambilnya, gunakan tang atau alat penarik sabut kelapa untuk memisahkan lapisan sabut kelapa dari batoknya.

2.Basahi dan Potong Sabut Kelapa

Setelah mendapatkan sabut kelapa, Anda perlu membagi sabut kelapa menjadi beberapa bagian dan potong kecil-kecil. Untuk mempermudah proses ini, basahi sabut dengan air.

3.Keringkan dan Haluskan Sabut Kelapa

Karena proses selanjutnya adalah menghaluskan sabut kelapa yang sudah dipotong kecil-kecil menggunakan blender, maka sabut kelapa basah perlu dikeringkan terlebih dahulu agar lebih mudah digiling. Setelah kering, masukkan sabut kelapa ke dalam mesin blender kemudian blender hingga benar-benar halus atau bisa juga ditumbuk secara manual.

4.Saring Sabut Kelapa

Untuk tekstur yang lebih halus, buang potongan sabut atau sabut yang tidak bisa dihaluskan. Anda bisa melakukannya dengan tangan atau menggunakan saringan.

Baca Juga
How to construct Relationships

5.Campur Sabut dengan Air dan MOL

Proses pembuatan media tanam dari sabut kelapa selanjutnya adalah mencampurkan sabut kelapa yang sudah dihaluskan dengan MOL (mikroorganisme lokal), kemudian direndam dalam air selama satu hari. Sedangkan MOL yang digunakan adalah campuran 1 liter air, 100 ml air cucian beras, dan 50 ml urin kelinci.

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, Anda perlu menutupnya dengan wadah dan menyimpannya di tempat teduh selama satu hari. Jika sudah, bisa disaring lagi untuk mengurangi air rendaman dan cocopeat yang sudah ditiriskan bisa langsung digunakan untuk media tanam atau membantu proses penyemaian.

 

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Pupuk Tanaman

cara membuat media tanam dari sabut kelapa

Menurut situs litbang.pertanian.go.id, sabut kelapa yang memiliki ketebalan sekitar 5-6 cm memiliki lapisan luar dan dalam yang mengandung kandungan kimia selulosa, lignin, asam pirologen, gas, arang, tar, tanin, kalium, dan kalium.

Kandungan kalium dalam sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai sumber kalium organik pengganti pupuk KCI. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa dapat menyimpan air 60% lebih banya dibandingkan dengan pupuk lainnya.

Sehingga untuk daerah pertanian atau perkebunan yang curah hujannya rendah atau sering mengalami kekeringan, tanaman masih bisa mendapatkan asupan air dari air yang tersimpan di sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa untuk Tanaman dikebun:

  1. Sabut kelapa dapat terurai secara hayati dan lebih lambat dari pada lumut gambut dan bahan organik lainnya.
  2. Sabut kelapa adalah produk bebas gulma dan bebas bau seperti cocomesh jaring sabut kelapa.
    Sebagai amandemen tanah organik
  3. Membantu memperbaiki struktur tanah
  4. Memberi tanah dan akar tanaman udara yang sangat baik
  5. Meningkatkan kapasitas menahan air. Bertindak sebagai spons untuk menahan air di zona akar, sehingga
  6. menjadi reservoir air untuk tanaman. Sabut kelapa memiliki daya ikat air yang lebih baik dibandingkan sabut kelapa lainnya.
  7. Sekaligus menahan air, sabut kelapa juga akan membuang kelebihan air agar tanaman tidak tergenang air
  8. Meski tidak memiliki nilai gizi yang signifikan, manfaat sabut kelapa ini mempertahankan nutrisi sehingga tetap tersedia bagi tanaman.
Baca Juga
What Is a Bitcoin Trading Bot?

Sekian dari artikel saya tentang cara membuat media tanam dari sabut kelapa memiliki bnayk kegunaan dan manfaat yang kita ambil ,jangan mengangkap barang yang tidak berguna karena dari sabut kelapa pun bisa  menjjadikan ladang bisnis.